Mengemil memang pilihan yang tepat saat kita merasa lapar namun belum waktunya untuk makan. Akan tetapi, seringnya kita terlalu kalap menyantap camilan dan berakhir dengan merasa ‘berdosa’. Padahal, sebenarnya mengemil tidak harus membuat tubuhmu gemuk, lho. Bahkan jika dilakukan dengan benar, mengemil justru bisa membantumu mengurangi berat badan karena memberi efek mengenyangkan.

Lalu, bagaimana sih cara mengemil yang benar supaya tidak membuat bobot tubuhmu naik? Simak tips dari Hipwee berikut yuk!

1. Ngemil Sebelum dan Sesudah Olahraga.

Susu, camilan sehat setelah olahraga via www.leanitup.com

Olahraga yang terlalu sering dapat mengurangi persediaan glukosa atau glikogen sebagai bahan bakar utama ketika berolahraga. Oleh karena itu, beberapa pakar kesehatan menyarankan kita mengkonsumsi makanan ringan berkarbohidrat cukup, 30 menit sebelum atau setelah olahraga. Glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat tersebut akan memberikan tambahan energi bagi tubuhmu yang lelah berolahraga.

Beberapa makanan ringan yang disarankan antara lain:

Advertisement
  • 1 mangkuk kecil kacang almond
  • 1 mangkuk oatmeal
  • 1 gelas susu cokelat
  • buah-buahan seperti pisang atau apel.

2. Pilih Camilan yang Mengenyangkan.

Yogurt salah satu camilan yang mengenyangkan via parade.condenast.com

Camilan padat kalori yang selama ini jadi favoritmu tidak akan membuat perutmu merasa kenyang. Perutmu akan terus-menerus minta untuk diisi. Bisa-bisa berat badanmu naik drastis.

Jika tidak ingin berat badanmu naik, pilihlah camilan yang rendah kalori tapi mengenyangkan. Kamu bisa mengonsumsi salad, buah-buahan, yogurt, atau smoothies sebagai camilan sehatmu. Kandungan serat yang begitu banyak dapat membuatmu cepat merasa kenyang. Selain itu, camilan sehat ini juga dapat melancarkan pencernaanmu lho! Bye-bye, konstipasi!

3. Kemasan Kecil Sudah Cukup.

Jangan tergoda camilan kemasan besar via tailsfromtheviennawoods.blogspot.com

Tidak apa-apa kalau kamu masih belum bisa meninggalkan camilan lamamu, tapi setidaknya kurangi sedikit porsinya. Kamu bisa memulainya dengan memperhatikan ukuran camilan yang akan dibeli. Misalnya, kamu sangat menyukai keripik kentang sebagai camilan. Belilah keripik kentang tersebut dengan bungkus paling kecil, karena yang bungkus besar hanya akan membuatmu ingin terus memakannya hingga habis.

Kamu harus menerapkan pola pikir bahwa keripik kentang dengan bungkus kecil sudah cukup memuaskan hasrat ngemilmu. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki keinginan untuk memakan 1 bungkus keripik kentang lagi. Memilih camilan kecil akan mengurangi kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuhmu, lho.

4. Saat Beli Camilan, Perhatikan Tabel Nutrisi.

Perhatikan tabel nutrisi via www.whatsgoodattraderjoes.com

Selain memilih kemasan terkecil, perhatikan juga tabel nutrisi camilan yang akan kamu beli. Lihat berapa jumlah kalori yang dimiliki oleh camilan tersebut. Idealnya, camilanmu dalam sehari memiliki total 200 kalori. Jadi kalau ingin ngemil 3 kali dalam 1 hari, usahakan setiap camilanmu memiliki kalori di bawah angka 70. Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan berapa persen kadar lemak dan karbohidrat yang dimiliki oleh camilan tersebut. Pilihlan camilan yang kadar karbohidratnya lebih tinggi di bandingkan dengan lemak. Inilah camilan yang akan lebih mengenyangkan.

5. Silakan Ngemil di Sore Hari.

Energy bar, cocok untuk camilan sore via olahuna.com

Sore hari adalah waktu di mana kita sudah mulai lesu dan lelah dengan aktivitas. Maka dari itu, sore hari adalah waktu yang tepat untuk menambah asupan energi dengan camilan — sebelum nantinya akan makan malam. Pilihlah camilan yang mengandung karbohidrat cukup untuk menambah energi dan yang manis untuk meningkatkan mood-mu. Beberapa camilan yang bisa kamu konsumsi antara lain:

  • dark chocolate
  • buah-buahan, seperti pisang dan apel
  • yogurt atau smoothies
  • energy bar.

6. Jangan Mengemil Sambil Beraktivitas.

Hindari mengemil saat bekerja via www.bupipedream.com

Kalau sedang bekerja atau mengerjakan tugas, memang paling nikmat kalau ditemani dengan camilan. Tapi sesehat apapun camilanmu, mengemil sambil beraktivitas hanya akan membuatmu tidak berhenti makan. Tubuhmu tidak diberi waktu untuk istirahat dan terus-menerus meminta asupan energi. Maka dari itu, luangkanlah sedikit waktumu untuk mengemil di luar ruang kerja dan yang pasti, pilihlah camilan yang menambah energi dan mengenyangkan dalam jangka waktu lama.

7. Seimbangkan dengan Minum Air Putih dan Olahraga.

Olahraga dan minum air putih via popsugar.com

Makanan dan camilan sehat yang kamu konsumsi tidak akan memiliki hasil maksimal jika tidak diimbangi dengan minum air putih dan berolahraga rutin. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk melancarkan metabolisme tubuhmu. Usahakan juga untuk meminumnya setelah makan karena akan memberikan efek mengenyangkan. Sempatkan juga dirimu untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Selain dapat membantu proses pembakaran kalori, olahraga juga dapat membantu dalam proses pembentukan badanmu supaya terlihat lebih ideal.

Itulah beberapa cara supaya kamu tidak lagi merasa ‘berdosa’ saat mengemil. Selamat mencoba!

Dan yuk intip gimana sih caranya tetap langsing walau udah punya anak ala Agatha Suci.