Sebagai cewek yang concern sama penampilan, munculnya satu jerawat itu bagaikan ancaman. Bukan masalah apa-apa, jerawat di wajah itu bisa membuat penderitanya minder, bahkan ogah buat keluar rumah. Mungkin kamu pun merasa demikian. Ya, inilah yang dirasakan sebagian besar cewek, dikala wajahnya sedang ‘terganggu’ alias berpotensi memunculkan jerawat; masa PMS, terkena debu seharian dan lain sebagainya.

Tapi, pernahkah kamu sedikit melihat dari kebiasaanmu setiap harinya? Apakah kamu sudah benar-benar berusaha agar jerawat tak muncul lagi dan lagi? Terakhir, apakah kamu sudah secara total menjaga kesterilan ke-9 benda ini?

1. Coba cek, terakhir kali kamu mengganti sarung bantal itu kapan. Bukannya bikin tidur nyenyak, ini malah bisa jadi sarang kuman

bantalmu gimana? via brit.co

Bantal adalah salah satu benda yang hampir setiap hari bersentuhan dengan tubuh, terutama wajahmu. Wajahmu yang secara langsung menempel di bantal ketika tidur inilah yang bisa berpotensi menimbulkan jerawat, karena bakteri-bakteri bekas keringat serta debu yang memang tak terlihat.

Idealnya, kamu WAJIB mengganti sarung bantal 1 minggu sekali, agar benda empukmu tadi nggak jadi lahan kesukaan bakteri.

2. Begitu pula dengan sprei, kamu harus rutin menggantinya (maksimal) 2 minggu sekali

Advertisement

sprei kotor via blog.downlinens.com

Meski wajahmu lebih banyak menempel di bantal ketika tidur, kuman-kuman penyebab jerawat di sprei masih mungkin untuk hinggap ke wajah cantikmu. Pada akhirnya, kamu lah yang harus teliti, yakni dengan rajin mengganti sprei paling tidak 2 minggu sekali. Ini juga wajib lho, ya.

3. Helm; sarang kuman yang berasal dari debu dan polusi! Segera bersihkan dan cuci!

Coba bayangkan jika helmmu tidak pernah dibersihkan atau dicuci. Kolaborasi antara debu, polusi, keringat dan bakteri akan leluasa mengotori wajahmu dan menyebabkan berbagai masalah di kulit wajah, terutama jerawat membandel. So, pilihan kembali ada di tanganmu!

4. Buatmu yang berhijab, menjaga kebersihan dengan mencucinya setiap setelah pakai adalah solusi, biar jerawat nggak berani mampir lagi

hijab via youtube.com

Sama seperti helm dan bantal, keringat, debu dan polusi yang bercampur di permukaan kain hijab juga bisa membuat wajahmu jadi ‘sarang’ jerawat.

5. Spons bedak pun tak kalah ‘ngerinya’. Hampir sebagian besar masalah jerawat muncul dari sini jika SAMA SEKALI tak pernah dicuci

spons bedak via glamour.com

Terlihat sepele dan nggak berguna memang. Tapi, mencuci spons bedak setiap 2 minggu sekali itu sebenarnya harus rutin kamu lakoni. Agak ribet? Ya, memang. Namun kamu yang menyayangi wajahmu pasti akan dengan ikhlas melakukannya, meski repot dan terkesan kurang kerjaan.

Logikanya, jika setiap hari kamu bersentuhan dengan bedak, spons ini bisa menjadi sarang kuman dan debu karena sifatnya yang mudah menyerap apapun.

6. Nggak cuma spons, kuas bedak pun harus kamu perlakukan sama. Yakni, cuci setelah 2-3 minggu dipakai!

brush make-up via makeupandbeautymayhem.com

Khusus untukmu yang hobi pakai foundation, BB Cream atau krim-krim lainnya menggunakan kuas, pencuciannya SANGAT WAJIB untuk dilakukan. Bukan cuma keringat dan debu, bahan-bahan kimia dari krim kesayanganmu tadi bisa ‘menjamur’ dan menyebabkan jerawat parah, bahkan meradang.

7. Bukan dicuci atau dilap, kamu cukup menjaga jarak antara handphone dengan pipi serta wajahmu!

jaga jarak dengan HP! via shannyinthecity.com

Sadar atau nggak, sering menerima telepon itu juga berpotensi bikin jerawatan. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan memakai headset, atau paling tidak jaga jarak antara handphone dan wajahmu supaya tingkat kekotorannya tak berbalik menempel ke wajahmu.

8. Bagaimana dengan masker? Sahabat pengendara motor ini juga tak boleh kamu sepelekan kebersihannya

masker via pinterest.com

Idealnya, kamu harus mencuci masker 3-4 hari sekali, agar debu dan kawan-kawannya nggak menyumbat pori-pori kulit wajahmu.

9. Terlihat sepele tapi besar dampaknya; kebersihan mukena!

mukena via instagram.com

Sama dengan hijab, mukena yang tak pernah bersentuhan dengan dunia luar juga berisiko menjadi sarang bakteri. Cucilah 1 bulan sekali, agar tampilannya selalu bersih sekaligus wangi. Bukankah ibadahmu semakin sempurna jika kamu cukup jeli seperti ini? 🙂
Jadi intinya, kamu jangan banyak berharap bahwa krim atau perawatan mahalmu itu akan membabat habis jerawat, jika kebersihan ke-9 benda tadi masih sering kamu sepelekan. Kelihatannya lebay dan berlebihan, tapi inilah sebenar-benarnya perawatan, demi tampilan wajah yang selama ini kamu impi-impikan. Cheers!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!