Stres itu pasti. Entah karena kerja atau keadaan yang lain, akan ada titik di mana kamu merasa stres, capek dan tidak bersemangatk. Tak jarang bisa membuatmu jatuh sakit karena pikiranmu terlalu banyak diforsir untuk tugas kantor.

Namun kamu tidak usah khawatir. Agar bisa tetap santai dan terlepas dari stres berkepanjangan, kamu perlu melakukan beberapa cara yang dapat membuatmu rileks. Hanya butuh waktu 5 menit, tujuh cara ini bisa kamu lakukan dan membuatmu lebih tenang.

Agar stres berkurang dan pikiran lega, kamu cukup memejamkan mata

Tutup matamu sebentar via katrinacorrigan.deviantart.com

Setiap hari kamu berada di tempat kerja, tentu membuat kamu merasa lelah. Termasuk bagian mata yang terus terpapar pada layar komputer atau laptop selama beberapa jam.

Advertisement

Maka dari itu, luangkan waktumu sebentar untuk bersantai. Berpalinglah dari layar monitor dan pejamkan matamu sebentar selama kurang lebih satu menit.

Dengan memejamkan mata seperti ini, kamu merasa lebih rileks dan bisa kembali fokus menghadapi kerjaan yang menumpuk.

Segera seduh secangkir teh hijau hangat ketika stres mulai menjelang

Minum teh hijau yuk via famouspeopledrinkingtea.tumblr.com

Alih-alih minum kopi atau minuman bersoda untuk menghilangkan stres, lebih kamu menggantinya dengan mengkonsumsi teh hijau.

Teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menghilangkan stres karena kandungan polifenol dan anti oksidan yang terdapat dalam kandungan teh hijau.

Supaya mendapatkan manfaat penuh dari teh hijau, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengkonsumsinya:

  1. Untuk mengurangi kadar theine, zat semacam kafein dalam kopi, kamu bisa melarutkan teh hijau dalam air panas, kemudian buang airnya. Setelah itu baru masukkan lagi teh hijau dalam air panas dan minum.
  2. Sebaiknya kamu meminum teh hijau setelah 10 menit kamu tuang dalam gelas.

Menghitung mundur terdengar kekanak-kanakan, tapi cara ini bisa kamu pakai untuk merileksasikan pikiran

Hitung mundur bukan kekanak-kanakan via amazingwallpapersworld.blogspot.com

Kamu pernah lihat nggak film-film kartun di mana si tokoh yang sedang marah dan cara yang dilakukannya adalah menghitung mundur? Ya, kamu juga bisa mengikutinya.

Menghitung mundur adalah salah satu cara untuk membuatmu lebih rileks.

Coba menutup mata dan mulai menghitung mundur dari 10 sampai 0 dan kembali lagi sampai kamu benar-benar lebih merasa tenang.

Kunyahlah permen karet, karena bisa membantu mengurangi kadar kortisol penyebab stres

Mengunyah permen karet via mdotonstyle.com

Permen karet dengan rasa mint atau buah-buahan terbukti dapat mengurangi stres lho. Beberapa menit saja mengunyah permen karet ternyata bisa mengurangi tingkat kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan stres.

Namun yang harus kamu ingat, jangan buang bekas permen karetmu sembarangannya, ya.

Cari sudut tersepi, dan terapkan waktu untuk bermeditasi

Luangkan waktu untuk meditasi via blue96monday.deviantart.com

Diam-diam stres dapat membunuhmu bila tidak segera teratasi. Penyebabnya adalah stres dapat memengaruhi pemikiran dan mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi. Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan meditasi.

Meditasi dapat mengurangi stres karena kamu lebih mampu merileksasikan pikiran selama beberapa menit setiap hari.

Kamu kudu mencari tempat yang sepi, yang pasti bukan isi hati, ya, untuk mulai meditasi. Kamu bisa melakukannya di rumah dan jangan lupa untuk mematikan semua peralatan dan mesin yang akan merusak atau mengganggu konsentrasi.

Bermain bersama hewan kesayangan bukan cuma menyenangkan, Ternyata juga dapat mengurangi kadar stres berkepanjangan

Main sama kucing, yuk. via www.onsecrethunt.com

Pusing karena masalah yang bertumpuk atau hubungan dengan si dia yang berakhir?

Kamu bisa mengatasinya dengan bermain bersama hewan peliharaanmu seperti kucing, anjing, kelinci maupun hewan peliharaan lain.

Aktivitas sederhana seperti mengelus-elus kucing, berjalan santai dengan anjing di sore hari, atau memberi makan kelinci, ternyata mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan imun tubuh.

Semua cara itu tidak berhasil juga? Mungkin sudah saatnya kamu merencanakan sebuah liburan segera

Kapan terakhir kamu libur bukannya lembur? via soniavee.blogspot.co.i

Kamu sudah mencoba semua hal di atas tapi masih tidak berhasil juga mengatasi tingkat stresmu? Wah, mungkin kamu sudah stres berat terhadap pekerjaanmu sekarang.

Kalau begitu, cobalah merencanakan sebuah liburan ke tempat yang selama ini kamu idam-idamkan.

Tidak perlu sampai mengambil cuti, kamu juga memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berlibur ke tempat rekreasi yang dekat dari tempat tinggalmu. Tinggalkan dulu semua peralatan elektronikmu dan matikan notifikasi e-mail dan segala hal yang bisa menganggu. Nikmatilah waktu liburanmu dan lepaskan beban yang menganggu.

Itu tadi tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres yang melanda. Di dalam dunia kerja di mana menuntutmu untuk sibuk, akan sangat berarti jika kamu mampu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan, bukan sekadar hal-hal yang harus kamu lakukan. Semoga cara-cara ini bisa membantumu melewati semuanya, ya.