Kalau bicara tentang mulus atau tidaknya kulit, kadang kamu jadi galau lantaran punya tanda lahir pada salah satu bagian tubuh. Bukannya ganggu aktivitasmu, hanya saja kamu jadi nggak percaya diri karena tanda lahir sering dijadikan bahan bully-an. Imbasnya, kamu minder dan berpikir bahwa tanda lahir itu sebuah aib.

Tapi nyatanya, nggak sebegitu seramnya, kok. Banyak yang menganggap bahwa memiliki tanda lahir itu sebuah anugerah karena dipercaya membawa keberuntungan. Hipwee Tips pun sudah merangkum beberapa fakta soal tanda lahir yang nantinya akan membuatmu tahu, bahwa tanda lahir bukan alasan untuk nggak pede atau malu. Ya, begini penjelasannya…

1. Tanda lahir ada karena pertumbuhan pembuluh darah yang sedikit nggak normal. Tapi ini bukan masalah, kok

dari lahir juga udah ada via www.wom.my

Kamu tentu pernah bertanya-tanya kenapa nggak semua orang punya tanda lahir. Pertanyaan itu pun juga pernah kamu ucapkan ketika melihat bayi yang memilikinya. Adanya tanda lahir sejak lahir ini disebabkan oleh pembuluh darah yang terkumpul, yakni pertumbuhan yang nggak normal serta adanya pigmen tambahan pada kulit.

Tanda lahir sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yakni tanda lahir vaskular (akibat pembuluh darah) dan tanda lahir pigmen.

Advertisement

Kalau kamu yang mana? Cari tahu lebih lanjut yuk pada poin selanjutnya!

2. Tanda lahir berwarna cokelat mirip kopi ini pun ada penjelasannya. Apa kamu juga memilikinya?

ada yang coklat via kawaiibeautyjapan.com

Mungkin kamu sering lihat orang-orang sekitar punya tanda lahir berwarna gelap, mulai dari hitam pekat, agak hitam, keabu-abuan, hingga cokelat. Tanda lahir jenis ini berasal dari adanya pigmen tambahan yang terdapat pada kulit. Dan macamnya pun terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu tahi lalat besar, noda kopi, dan bintik Mongolia.

Tanda lahir yang berupa tahi lalat besar ini umumnya muncul sejak bayi baru dilahirkan dan ukurannya beragam. Biasanya, tahi lalat ini bakal menghilang seiring berjalannya waktu, namun nggak jarang juga ada yang sebaliknya – makin pekat warnanya dan membesar.

Untuk tanda lahir jenis noda kopi juga demikian, yaitu warnanya bakal memudar atau makin pekat lantaran terkena sinar matahari. Sedangkan tanda lahir jenis Mongolia umumnya muncul pada bayi yang berkulit gelap dan ada pada bagian bokong atau punggung bawah. Tapi, nggak jarang juga muncul di bagian tubuh lainnya.

3. Bukan cuma hitam atau gelap, tanda lahir pun ada yang berwarna kemerah-merahan

warnanya cerah via sereniety.blogspot.co.id

Selain warna gelap, tanda lahir juga ada yang berwarna cerah seperti warna stroberi atau salmon. Tanda lahir jenis ini termasuk ke dalam tanda lahir vaskular yang disebabkan oleh pembuluh darah terkumpul. Tanda lahir vaskular terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu tanda stroberi, ciuman malaikat dan noda anggur.

Nah, untuk tanda lahir stroberi ini nama medisnya hemangioma infantil, berbentuk seperti bercak merah pada kulit menyerupai buah stroberi. Tapi warnanya akan terlihat biru maupun ungu, jika pembuluh darahnya menyerang ke bagian lebih dalam di bawah kulit. Di sisi lain, tanda lahir ciuman malaikat warnanya salmon – bercak berwarna merah muda dan biasa muncul di antara alis, kelopak mata atas, bibir atas, atau belakang leher.

Kalau tanda lahir ciuman malaikat bisa hilang begitu saja tanpa perawatan, sedangkan tanda lahir berupa noda anggur biasanya bersifat permanen dan makin membesar.

4. Kalau tanda lahirmu memang mengganggu, kamu perlu ke dokter untuk dapat penanganan medisnya. Ini nih ciri-ciri tanda lahir yang perlu diperiksa

periksakan biar tahu bahaya atau nggak via health.kompas.com

Salah satu hal yang membuat tanda lahir itu wajib diperiksa ke medis yaitu, saat udah mengganggu aktivitasmu.

Beberapa di antaranya yakni tanda lahir stroberi dan noda anggur yang jika makin besar, maka bikin kamu nggak nyaman. Terutama kalau terletak di sekitar mata, mulut, dan hidung. Selain itu, ada juga tanda lahir yang bisa membahayakan kesehatan seperti yang berpotensi kanker dan mengganggu saraf serta aliran darah.

Hal ini terjadi pada tanda lahir berupa noda kopi yang terletak pada tulang punggung bagian bawah. Daripada kenapa-kenapa, lebih baik perisakan ke dokter ya untuk mengetahui lebih lanjutnya, ya!

5. Jika tidak mengganggu, tanda lahir tak perlu membuatmu galau. Beberapa orang percaya bahwa ini simbol keberuntungan

kalau nggak ganggu ya cuek saja lagi via www.vebma.com

Pada dasarnya setiap orang nggak sempurna, dan ada saja kekurangannya. Jika kamu punya tanda lahir dan merasa itu merupakan sebuah kekurangan, wajar kalau kamu minder.

Tapi, tahukah kamu kalau orang yang punya tanda lahir mencerminkan kehidupannya yang penuh kebahagiaan?

Hal ini karena tanda lahir yang terletak di dekat mulut, pipi kanan, dan di bawah payudara dianggap sering menghasilkan kebahagiaan dan membawa keberuntungan dalam hidup. Ini tanda lahir jenis apapun lho, nggak khusus satu atau dua jenis tanda lahir. Hayoooo, coba cek lagi tanda lahirmu kayak gimana.

6. Karena nyatanya, banyak kok yang pengen punya tanda lahir berupa tahi lalat karena ingin dianggap manis 🙂

tahi lalat via instagram.com

Udah bukan rahasia lagi kalau sebenarnya tanda lahir seperti tahi lalat banyak yang menginginkannya. Tahi lalat dipercaya sebagai “pemanis” dan penambah kesan seksi bagi seseorang, terutama para cewek.

Oleh karena itu, kamu yang punya tanda lahir jangan lagi minder atau senewen lagi, karena pada kenyataannya banyak yang ingin memiliki. Yuk ah syukuri!

Kalau tanda lahir memang bikin kamu merasa nggak pede karena ukuran, bentuk, bahkan mengganggu penampilan, kamu boleh saja kesal atau uring-uringan. Tapi, setelah tahu 6 fakta tadi, apakah ada cara lain selain mensyukurinya? 🙂