Berprofesi sebagai guru memang sebuah pekerjaan mulia yang tak terhingga. Mencerdaskan calon generasi penerus bangsa adalah tujuan utamamu. Jika kamu adalah salah satunya, selamat berjuang, ya! Memang bukan hal yang mudah, semoga ilmu yang akan kau bagikan kelak akan bermanfaat.

Untuk kamu yang sekarang menjadi guru muda, pasti akan selalu ada hal yang mempersulit pekerjaanmu ini. Mungkin salah satunya adalah kesulitan mencari cara yang menyenangkan dalam mengajar. Memang, dalam penyampaian materi, seorang guru harus menganut pada silabus, RPP, dan kurikulum yang berlaku.

Supaya kegiatan mengajarmu makin menyenangkan, ada baiknya juga kalau kamu menyempatkan membuat 10 prakarya unik ini. Selain bisa mengasah kreatifitas murid-muridmu, kerekatan hubunganmu dengan mereka juga akan semakin dekat jadinya.

1. Abadikan cap tangan di atas kanvas. Menyenagkan sekaligus bisa dijadikan hiasan dalam ruang kelas.

Sekaligus jadi hiasan via lollyjane.com

Kegiatan coret-coret yang menyenangkan adalah yang dinanti-nanti anak-anak. Tidak jarang, kegiatan seperti inilah yang paling ditunggu-tunggu. Ajak muridmu untuk bermain dengan warna-warna cat. Selain untuk mengeksplor indra perasanya, kamu bisa ajak mereka untuk berkreasi di atas kanvas.

Advertisement

Di atas cap tangan tersebut, mereka bisa membubuhkan gambar apa saja yang menggambarkan keinginan atau perasaan mereka. Setelah kering, kamu bisa manfaatkan kanvas-kanvas ini sebagai pajangan apik di dalam ruangan. Kegiatan yang menyenangkan, edukatif, dan efisien kan?

2. Ajak untuk menyayangi bumi dengan membuat tote bag serbaguna. Biarkan merela berkreasi dalam mewarnainya.

Tote bag lucuk via www.creativejewishmom.com

Memberi pengarahan untuk mencintai bumi sejak dini bukanlah ide yang buruk. Bukan dengan penjelasan yang terlalu sulit untuk dipahami, atau dengan teori-teori berat tentang global warming. Metode yang tepat untuk mencintai bumi bagi anak-anak adalah mengajak mereka untuk mengurangi konsumsi plastik, yaitu dengan memiliki tote bag sendiri.

Memiliki fungsi yang serbaguna, ada baiknya kalau kamu bersama-sama dengan muridmu membuat prakarya di atas tote bag. Kegiatan ini bisa dalam bentuk mewarnai, sesuai dengan keinginan mereka. Tidak cuma sekedar prakarya, hal ini juga bisa memupuk kesadaran untuk cinta bumi sejak kecil, bukan?

3. Karya ciamik dari kegiatan “Seandainya aku jadi Presiden” pun menarik untuk coba, lho.

Jika aku jadi presiden….

Saat masih anak-anak, sebuah pertanyaan yang tidak boleh dilewatkan adalah…..

Kalau sudah besar, kamu ingin jadi apa?

Ya, membicaraan soal cita-cita adalah hal yang menyenangkan pastinya. Jangan biarkan momen ini berlalu begitu saja. Ajak murid-muridmu untuk mengungkapkan keinginannya sekaligus membuat karya yang unik. Membuat poster kecil yang berisi foto dan potongan kertas adalah salah satunya.

Secara tidak langsung, kamu pun membuat mereka semakin berkembang dalam hal kreatifitas sekaligus cara berpikirnya. Mereka akan berandai-andai jikalau mereka menjadi presiden masa depan Indonesia. Mereka pun akan memikirkan visi, misi, dan pidato mereka di depan kelas. Wah, bisa dicoba nih, Bu!

4. Tak perlu khawatir, menghitung kini menjadi pelajaran yang menyenangkan dengan jari-jari kecil ini.

tidak perlu khawatir via www.momndaughtersavings.com

Mengajari anak-anak untuk belajar menghitung tidak selamanya mudah. Di usia-usia muda, anak-anak cenderung memilih untuk bermain daripada belajar. Untuk menyiasati hal ini, ajak murid-muridmu untuk ambil bagian dalam membuat prakarya jari-jari ini. Misalnya saja dengan mengajak mereka menggambar jari-jarinya dan menggunting bersama. Setelah itu, tempelkan di atas kertas dan kalian bisa belajar berhitung bersama.

5. Daripada dibuang percuma, coba kreasikan krayon-krayon tidak terpakai jadi melted crayon! Seru dan menyenangkan.

Lucu nih!

