Diet biasanya dilalui dengan setengah hati karena selain menjaga asupan makanan, jumlah makanan yang masuk ke tubuh kita juga dikurangi. Alhasil, sebelum berat badan ideal didapat, yang ada malah berhenti di tengah jalan. Apakah kamu mengalaminya juga? Ah, jangan sampai deh!

And please welcome, diet food combining! Food combining (FC) ini bisa menjadi salah satu pilihan pola diet untuk kamu yang sedang mencari cara yang pas dan tentunya nggak begitu berasa dietnya. Di sini, kamu tetap makan 3 kali sehari bahkan nggak boleh merasa kelaparan. Pokoknya harus kenyang! Nah lho, kayaknya menarik, ya?

Sebelum memulai, apa sih diet Food combining itu?

food combining via mayanovak.com

food combining via mayanovak.com

Food combining merupakan cara pengaturan makan yang bertujuan agar tercapainya kondisi homeostastis tubuh, dan salah satu tandanya adalah pH tubuh yang cenderung netral sedikit ke arah basa. Dan dengan cara Food combining lah, kondisi hemeostatis paling mudah didapat.

Advertisement

Kenapa harus food combining? Karena pada kondisi ini, seluruh fungsi tubuh berjalan optimal. Kamu juga makin mudah untuk terhindar dari sakit. Lalu, bagaimana aturan mainnya? Yuk, lanjut ke poin selanjutnya…

Begitu bangun tidur, air jeruk nipis hangat adalah yang pertama dikonsumsi

jeruk nipis via log.viva.co.id

Jeruk nipis peras yang dicampur dengan air hangat adalah minuman pembuka hari bagi seorang food combiner (penganut pola makan FC). Selain berfungsi sebagai cairan untuk detoksifikasi, minuman ini juga memberi rasa segar dan membangkitan semangat di pagi hari.

Sarapan hanya boleh dengan buah. Jika masih lapar, kamu boleh makan buah lagi sepuasnya!

makan buah via www.solusisehatku.com

Waktu sarapan bisa kamu lakukan dengan jeda waktu beberapa saat setelah minum air jeruk nipis. Food combiner mengutamakan sarapan dengan buah. Buah dipandang sebagai menu sarapan terbaik, karena sangat mudah dicerna.

Pagi hari, tubuh memasuki fase buang. Pada fase ini, energi diprioritaskan untuk membuang sisa metabolisme, jadi tak seharusnya tubuh diberatkan dengan makanan yang susah dicerna.

Buah dikonsumsi begitu saja sebagai buah potong atau diproses menjadi jus, smoothies dan sebagainya, asalkan tak ditambahkan bahan-bahan lain termasuk gula maupun susu. Jadi konsepnya adalah, sarapan buah secara eksklusif.

Pilih buah yang manis, berserat, dan berair seperti pepaya, mangga, buah naga atau apel. Jangan lupa, pilih pula buah yang sudah matang dengan sempurna. Jangan pilih buah seperti nangka, durian atau cempedak, ya.

Kamu harus bertahan hingga jam makan siang untuk tidak makan apapun selain buah. Setelah itu, begini aturannya…

daging dan salad via plus.google.com

Setelah itu, kamu boleh makan apa saja. Asal, harus ingat rumus pentingnya. Kalau kamu memilih makan dengan protein hewani, maka jangan sandingkan dengan nasi atau karbohidrat lain. Kenapa? Keduanya membutuhkan enzim cerna yang bekerja dalam suasana berbeda. Jadi mengkonsumsi protein hewani dan karbohidrat bersamaan akan ‘mengacaukan’ pencernaan kita. Intinya, protein hewani dimakan bersama dengan sayur-sayuran saja, utamanya sayur segar atau mentah, misalnya salad.

Bagaimana kalau ingin makan karbohidrat seperti nasi? Boleh saja, asal imbangi dengan protein nabati contohnya tahu, tempe, berbagai kacang-kacangan dan tetap ditemani sayur-sayuran.

Untuk hasil yang optimal, kamu harus makan dengan porsi dan posisi yang tertib!

makan dengan tertib via pexels.com

Agar pengaturan makanan yang telah dilakukan itu berjalan optimal, biasanya kaum food combiner juga memperhatikan tata tertib makan. Misalnya, makan harus dengan duduk tenang. Soalnya, dalam posisi tersebut, organ-organ cerna dinilai berada dalam kondisi siap untuk melaksanakan fungsinya.

Masalah jumlah kunyahan juga sering mendapat perhatian. Dianjurkan mengunyah hingga 30-70 kali. Kalau males menghitung, pastikan makanan yang kamu kunyah sudah dalam bentuk lembut seperti bubur saat ditelan.

Ini dia yang paling menyenangkan dalam food combining; kamu boleh makan sekenyang yang kamu mau!

kenyang! via pexels.com

Inilah hal sangat menyenangkan dari food combiningPenganut food combining tak perlu takaran atau timbangan untuk makanan yang dikonsumsi. Mereka dianjurkan makan sampai cukup kenyang. Kenyang disini maksudnya rasa kenyang yang nyaman di perut, atau rasa kenyang yang wajar. Bukan sampai begah atau membuatmu susah bergerak, ya!

Mudah, ‘kan? Asal kamu mengikuti aturan mainnya, badan yang ideal dan lebih ‘enteng’ bakal cepat kamu rasakan. Bonusnya, berat badan idaman juga bakal kamu punya. Gimana, tertarik buat mencoba?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya