Pernah nggak sih, baju atau jeans-mu mengalami penyusutan setelah dicuci atau masuk ke laundry-an? Khususnya anak kost yang lebih mempercayakan tempat laundry untuk mencuci pakaian kotor miliknya, pasti pernah sesekali mendapati bajunya susut atau berkerut. Atau, ketika kamu sedang terburu-buru dan memasukkan setumpuk pakaian kotor ke dalam mesin cuci bersama dengan sesendok penuh deterjen, kemudian memindahkan tumpukan tersebut ke dalam mesin pengering.

Perlu kamu tahu, seringkali proses pencucian pakaian memang bisa mengakibatkan penyusutan. Bisa jadi karena jenis bahan yang rentan mengalami pengerutan seperti wol, katun sutra, bahan batik tulis, dan beberapa jenis kain chifon atau bahkan jeans, terutama pada saat pencucian pertama. Mencuci bersamaan dengan pakaian lain atau cara mencuci yang kurang benar dan nggak mengikuti petunjuk pencucian baju juga jadi penyebab pengerutan.

Nah, kamu nggak perlu lagi bingung dan khawatir menghadapi situasi seperti ini, Hipwee Tips punya cara unik untuk mengatasinya. Cekidot!

1. Untuk pakaian berbahan rajutan seperti katun, wol, dan kasmir, gunakan rendaman air hangat dan sampo bayi atau kondisioner

gulung dengan handuk via clickinmyheels.com

Baik sampo bayi maupun kondisioner merupakan bahan pembersih yang nggak mengandung banyak deterjen tapi punya banyak kandungan pelembab. Sehingga cocok untuk mengembalikan ukuran baju berbahan rajutan yang menyusut untuk meregangkan serat-seratnya.

Advertisement

Bahan yang diperlukan:

  • Air hangat
  • Ember atau bak cuci
  • Sampo bayi atau kondisioner
  • 2 buah handuk ukuran besar
  • Baju yang akan dikembalikan ukurannya

Cara penggunaannya:

  1. Siapkan ember atau bak cuci lalu isi dengan air hangat. Jangan gunakan air dingin karena akan membuat pakaian makin menyusut.
  2. Masukkan sampo bayi atau kondisioner ke dalam bak berisi air hangat. Setiap 1 liter air, campur 1 sdm (12 ml) sampo bayi atau kondisioner, aduk sampai berbusa.
  3. Masukkan baju yang menyusut ke dalam larutan tersebut dan rendam selama kurang lebih 30 menit. Fungsi sampo bayi atau kondisioner adalah untuk mengendurkan serat pakaian yang menyusut. Ketika serat sudah mengendur, maka akan lebih mudah diatur untuk dikembalikan ke ukuran semula.
  4. Angkat baju dari larutan dan peras tanpa dibilas.
  5. Bentangkan handuk di atas meja dan letakkan baju yang telah diperas di atasnya. Kemudian gulung handuk bersama baju yang masih di dalamnya. Biarkan selama sekitar 10 menit agar baju terasa lembab tapi nggak lagi basah.
  6. Buka gulungan handuk, pindahkan baju ke handuk kedua yang kering dan telah dibentangkan. Regangkan atau tarik-tarik baju dengan lembut agar kembali ke bentuk semula, tahan bentuknya dengan menempatkan benda berat di atasnya.
  7. Biarkan kering secara alami lalu lihat hasilnya.

2. Cara kedua adalah menggunakan boraks atau cuka, yang khusus diterapkan untuk bahan wol dan kasmir dan nggak dianjurkan pada bahan sintetis atau rajutan rapat seperti katun

rendam dengan cuka via www.rd.com

Mungkin beberapa dari kamu ada yang sudah tahu bahwa boraks atau cuka punya kandungan khusus yang juga punya fungsi untuk melembutkan pakaian. Nah, kedua bahan ini bisa kamu gunakan untuk mengendurkan serat kain yang menyusut.

Bahan yang diperlukan:

  • Air hangat
  • Ember atau bak cuci
  • Boraks atau cuka anggur putih
  • Handuk ukuran besar, siapkan beberapa buah
  • Baju yang akan dikembalikan ukurannya

Cara penggunaannya:

  1. Siapkan ember atau bak cuci lalu isi dengan air hangat.
  2. Masukkan 1 sampai 2 sdm boraks untuk setiap 1 liter air hangat, atau 1/2 liter cuka anggur putih untuk setiap 1 liter air.
  3. Masukkan baju yang menyusut ke dalam larutan tersebut dan rendam selama kurang lebih 30 menit.
  4. Angkat baju dari larutan kemudian peras untuk membuang kelebihan air.
  5. Gulung handuk kering sebanyak yang dibutuhkan dan masukkan ke dalam baju yang dibentangkan sampai ukuran dan bentuknya menyerupai kondisi semula.
  6. Goyang atau kibaskan baju dengan handuk yang masih di dalamnya selama 10 sampai 15 menit untuk membantu meregangkan serat kainnya.
  7. Pasang hanger dan gantung baju dengan handuk yang masih di dalamnya. Biarkan sampai kering.

3. Celana jeans-mu yang menyusut juga bisa diakali menggunakan trik rendaman air hangat dan gravitasi. Ini penjelasannya…

Celana jeans yang menyusut bisa diregangkan kembali dengan cara mengenakannya di dalam bak mandi berisi air hangat. Langsung saja disimak triknya berikut ini…

Bahan yang diperlukan:

  • Bak mandi atau bak cuci kalau nggak ada
  • Celana yang akan dikembalikan ukurannya

Cara penggunaannya:

  1. Siapkan ember atau bak cuci lalu isi dengan air hangat.
  2. Rendam celana jeans ke dalam bak berisi air hangat selama 15 menit.
  3. Keluarkan kemudian pakailah. Lakukan gerakan sebanyak mungkin untuk membantu meregangkan seratnya. Kamu bisa berjalan atau berlari kecil, menari, melakukan peregangan, atau melakukan apa pun yang kamu bisa untuk meregangkan jeans selagi kamu memakainya.
  4. Fokuskan pada area khusus yang ingin kamu regangkan. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengembalikan ukuran ban pinggang, pastikan gerakanmu melibatkan banyak peregangan di sekitar pinggang.
  5. Jemur jeans dan biarkan hingga kering. Gravitasi akan menarik beban berat ke bawah, sehingga jeans basah bisa meregang secara vertikal.

Meski cara yang dijelaskan di sini hanya untuk mengendurkan dan meregangkan serat kain, paling nggak baju dan celana jeans yang menyusut bisa kembali ke ukuran semula sementara waktu.

Simpan dulu artikel ini, siapa tahu kelak kamu bakal mengalami. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya