Pengeluaran tak terduga seringkali membuatmu memutar otak, padahal uangmu sedang pas-pasan. Tapi, kebutuhan di masa depan juga perlu diperhatikan lantaran jalanmu menuju masa depan masih panjang. Oleh karena itu, jangan asal deh mengeluarkan uang untuk suatu hal yang nggak begitu penting, khususnya di masa sulit seperti sekarang!

Supaya keuanganmu tertata dengan baik dan nggak ada penyesalan di kemudian hari, Hipwee Tips telah menyiapkan 6 jenis pengeluaran yang harus direncanakan. Segera parktikkan biar uangmu nggak melulu habis di tengah jalan!

Di sini, kita anggap uang gaji atau kiriman dari orang tuamu adalah 2.000.000/bulan.

1. Sebagai awalan, uang makan dan minum harus diperhitungkan. Mulai dari masak sendiri, makan di warteg, sampai di restoran

jangan kalap via www.huffingtonpost.com

Karena makan dan minum adalah kebutuhan primermu setiap hari, sebaiknya atur pengeluaran untuk hal ini dari sekarang. Mulai dari bahan-bahan masakan jika kamu memilih untuk masak sendiri, makan di warteg, hingga sesekali di restoran bersama teman atau pacar.

Advertisement

Misalnya perbulan kamu alokasikan uang makan dan minum (atau jajanan warung seperti camilan) sebesar Rp. 900.000. Nah, setiap harinya kamu nggak boleh mengeluarkan uang lebih dari Rp. 30.000

Kalau kamu mau makan di restoran, pastikan dalam seminggu biaya makan dan minum tetap dalam kisaran angka Rp. 30.000, ya.

2. Kebutuhan sehari-hari seperti perlengkapan mandi dan produk perawatan tubuh juga perlu dipikirkan, biar nggak syok di akhir bulan

alokasikan ya via drhauschkaaus.wordpress.com

Meski nggak setiap bulan perlengkapan mandi maupun produk perawatan tubuhmu habis, kamu tetap perlu menata berapa kisaran budget yang akan dikeluarkan.

Untuk kebutuhan ini, anggarkan uang sebesar Rp. 50.000 saja. Namun, jatah personal care ini bisa meningkat jika kamu harus membeli make-up.

Satu hal yang pasti kamu jangan jadi korban iklan. Jika tubuhmu telah terawat dengan baik dan nggak masalah dengan apapun, syukurilah dan tak usah tergiur godaan iklan. Demi keuangan yang selalu terjaga!

3. Pengeluaran penting lain seperti bensin, pulsa internet, uang listrik, kontrakan atau kost-an pun perlu kamu anggarkan. Yuk, tata dari sekarang!

biaya pulsa juga via styleseat.tumblr.com

Transportasi dan komunikasi merupakan 2 hal penting yang nggak boleh terlupakan. Sebagai penunjang kamu beraktivitas, biaya ongkos, uang bensin, dan pulsa handphone pun harus direncanakan. Jangan sampai pengeluaran yang nggak seberapa ini malah nggak kamu masukkan ke dalam perhitungan, sehingga isi dompet malah tinggal selembar. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan uang kontrakan atau kost-an bagi yang saat ini tengah merantau.

Misalnya untuk transportasi Rp. 150.000

Pulsa internet Rp. 50.000

Kost dan listrik Rp. 500.000

Pengeluaranmu tiap bulan untuk ketiga kebutuhan ini adalah Rp. 700.000

FYI, carilah kontrakan atau kost dengan harga sewajarnya. Nggak perlu kok kamu mencari tempat tinggal sementara yang mewah dan lengkap fasilitasnya, tapi membuat dompetmu tersiksa. Cari yang biasa saja, asal bersih dan keamanannya terjaga.

4. Jangan lupa masukkan keperluan dadakanmu tiap bulan. Misalnya beli baju baru, alat tulis, servis kendaraan sampai ke kondangan

belanja-belanja via www.salon.com

Selain kebutuhan sehari-hari, ada lagi keperluan yang harus kamu antisipasi walau perbulannya belum tentu dikeluarkan. Beberapa di antaranya yaitu, kondangan, servis kendaraan atau beli baju baru. Bahkan jika ada berita duka dari teman atau keluarga dekat, kamu pun nggak kelabakan.

Anggarkan paling tidak Rp. 150.000 untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak ini tiap bulan.

5. Alokasikan dana hiburanmu. Entah itu jajan, nonton, hingga kencan atau nongkrong di kafe

jangan lupa bahagia via romance.taferresorts.com

Irit sih boleh, tapi jangan sampai menghilangkan hak-mu untuk bersenang-senang. Berbagai jenis hiburan sederhana bisa tetap kamu lakukan kok, di antaranya beli buku bacaan favorit, nonton film, atau nongkrong di kafe. Nah, kamu bisa alokasikan dana sebesar Rp. 150.000 untuk hal membahagiakan ini!

6. Jika ada sisa uang, kamu jangan langsung senang. Tabung atau sisakan beberapa persen untuk kebutuhan beramal

Satu hal yang pasti, jangan pernah melupakan masa depanmu. Sebagai anak muda yang masih menempuh perjalanan cukup panjang, kamu harus pandai menyimpan tabungan untuk digunakan di kemudian hari.

Bukan hanya itu, menyiapkan beberapa rupiah untuk kebutuhan beramal juga sangat kamu butuhkan demi hubunganmu dengan sesama manusia. Nggak harus banyak, Rp. 5.000-10.000 untuk mengisi kotak amal di Masjid atau tempat ibadah lain juga sudah cukup, kok.

Dari budget Rp. 2.000.000/bulan, hanya sekitar 1.900.000 yang perlu kamu keluarkan untuk beberapa kebutuhan tadi. Nggak menutup kemungkinan kalau dana tadi akan lebih sedikit dikeluarkan kalau kamu mau berhemat dari segi makan atau hiburan. So, pilihan ada di tanganmu.

Secara otomatis, hidupmu akan lebih bahagia jika mampu menata keuangan dengan baik. Meski hati dan pikiran lelah karena cinta, asal keuangan tetap terjaga, kamu masih punya sejuta alasan untuk selalu semangat menjalani hidup. Semoga 6 cara mengatur keuangan tadi bisa membantumu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya