Siapa disini yang suka sebel kalau Minggu sore datang? Tandanya Senin akan segera menjelang. Yup, awal minggu atau hari Senin memang sering terasa menyebalkan. Balik lagi ke kewajiban sekolah, harus kembali menghadapi rutinitas kerjaan dan meninggalkan santainya liburan.

Tapi masak kamu mau selamanya jadi orang yang membenci hari Senin, sih? Dia kan gak salah apa-apa. Biar hari Seninmu terasa lebih ringan, nih ya Hipwee kasih cara untuk membuat hari Senin jadi menyenangkan.

1. Jangan Terlalu Mengagungkan Weekend

Weekend boleh ditunggu, tapi jangan terlalu via 38.media.tumblr.com

Orang kadang sangat menanti weekend. Karena saat itulah dia bisa melupakan beban pekerjaan dan bersenang-senang. Tapi riset menunjukkan bahwa semakin orang merasa tertekan pada pekerjaannya dan menanti akhir minggu dengan sangat, dia justru akan makin stres.

Demi menyambut Senin yang tidak mengharu-biru, kamu bisa mulai dengan merubah kebiasaan. Jangan hanya meletakkan kegiatan menyenangkan di akhir minggu. Jadwalkan juga kegiatan asyik di tengah hari kerja. Nggak perlu repot, makan malam sama teman juga bisa kok. Yang penting ada hal yang kamu nantikan di tengah minggu.

2. Play Hard, Rest Well (Bersenang-Senang Di Satu Malam Saja)

Advertisement

Satu malam untuk bersenang-senang, sisanya dimanfaatkan untuk istirahat via liudnasdebesiukas.blogas.lt

Setiap akhir pekan kamu punya 2 malam libur. Pilih satu malam untuk bersenang-senang. Di malam itu terserah kamu deh mau ngapain aja, mau keluar sampai jam berapa. Puaskan hasratmu untuk bergembira dan melupakan kepenatan hari kerja.

Di malam satunya lagi, tinggallah di rumah dan beristirahatlah. Jika tidak ingin kehilangan momen bersenang-senang kamu bisa mengundang teman-temanmu untuk mampir ke rumah dan melakukan hal-hal yang seru bersama. Kalau kamu terlalu banyak keluar selama akhir pekan bisa-bisa kamu kelelahan dan enggan menyambut hari Senin.

3. Hindari Tidur Sampai Terlalu Siang

Jangan tidur sepanjang hari via meyersstyles.com

Walau godaan untuk tidak berpisah dari kasur akan sulit ditolak , tapi tidur terlalu lama justru akan membuatmu pusing dan lemas. Walau sedang libur, cobalah untuk tetap bangun sesuai jadwalmu setiap hari. Dengan begini kamu akan tetap merasa penuh energi untuk menjalani akhir pekan. Waktu libur nggak harus digunakan untuk malas-malasan dan jadi lemas kan?

4. Siapkan Hal yang Kamu Perlukan Semalam Sebelumnya

Siapkan semua hal yang kamu perlukan sebelumnya via 1.bp.blogspot.com

Jika hari Senin memang menyebalkan, gak ada salahnya mengatur sedemikian rupa agar rasa sebal menyambutnya tidak terlalu berlebih di pagi hari. Gimana caranya? Sederhana saja, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan barang-barang yang kamu butuhkan untuk hari Senin di malam sebelumnya. Siapkan semua berkas dan peralatan di samping tempat tidur, agar keesokan paginya kamu gak harus kelabakan.

Mempersiapkan kebutuhan hari Senin di malam sebelumnya dapat mengurangi tingkat stress di pagi hari. Paling tidak kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk memilih baju dan membuat sarapan yang bisa meningkatkan mood-mu. Semua keperluan hari itu sudah rampung kamu kemas di malam lalu.

5. Tidur Cukup dan Bangun Lebih Pagi di Hari Senin

Jangan sampai bangun kesiangan via s.cyrill.lilect.net

Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk menyambut hari Senin. Jangan tidur terlalu malam pada hari Minggu. Atur alarm-mu agar kamu tidak terlambat bangun dan mengacaukan jadwal yang telah kamu atur sedemikian rupa. Bangun lebih awal di hari Senin juga bisa jadi pilihan oke, kamu jadi punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri menyambut awal minggu.

6. Sarapan Dulu/Sahur Sehat

Isi perutmu dengan makanan bernutrisi via 31.media.tumblr.com

Perut keroncongan menahan lapar bukan pilihan tepat untuk mengawali hari. Gak asyik dong kalau baru beberapa jam beraktivitas kamu udah pengen ngabur ke kantin buat cari cemilan? Supaya hal ini tidak terjadi, penuhi kebutuhan nutrisimu sebelum meluncur ke tempat kegiatan.

Jika kamu berpuasa, siapkan menu sahur yang sehat dan banyaklah minum air putih sebagai cadangan cairan. Kalau kamu nggak puasa, awali harimu dengan menu sarapan enak dan bergizi yang berguna bagi konsentrasimu sepanjang hari. Hindari makanan instan yang mengandung banyak MSG.

7. Putar Musik Penambah Semangat

Setel musik penambah semangat via 37.media.tumblr.com

Saat mempersiapkan diri di kamar atau bahkan di kamar mandi, gak ada salahnya kamu memutar musik yang bisa menambah semangat. Kalau emang suka nyanyi-nyanyi, bersenandunglah mengikuti alunan musik. Kamu juga bisa menggerakkan badan mengikuti irama untuk meningkatkan mood. Pilih lagu penambah semangat juga yang bisa kamu putar sepanjang perjalanan ke tempat beraktivitas.

8. Berolahraga Sebelum Beraktivitas

Olahraga diawal hari via www.peakwellness.com

Berolahraga sebelum melakukan aktivitas dapat meningkatkan hormon endorphin yang berpengaruh terhadap kebahagiaanmu sepanjang hari. Sisihkan waktu untuk menggerakkan badan dan berolahraga di pagi hari, agar kamu lebih siap memulai awal minggumu dengan penuh semangat.

9. Keluarkan Penampilan Terbaikmu

Keluarlah dengan penampilan terbaik via seostarmoon.blogspot.com

Mau hari Senin yang lebih semangat? Jalan yang cukup sederhana untuk mencapainya adalah mulai dengan mematut diri untuk mendapatkan penampilan terbaik. Jangan malas berdandan dan memadu-madankan baju untuk terlihat tampan dan cantik.

Pergi beraktivitas dengan penampilan menarik akan meningkatkan semangatmu dan membuatmu tampak lebih siap menjalani hari. Kalau kamu terlihat presentable orang lain juga akan memperlakukanmu dengan baik, bukan?

10. Hadiahi Diri Sendiri Di Akhir Hari

Hadiahi diri dengan makanan kesukaan via www.itfashionjournal.com

Hari Senin-mu berat dan berliku tapi kamu berhasil melewatinya dengan baik? Gak ada salahnya kamu menghadiahi diri sendiri untuk merayakan keberhasilanmu. Sepulang kampus atau selepas jam kantor, belilah es krim kesukaan atau hadiahi diri dengan makan steak enak yang sudah kamu idam-idamkan.

Gak mau keluar uang? Pulanglah dan tonton ulang serial TV favoritmu. Lakukan apapun yang membuatmu senang. Kamu berhak dihargai loh karena sudah mampu mengalahkan keenggananmu melawan Senin.

Jadi gimana, udah siap belum menyambut hari Senin? Selamat menyambut awal minggu, ya!