Padatnya rutinitas sehari-hari tak ayal membawa dampak pada kesehatan dan kecantikanmu. Terbiasa beraktivitas di tengah kemacetan, kesibukan yang mengebiri waktu istirahat, hingga minimnya kesempatan merawat diri kerap tercermin pada penampilan fisikmu. Salah satu dampak kelelahan yang sering tidak bisa disembunyikan adalah kantung mata, alias mata panda.

Lingkaran hitam, dark circle, atau biasa disebut mata panda jelas sangat mengganggu penampilanmu sehari-hari. Apalagi mata merupakan bagian yang paling terlihat saat kita berinteraksi dengan orang lain. Nggak mau ‘kan kamu terlihat tidak segar, kurang sehat, dan lebih tua? Nah, buatmu yang sedang berusaha menghilangkan mata panda, Hipwee sudah membuatkan tipsnya khusus untukmu.

1. Untuk pertolongan pertama coba gunakan kantung teh hijau untuk mengompres mata. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat lingkaran hitam menyingkir pergi

Kantung teh untuk mata pandamu via via beautifulgirlsmagz1.blogspot.com

Teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu teh juga mengandung kafein. Kandungan ini bisa banget untuk membantu mata kamu yang menghitam menjadi lebih cerah. Tak hanya minuman hangat yang bisa kamu dapat, mata pandamu pun hilang!

Caranya mudah, kamu bisa menyeduh 2 kantung teh hijau dengan air panas, lalu diamkan selama 5 menit. Kalau bisa, jangan ditambah gula dulu ya ke dalam gelas. Bisa-bisa mata kamu jadi manis kena air gulanya. Selanjutnya angkat kantung teh tersebut dari gelas dan masukkan ke dalam freezer. Setelah kira-kira sudah sangat dingin (nggak sampe beku ya) kamu bisa keluarkan lalu kompreskan dengan sedikit ditekan-tekan. Diamkan deh selama 15 menit. Jangan lupa setelahnya kamu bilas dengan air bersih.

2. Mata lelahmu juga bisa dijinakkan dengan potongan timun nan dingin. Selain segar, dinginnya mentimun juga bisa membuatmu lebih rileks!

Advertisement

Timun dingin bikin segar! via via www.hivietnam.net

Mudahnya timun didapat, pasti nggak akan bikin kamu ribet melakukan ini ‘kan? Kamu tinggal memasukkan sebuah timun ke dalam lemari es, tinggalkan selama beberapa jam sampai dingin. Lalu bisa kamu potong menjadi bulatan-bulatan yang pas untuk melingkari bagian matamu.

Setelah itu taruh potongan itu di kedua mata kamu selama 10-15 menit. Kalau kamu merasa menyukai sesi ini, kamu bisa berlama-lama dengan menggonta-ganti potongan timunnya dengan yang lebih dingin. Rasanya rileks sekali!

3. Terlalu malas untuk memotong mentimun dan menggunakan kantung teh bekas? Kamu bisa menggunakan kapas yang dicelup air mawar sebagai jalan pintas

Harum! via via www.hivietnam.net

Air mawar juga mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat kamu pakai untuk mengompres mata pandamu, lho. Kalau kamu tidak bisa membuatnya sendiri, kamu bisa membeli air mawar dalam kemasan yang banyak tersedia di swalayan terdekat.

Caranya kamu hanya perlu mencelupkan air mawar pada kapas lalu kompreskan pada mata selama yang kamu mau, biasanya sih 10-15 menit, ya. Lebih baik lagi jika air mawar tersebut didinginkan terlebih dahulu dalam lemari es.

4. Air es atau sendok yang didinginkan dalam freezer pun dapat bertransformasi jadi penolong bagi kantung matamu

Tempelkan sendokmu seperti ini via via naturallyyouthfulwithjulie.wordpress.com

Kalau kamu mau yang simpel, ini dia solusinya. Kamu bisa mengompres matamu dengan kapas yang dibasahi air es. Diamkan selama beberapa menit, dan voila! Matamu pun akan terlihat lebih segar. Lakukan ini setiap saat matamu terasa lelah.

Selain air, bisa juga kamu mendinginkan sebuah atau dua buah sendok ke dalam freezer. Ya, sendok! Setelah dingin, kamu bisa menempelkan bagian cembung dari sendok tersebut ke bagian mata. Biarkan sampai sendok tersebut kembali hangat. Segala sesuatu yang dingin akan membantu sekali untuk menghilangkan mata pandamu.

5. Saat kantung matamu kian parah, ini saatnya menjajal merawatnya dengan krim mata. Gak perlu harus yang mahal, produk eye cream drugstore juga sudah cukup terpercaya

Krim mata bagus untuk mata pandamu via via naturallyyouthfulwithjulie.wordpress.com

Ada juga solusi untuk mengatasi mata panda dengan bahan kimia. Krim mata atau eye cream bisa kamu dapat dengan mudah di pasaran. Pilihan produknya pun beragam: ada yang keluaran dalam negeri, produk impor, sampai krim mata yang menawarkan berbagai keunggulan.

Pada beberapa orang, termasuk saya, menunjukkan hasil yang positif usai menggunakan produk eye cream. Bisa banget lho kamu cobain solusi yang satu ini.

6. Walau mata sedang ada kantungnya kamu tetap bisa tampil cantik dengan sedikit sentuhan concealer di bawah mata

concealer via via oliviajenkins.com.au

Menghilangkan mata panda nggak cukup sehari-dua hari ‘kan? Untuk menyiasatinya agar nggak begitu terlihat adalah dengan make up. Magical things yang satu ini bisa lho bikin kamu kayak nggak punya mata panda. Yay!

Make up yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah concealer. Pilih warna concealer dengan satu atau dua tone lebih cerah dari kulit wajah kamu. Merek concealer sudah banyak kok yang memang didesain untuk area bawah mata. Tinggal pilih saja concealer yang cukup lembab atau moist agar tidak cakey dan menggaris di bawah mata.

7. Alihkan perhatian dari kantung mata yang mengganggu dengan menyapukan eyeliner dan eyeshadow di mata cantikmu

Eyeliner bikin matamu jadi cantik via via blog.araujo.com.br

Girls, sudah sering pake eyeliner ‘kan? Yap, alat kecantikan yang satu ini sudah pasti gak asing lagi buat kamu para wanita.

Dengan menggunakan 2 make up kits ini kamu bisa menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata yang mengganggu. Dengan menggunakan eyeshadow dan eyeliner mau tak mau perhatian orang akan berpindah dari kantung mata ke tegasnya bingkai mata yang tercipta.

8. Untuk mencegah agar lingkaran hitam nggak balik lagi pastikan waktu tidur dan asupan nutrisimu tercukupi.

Get enough sleep via via www.sofeminine.co.uk

Waktu tidur yang sesuai untuk kamu adalah sekitar 7-8 jam/hari. Jadi, mulailah dengan mengubah pola tidur menjadi lebih teratur. Setelahnya kamu akan dapat banyak manfaat dan nggak akan lagi ada lingkaran hitam di matamu.

Pastikan juga asupan makananmu tercukupi. Lingkaran hitam bisa terjadi karena kurangnya beberapa vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, antioksidan, vitamin A, E, dan B12. Jadi banyak-banyaklah mengkonsumsi sayur yang berdaun dan buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut.

Selain itu hindari juga rokok dan alkohol yang memang terkenal dengan efeknya yang buruk bagi tubuh. Buat para cowok, rokoknya matiin dulu dong

Well, semoga Hipwee bisa membantumu mengatasi mata pandamu, ya. Kuncinya pola hidup yang sehat dan teratur. Kesehatan badan akan terpancar dari wajah kamu, lho. Ayo, mulai ubah dari sekarang!