Kulit muka merupakan sisi yang sangat diperhatikan terutama untukmu kaum perempuan. Wajar saja sih, soalnya penampilanmu sangat tergantung dengan keadaan mukamu. Kadang, munculnya satu jerawat atau kerutan saja membuatmu uring-uringan nggak karuan, ‘kan?

Memang banyak perawatan yang bisa dilakukan jika sudah begini. Mulai dari pergi ke dokter kulit, atau maskeran menggunakan bahan alami. Tapi, tahu nggak sih kalau ada satu ‘benda ajaib’ yang ternyata sangat bermanfaat untuk kulit wajah kita. Yup, sabun bayi!

Diluar fungsi utamanya sebagai sabun mandi untuk bayi, sabun bayi merupakan produk yang disinyalir bisa bermanfaat untuk beberapa hal terutama yang berkaitan dengan wajah. Simak ulasan dari Hipwee Tips berikut ini!

Memangnya, apa saja sih kandungan dan kelebihan dari sabun bayi ini?

apa saja kandungannya?

apa saja kandungannya? via thehealthsite.com

Sabun bayi memang memiliki komposisi yang sangat lembut karena diperuntukan untuk merawat kulit bayi yang sensitif dan masih sangat tipis. Kelebihan dari sabun bayi adalah :

Advertisement
  • Memiliki pH yang mendekati pH normal kulit
  • Tidak atau sedikit mengandung bahan kimia berbahaya
  • Bisa membantu menghaluskan kulit karena komposisinya yang sebagian besar merupakan bahan alami.

Intinya sih nggak mengandung banyak bahan kimia karena memang dikhususkan buat bayi. So, aman lah!

Meski bukan sebagai obat jerawat, sabun bayi cukup efektif sebagai pencegahnya

pencegah jerawat

pencegah jerawat via verywell.com

Walaupun beberapa orang mengklaim bahwa jerawat mereka hilang setelah beberapa waktu menggunakan sabun bayi, namun sabun bayi bukanlah obat jerawat yang bisa membantu membersihkan jerawat pada muka.

Pada umumnya, sabun bayi hanya bisa menghindari kulit wajah dari jerawat dan komedo yang diakibatkan oleh muka yang berminyak, polusi serta sinar UV. Ada baiknya kamu menggunakan sabun bayi secara rutin untuk terhindar dari serangan jerawat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Simak juga review beberapa orang mengenai sabun bayi yang mengobati jerawat di sini!

Berkat kandungan pH-nya yang seimbang, sabun bayi juga dipercaya ampuh untuk merawat kulit yang rentan berminyak

Kandungan pH-nya yang hampir mendekati pH kulit normal membuat muka berminyak yang menggunakan sabun bayi menjadi lebih kesat. Tapi ingat, menggunakan sabun bayi secara berlebihan justru membuat kulit menjadi kering. Cukup pagi dan malam hari sebelum tidur saja, ya.

Kamu juga bisa menggunakan sabun bayi untuk memperoleh kulit muka yang lembab dan kenyal dari sebelumnya

wiiih, jadi lembab!

wiiih, jadi lembab! via dailyvanity.com

Kalau nggak terbiasa pakai produk-produk kecantikan, sabun bayi adalah pilihan jitu untuk wajahmu. Berbeda dengan sabun mandi biasa, kandungan bahan kimia sabun khusus bayi lebih lembut dan mengandung pelembab, sehingga bisa digunakan untuk kulit muka.

Selain mempunyai banyak manfaat, ada baiknya kamu juga memperhatikan tips pemakaian sabun bayi agar hasilnya maksimal

  • Gunakan sabun bayi pada pagi, siang hari setelah berpergian, dan malam hari sebelum tidur. Dilarang menggunakan sabun bayi secara berlebihan, jika terlalu sering, wajah akan terlalu kering dan tidak lembab, sehingga kulit akan gampang keriput.
  • Cara menggunakan sabun yang baik adalah dengan cara mengusapkan sabun bayi pada kedua telapak tangan, kemudian busa yang ada ditelapak tangan usapkan ke pemukaan wajah.
  • Jangan mengusapkan sabun langsung ke wajah, itu akan mengakibatkan kotoran yang ada wajah akan menempel lagi ke sabun.
  • Lalu tunggu beberapa detik, kemudian siram wajah dengan air bersih. Maka, wajah kita akan terlihat lebih bersih dan segar.
  • Langkah terakhir adalah basuh sabun hingga kita yakin tidak ada kotoran yang menempel di permukaan sabun.

Tetap pada kecocokan masing-masing kulit, penggunaan sabun bayi juga perlu ditilik lagi apakah kulitmu bisa menerima keberadaannya dengan baik atau tidak. Tapi, dengan kandungan bahan kimia yang sangat sedikit dan pH yang juga mendekati pH normal kulit, nggak ada salahnya untuk dicoba di kulitmu karena efek sampingnya pun hampir tidak ada.

Yang masih setia pakai sabun bayi buat muka, mana suaranya???

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya