Punya lengan bergelambir memang jadi hal yang ‘nggak banget’, khususnya bagi cewek. Apalagi kalau suka pakai baju tanpa lengan, lemak di tangan bisa terekspos dengan jelas. Pola makan yang asal-asalan dan jarang olah raga adalah penyebab utama lenganmu yang bergelambir. Wah wah…

Nah, demi mendapatkan lengan sehat nan kencang, rajin olahraga dan mengubah pola hidup adalah kunci utamanya. Ini nih, Hipwee Tips kasih bocoran gerakan-gerakan pengencang lengan bergelambir yang bisa kamu coba di rumah…

Sebagai awalan, lakukan gerakan memutar tangan sebanyak 50 kali seperti di gambar. Asal rutin, pasti hasilnya maksimal

Putar tanganmu via www.newhealthadvisor.com

Gerakkan tanganmu ke arah depan secara memutar kecil sebanyak 50 kali. Kalau sudah, balik gerakan memutar ke belakang sebanyak 50 kali juga. Ulangi gerakan ini setiap pagi setelah bangun tidur, biar tanganmu nggak bergelambir. Gerakan ini nggak cuma bagus untuk otot lenganmu, tapi juga berguna untuk otot bahu dan punggungmu.

Gerakan push up selalu efektif untuk lengan yang bergelambir. Buat cewek, cukup pakai knee push up saja

knee push up via verifiedchoice.com

Advertisement

Push up biasa kadang terlalu berat untuk cewek, terutama yang jarang olah raga. Tapi, kamu bisa praktikan knee push up agar lebih ringan dan gampang.

Caranya hampir sama kayak push up biasa, kedua tangan ditumpukan ke lantai, tapi kali ini bukan ujung kaki yang jadi tumpuan belakang melainkan lulut. Kamu bisa lipat kakimu dan jadikan lutut sebagai tumpuannya.

Kalau knee push up masih terlalu berat buatmu, coba close-grip wall push up. Kamu nggak perlu berbaring, cukup push up di dinding.

Pakai tembok via www.prevention.com

Tumpukan kedua tanganmu ke dinding dengan kaki berdiri lurus. Lalu tekukan tanganmu ke dinding sampai tumit kaki sedikit terangkat. Gerakannya jadi seperti push up tapi di dinding. Nggak akan seberat push up kok, tapi tetap membakar lemak gelambirmu.

Rutin angkat dumbel juga bisa jadi solusi lengan bergelambir, kamu bisa ganti dumbel dengan botol air yang terisi penuh.

dumbell bisa diganti botol via ijumynesyla.comoj.com

Ini adalah gerakan paling sederhana, cukup memakai dumbel dengan berat ringan yang mampu kamu angkat. Kalau nggak punya dumbel, bisa diganti dengan dua botol air yang terisi. Pegang dumbel atau botol air pada setiap tangan, sejajarkan pada bahu lalu angkat sampai atas kepala. Lakukan gerakan itu berulang-ulang selama satu menit setiap hari.

Gerakan sederhana seperti gunting ini ampuh untuk lenganmu yang besar.

Buat gerakan seperti gunting via www.thefitindian.com

Pertama, kamu harus berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar, buka dan angkat juga tanganmu setinggi bahu. Bagian kedua, kamu akan membentuk tangan dan kakimu seperti gerakan gunting yang sedang memotong. Geser kedua tanganmu secara menyilang, gerakkan juga kaki kananmu ke samping membentuk gerakan menyilang. Setelah itu kembali ke posisi semula, dengan gantian kaki kiri yang ke kanan. Lakukan terus berulang secara rutin setiap hari agar lenganmu mengencang.

Coba gerakan bench dips biar lenganmu lebih kencang dan kuat. Nggak perlu repot, kamu cuma butuh kursi saja

Bisa pakai kursi via www.reddit.com

Sebaiknya pakai kursi yang kuat, biar nggak gampang bergeser atau patah, karena kursi ini bakal jadi tumpuan berat badanmu. Letakkan kursi di belakangmu lalu luruskan kaki ke depan, gunakan dua tangan untuk bersandar di kursi. Tekukan siku sampai 90 derajat, tubuhmu akan sedikit terangkat pada posisi ini. Lalu angkat tubuhmu dengan meluruskan sikumu sampai tubuh terangkat lebih tinggi. Lakukan secara berulang-ulang selama 15 kali.

Kalau kamu rutin melakukan gerakan itu setiap hari, nggak perlu waktu lama untuk menghilangkan gelambirmu. Biar olah ragamu nggak sia-sia, kamu juga harus jaga pola makan. Banyak mengonsumsi sayur dan makanan berserat bisa mempercepat hilangnya gelambirmu. Selamat mencoba!