Susah tidur atau insomnia jadi masalah yang membuat kita kurang nyaman menjalani hari. Gimana enggak? Setelah seharian berjibaku dengan kesibukan dan tanggung jawab, tidur kita harap bisa jadi momen pemberi ketenangan.

Eeeeeh…..udah di atas kasur malah cuma guling-guling aja. Nggak bisa diajak kompromi ini matanya.

Tapi jangan merasa sendiri atau panik dulu. Ada kok cara gampang untuk menghalau insomniamu. Beberapa gaya yoga sederhana ini bisa jadi caranya. Biar insomniamu jauh-jauh. Nggak lagi datang tanpa diminta.

1. Awali gerakanmu dengan Mountain Pose macam ini

Mountain pose via elitedaily.com

Buka kedua kaki selebar bahu, lalu arahkan kedua tangan ke atas kepala. Pertemukan kedua telapak tanganmu tepat di atas kepala, lalu bawa ke depan dada. Sembari melakukan gerakan ambil dan buang nafas secara perlahan.

Advertisement

Gerakan ini bermanfaat memberimu rasa relaks dan mengurangi rasa sakit di pinggang.

2. Pose Sukhassana membuka lubang energi di seluruh tubuh dan bikin tidurmu nyaman

Sukhassana pose via www.huffingtonpost.com

“Pose satu ini bagus untuk melelapkan tidur. Gerakan ini memberikan efek relaksasi ke seluruh bagian pinggang dan pinggul. Juga memberikan perasaan nyaman ke seluruh badan.”

Bielkus, praktisi yoga.

3. Posisi sujud ala Balasana dijamin memberimu ketenangan di malam harinya

Sujud ala Balassana via www.huffingtonpost.com

Lipat kaki seperti sedang bersujud. Kemudian bawa dada dan tubuhmu ke arah paha. Letakkan tangan dengan rileks di depan kepala. Biarkan dahimu menyentuh lantai, lalu tarik nafas panjang.

4. Savasana. Pose yang juga sering disebut ‘Pose Ala Mayat’ ini memanggil kantukmu tiba

Corpse pose via www.huffingtonpost.com

Di atas matras, berbaringlah dengan posisi telentang. Kedua tangan di samping badan. Kepala mengarah ke atas. Lalu fokuslah pada tarikan nafas dan hembusan suara nafasmu sendiri.

“Dengan fokus ke suara nafas, otakmu akan punya kesempatan untuk melepaskan rasa stres yang seharian melanda. Ketenangan bisa didapat setelahnya.”

5. Gerakan ala kupu-kupu atau Supta Baddha Konasana menghalau nyeri-nyeri yang ada

Butterfly pose via elitedaily.com

Gerakan ini sederhana sebenarnya. Kamu cukup duduk bersila dan mempertemukan kedua telapak kakimu di tengah. Pertahankan kedua lututmu tetap sejajar selama proses ini. Kemudian ambil dan hembuskan nafas sampai kamu rileks.

Butterfly Pose konon bisa melancarkan pencernaan dan memberikan rasa nyaman pada tubuh. Tidurmu akan lebih nyenyak setelahnya.

6. Tutup sesi halau insomnia dengan Surya Bhedana. Bernafas dengan lubang hidung kirimu ampuh ternyata!

Surya Bedhana via www.huffingtonpost.com

Kamu bisa duduk bersila, tidur dengan badan menghadap ke kanan saat melakukan pose ini. Caranya juga mudah. Cukup tutup lubang hidung kananmu dengan jari jempol, kemudian hembuskan nafas dari lubang hidung kirimu.

Lakukan gerakan ini selama 5-10 detik, dalam 3 sesi.

See? Nggak susah ‘kan buat bikin tidurmu nyenyak dan nggak insomnia lagi? Selamat mencoba! Semoga mimpi indah 🙂