Kebanyakan anak-anak menyukai kegiatan mewarnai. Tidak jarang, mereka pasti punya alat mewarnai, seperi pensil warna, cat air, atau krayon. Ngomong-ngomong tentang karayon, biasanya banyak sisa yang tidak terpakai, kan. Daripada terbuang sia-sia, kamu bisa kreasikan dengan membuat melted crayon, lho.

Ajak murid-muridmu untuk mengumpulkan krayon tak terpakai. Setelah itu, kumpulkan, potong kecil-kecil, lalu masukkan dalam cetakan. Lalu, panaskan sebentar di dalam microwave. Taraaaa! Prakarya bersama muridmu sudah jadi! Selain lucu, bisa kamu gunakan sebagai dekorasi kecil di dalam kelas.

6. String art, kerajinan yang menstimulasi kreativitas. Hanya dengan benang wol, mereka pun akan makin senang!

Ribet keliatannya aja via kraftyguts.blogspot.co.id

Menciptakan sebuah kerajinan yang bermanfaat untuk hubungan antar guru-murid sekaligus mengedukasi murid sudah bukan hal yang rumit. Buat kegiatanmu makin seru dengan membuat string art ini. Kamu hanya perlu membuat pola hati, misalnya.

Buat pola hati dari paku yang ditancapkan di atas kayu. Dari paku tersebut, ajak muridmu untuk mengaitkan ke segala penjuru sehingga terbentuklah pola tersebut dengan lucunya. Mereka akan berani untuk memilih warna-warna yang terang yang sekaligus membantu meningkatkan kreatifitasnya.

7. Manfaatkan piring plastik untuk disulap menjadi mahkota! Buat murid-muridmu bagai bangsawan dari negeri nun jauh di sana.

Mahkota via id.pinterest.com

Memanfaatkan segala barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang bermanfaat adalah penting. Menjadi seorang guru muda, tentunya dituntut untuk bisa lebih kreatif. Nah, kamu bisa lho memanfaatkan piring plastik bekas sebagai bahan prakaryamu.

Manjakan murid-muridmu dengan berbagai macam kreasi mahkota yang bisa dihasilkan oleh barang ini. Kamu bisa ajak mereka untuk mewarnai dan membantuk sesuai keinginan mereka. Akan jadi menyenangkan, bukan?

8. Mempelajari organ tubuh manusia udah nggak ngeri lagi. Ajak muridmu untuk mendekorasi tengkorak menjadi prakarya lucu ini.

Tengkorak nggemesin via www.instructables.com

Mata pelajaran biologi memang menyenangkan. Kita bisa tahu banyak tentang fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Tapi, hal ini tidak selalu menyenangkan ketika membahas mengenai organ tubuh. Saat peraga tubuh manusia dalam bentuk tengkorak di bawa ke dalam kelas, banyak murid yang ketakutan.

Untuk menghilangkan rasa takut itu, ada sebuah metode yang layak kamu coba, lho. Ajak mereka untuk menghias tengkorak kepala dengan mosaik-mosaik lucu. Sekarang, mereka tidak takut lagi, bahkan bisa jadi prakarya yang lucu.

9. Ajak mereka membuat topeng berwujud binatang kesukaan mereka. Adakan pesta kostum untuk memamerkan hasil karyanye. Seru, kan!

Cool! via pinterest.com

Jangan kekang muridmu dengan pelajaran yang membosankan dan duduk di bangku kayu mereka. Mereka pasti merasa jenuh. Buang kejenuhan mereka dengan melakukan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama gurunya. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat topek binatang bersama.

Biarkan muridmu berkreasi dengan imajinasi mereka saat membuat hewan kesayangannya.Meriahkan suasana dengan mengadakan pesta kostum untuk melengkapi prakarya topeng yang dibuat tadi.

10. Berani kotor dan berkreasi itu baik. Coba membuat terrarium bersama muridmu dan ciptakan kebersamaan terbaikmu.

buat terrarium via www.crafthubs.com

Terrarium adalah tanaman yang ditanam di dalam tabung kaca unik dan bisa disimpan di dalam ruangan. Anak-anak tidak ingin melewatkan kegiatan seru seperti ini. Kotor memang, karena mereka akan berkutat dengan tanah, bebatuan, dan tumbuhan-tumbuhan mungil.

Jangan ragu untuk membuat terrarium bersama muridmu. Ajak mereka berimajinasi dalam menata tanaman di dalam tabung mungil transparan itu. Kamu juga bisa tambahkan barang kecil kesukaan muridmu sebagai bentuk apresiasi pada mereka ya, Bapak dan Ibu Guru muda.

Dari kegiatan dan prakarya yang sudah direkomendasikan, mana nih yang tidak sabar untuk segera dipraktekkan oleh Guru-guru muda dan keren di Indonesia ini?

Kredit featured image: http://lollyjane.com/kids-handprint-art/