“Eh, Mas lagi ngapain di sini? Lagi ada janji sama orang, Mas?” (si Mbak lupa nama Masnya)

“Loh, Mbaknya kerja di sini gedung ini juga? di perusahaan apa, Mbak?” (si Mas lupa nama Mbaknya juga)

Kesannya sih memang tetap ramah, tapi kamu sendiri lama-lama merasa jengah kalau tiap kali ketemu cuma bisa manggil Mas, Mbak atau Eh.

Sebenarnya bukan kesalahan yang fatal juga sulit menghafal nama orang. Tapi kalau dibiarkan terus yang ada kamu akan sering terjebak rasa malu dan situasi yang canggung, seperti yang telah Hipwee ulas di artikel hal-hal sehari-hari yang sering dialami kamu yang lupa nama orang. Nah, biar kamu nggak terus-terusan lupa, kali ini Hipwee bakal ngasih tahu beberapa cara untuk bisa mengingat nama. Yuk, disimak!

1. Kamu harus tahu namanya dengan jelas sedari awal. Minta dia mengucapkan ulang namanya kalau kamu nggak dengar

Halo! via tumblr.com

“Aku, Dimas.”

“Oh, maaf siapa?”

“Dimass….”

“Oh, Dimas! Aku, Tika. Hehehe.”

Advertisement

Hanya untuk memastikan namanya terdengar jelas, nggak ada salahnya kamu meminta dia mengulang kembali namanya. Pokoknaya jangan malas bertanya kembali kalau kamu kurang jelas mendengar namanya saat awal perkenalan. Mumpung masih awal.

2. Biar nggak lupa namanya, kamu harus sering mengucapkan lagi namanya di sela-sela percakapan

“Jakartanya mana, Ndah?” via www.instagram.com

Semakin sering kamu mengulang namanya, semakin besar kemungkinan kamu akan bisa mengingatnya. Kalau memang setelah berkenalan kalian berpisah, kamu bisa menggumam namanya berkali-kali. Tapi kalau kamu sedang terlibat percakapan dengan orang tersebut, kamu bisa menyelipkan namanya di sela-sela percakapan.

“Oh, jadi Indah aslinya Jogja. Terus di Jakarta, kamu ngekos di daerah mana? Kalau mudik berapa bulan sekali, Ndah?”

Dijamin nama dia bakal nyangkut dengan aman di kepala kamu.

3. Bukan basa-basi, tapi coba kamu tanya arti namanya, atau apapun yang berkaitan dengan namanya. Barangkali cerita unik tentang namanya bisa membuat kamu ingat

Cerita tentang nama kamu dong. via www.instagram.com

Nama seseorang itu pasti menyimpan sebuah makna dan cerita. Jadi bukan berniat basa-basi, nggak ada salahnya kamu bertanya arti namanya, atau barang kali asal-usul kenapa orang tuanya memberi nama itu. Siapa tahu keunikan cerita dari namanya bisa membuat kamu terus ingat.

“Eh, nama kamu unik banget ya “Darpa”, artinya apa sih? itu bahasa Sansekerta bukan?”

“Hah, nama kamu Hamba? kok bisa orangtua kamu ngasih nama Hamba? ceritanya gimana tuh?”

4. Kalau dia punya kartu nama, kamu bisa memintanya

Kalau kartu namanya unik gini, pasti nggak akan lupa kan! via icanbecreative.com

Kamu bertemu dengan seorang teman lama, tapi sayang kamu lupa namanya dan cukup sungkan untuk menanyakan namanya kembali. Coba deh kamu berbasa-basi meminta kartu namanya, sambil bertanya entah di mana dia bekerja atau di mana dia tinggal.

“Eh, ada kartu nama nggak? boleh minta?”

5. Nggak ada salahnya menulis nama orang itu di kontak HP kamu

Daripada lupa terus, mending dicatat langsung. Kalau kamu sungkan meminta nomor teleponnya, catat saja namanya di selembar kertas, tapi jangan sampai lupa untuk mengantongi kertasnya ya.

6. Kalau belum ingat-ingat namanya juga, mending kamu terus terang. Dan bisa memintanya menyebutkan nama sembari mengeja

Tolong diejain lagi ya namanya via www.instagram.com

Kamu: “Duh! maaf ya, aku lupa nama kamu. Boleh tolong dieja ulang namanya? Maaf ya.”

Nggak enak sih emang, tapi daripada kamu berbohong kalau lupa namanya, kan lebih baik terus terang.

7. Saat kalian akan berpisah, ada baiknya kamu mengulangi namanya kembali. Cuma memastikan kalau kamu ingat namanya

Sampai ketemu lagi, Sam! via www.instagram.com

Teman kamu: “Aku duluan ya, see you.”

Kamu: “Iya Arum, sampai ketemu lagi ya.”

Ah, lega ternyata kamu masih ingat namanya.

Semoga dengan mempraktekan beberapa cara di atas, kamu bisa mengatasi kebiasaan lupanya ya. Semoga berhasil mengingat nama orang!