Kamu mungkin sering merasa kesulitan mencari sepatu yang nyaman. Biasanya waktu dicoba pertama kali nyaman-nyaman saja, tapi setelah dipakai jalan beberapa jam malah bikin lecet. Alas kaki yang sudah kamu idam-idamkan sejak lama, ternyata gagal jadi sepatu kesayangan setelah membelinya. Gara-gara lecet dan nggak muat, sepatu barumu cuma disimpan di dalam kardusnya saja. Mubazir sekali ya.

Untuk itu, kamu sebaiknya memperhatikan hal-hal apa saja yang nggak boleh terlewat saat mau beli sepatu. Mulai dari kulitnya, model, hingga harganya perlu kamu ketahui supaya nggak menyesal belakangan. Simak 7 tips berikut ini biar kamu nggak salah pilih sepatu dan bikin kamu nyaman.

1. Kamu harus yakinkan mau beli sepatu apa biar nggak mubazir. Jangan asal ingin saja yang sebetulnya kamu nggak butuhkan banget

misalnya sepatu ini via us.puma.com

Satu hal pasti yang perlu kamu yakinkan sebelum beli sepatu yaitu ketahui jenis sepatu apa yang memang kamu butuhkan. Hal ini untuk memudahkanmu saat mencari sepatu di toko. Misalnya kamu jadi bisa langsung menuju ke bagian flat shoes atau high heels. Kalau kamu hanya mengandalkan anggapan ‘asal ketemu sepatu yang menarik di mata saja’, bisa jadi mubazir. Karena ternyata kamu nggak perlukan banget dan jarang kamu gunakan.

2. Ketahui ukuran dan bentuk kaki. Biar nggak asal pilih dan sesuai dengan kaki kamu

ketahui ukuran dan bentuk kaki kamu via www.tumblr.com

Advertisement

Kamu tentu tahu kalau ukuran dan bentuk kaki itu nggak boleh sampai terlewat saat memilih sepatu. Misalnya kamu memilih sepatu hanya berdasarkan ukurannya yang pas saja. Padahal bentuknya yang lebar atau memanjang perlu kamu perhatikan juga, toh belum tentu cocok saat kamu kenakan.

3. Periksa bahan sepatu apakah sakit di kaki atau tidak. Kamu juga bisa pilih bahan seperti apa yang anti air sehingga nggak merepotkanmu ketika musim hujan

pilih bahannya via www.pexels.com

Selain ukuran dan bentuknya, kamu harus periksa bahan sepatu terbuat dari apa. Ini penting untuk mengetahui alas kaki yang kamu beli bakal bikin sakit atau tidak. Kamu pun perlu pikirkan juga bahan sepatu yang kamu pilih apakah nanti anti air atau tidak. Ini penting kalau menghadapi musim hujan biar tetap bisa kamu gunakan.

4. Perhatikan model sepatu yang kamu pilih. Kalau kakimu melebar, maka jangan paksa memakai sepatu yang modelnya menyempit

perhatikan modelnya via www.aliexpress.com

Kamu jangan langsung terbuai dengan tampilan sepatu. Modelnya yang cantik belum tentu cocok dikenakan sama kaki kamu. Kadang malah bikin kaki kamu jadi terlihat aneh. Kalau kaki kamu melebar, maka pilih sepatu yang lebar bagian sampingnya. Jangan sebaliknya, yaitu malah beli sepatu yang modelnya menyempit.

5. Jangan langsung percaya sama tempelan ukurannya. Karena ukuran setiap merek sepatu beda-beda

pilih yang nyaman via www.yournextshoes.com

Kalau lagi terburu-buru kamu suka asal memilih sepatu. Kamu hanya mengutamakan ukurannya tanpa mencoba dulu. Padahal, ukurannya yang sama belum tentu akan muat dengan kaki kamu. Biasanya setiap merek, jenis, dan model sepatu itu beda-beda ukurannya. Jadi, kamu harus mencoba dulu ya.

6. Cek kaki kamu saat mencoba sepatu pada bagian depan dan belakang. Dari sana kamu bisa pertimbangkan apakah sepatunya kesempitan atau nggak

cek bagian depan dan belakang via chasingrainbowskissingfrogs.blogspot.co.id

Cara untuk mengecek kaki kamu nyaman atau tidak dengan sepatu baru yaitu mencobanya. Kamu harus tekan-tekan bagian depan sepatu seperti bagian jempol dan jari-jari kaki. Kalau terasa sangat pas, itu berarti sudah kesempitan. Begitupun dengan bagian belakang sepatu yang masih ada rongganya.

7. Cari warna sepatu yang pas di kulit dan netral agar mudah dipadupadankan

warna netral via stylecaster.com

Biar sepatu kamu nggak mubazir dan bisa dipakai tanpa memedulikan padu padan busana, kamu bisa pilih alas kaki yang warnanya netral. Hal ini dipercaya bikin kamu nggak perlu pusing memerhatikan penampilan. Mau pakai baju warna apapun kamu nggak repot mix and match dengan alas kaki. Warna-warna seperti hitam, putih, dan beige pas kamu pilih untuk sepatu.

Mencari alas kaki seperti sepatu yang nyaman dan nggak bikin menyesal di akhir memang nggak mudah. Kamu butuh waktu cukup lama memilihnya. Oleh karena itu, 7 tips tadi perlu kamu terapkan biar sepatu yang kamu beli selalu bisa dipakai ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya