Kalau mendengar kata sumpit, kamu pasti langsung berpikir bahwa di situ ada mie ayam, sushi atau makanan lain yang identik dengan benda khas Negeri Sakura ini. Tapi, pernah kah kamu mendeskripsikan sumpit sebagai benda yang punya banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari? Sebagai tusuk rambut atau penjepit jemuran, misalnya. Hahaha, ya memang ini kenyataannya.

Inilah 10 kegunaan lain dari sumpit selain untuk makan mie ayam, atau nusuk mantan dari belakang….

1. Dengan menyusunnya menjadi beberapa rangkaian, sumpit bisa menjadi sandaran buat gadget-mu

buat sandaran gadget via zedomax.com

Mungkin gadget-mu butuh sandaran ketika kamu lelah menggenggamnya. Daripada mengorbankan tanganmu, mending buat sandaran dari kreasimu. Sesi mendengarkan musik pun lebih asik tanpa harus menggenggamnya. Cukup letakkan di sandaran yang terbuat dari sumpit yang disatukan. Kamu bisa menyatukannya dengan lem besi untuk perekat maksimal.

2. Berkat keruncingannya, sumpit pun bisa kamu pakai buat membersihkan kotoran di sepatu

ada yang nyelip? via www.rodalesorganiclife.com

Advertisement

Ini khusus buat kamu yang memiliki sepatu dengan sela-sela besar di bawah solnya. Tanpa repot dan mengotori tanganmu, sumpit juga bisa mengusir batu atau tanah di sela sepatu. Tapi setelahnya jangan dipakai lagi untuk makan, ya.

3. Agar tampilan lampumu nggak membosankan, pakai saja susunan sumpit sebagai rumah-rumahan

hiasan lampu atau lampion boleh juga via buyrentorsellva.wordpress.com

Buat kamu yang bosan dengan lampu meja yang gitu-gitu aja, saatnya menambahkan hiasan di atasnya. Tumpuk selang-seling hingga sumpit menyerupai kurungan. Lalu letakkan lampu di dalamnya. Nggak cuma bisa jadi lampu, kamu pun bisa mengisinya dengan lilin aroma terapi favoritmu.

4. Sesi menjemur juga akan lebih menyenangkan, kalau jepitan bajumu terbuat dari dua sumpit yang direkatkan

jemuranmu pun anti-mainstream via www.instructables.com

Potong setengah bagian sumpit, lalu ikat dengan karet di persilangannya. Jemuranmu bakal kelihatan anti-mainstream dengan DIY sumpit ini. Jadi, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli jepit jemuran. Dijamin sesi menjemurmu pun makin asyik!

5. Nggak akan ada lagi tanaman pot yang tumbuh tak teratur berkat sumpit yang kamu jadikan penahan

tumbuhnya terarah guys via www.rodalesorganiclife.com

Buat kamu yang hobi berkebun dan berkutat dengan dunia tumbuhan. Kadang bingung membuat tanaman kecilmu tumbuh terarah. Sumpit yang dianggurin pun bisa jadi solusinya. Tancapkan sumpitmu di tempat kamu ingin membentuk arah tumbuhnya. Jika tanamanmu mulai tinggi, tumpuk sumpit ke atas dan ikat dengan karet atau tali.

6. Buat alas makan atau tatakan panci juga bisa. Gini nih caranya…

alas alat makan biar terlihat manis via loexie.wordpress.com

Letakkan sumpitmu berjajar, lalu ikat dengan tali di tiap batangnya. Pastikan kamu mengikatnya dua kali dengan erat agar tidak lepas. Tatakan makanan ini pun bisa menghiasi meja makan atau pelengkap alat dapur untuk tempat panci panas. Bisa juga jadi inspirasi kamu yang mau buka restoran, biar pelangganmu lebih asik makan nantinya.

7. Kamu suka penghijauan? Sumpitmu bisa jadi penutup pot tanaman

dililit kertas sedikit, jadi hiasan pot via www.mbribik.com

Balut sumpitmu dengan kertas kado atau kertas majalah bekas. Rekatkan dengan lem yang kuat untuk menegakkannya. Susun hingga membentuk hiasan penutup pot sesuai selera. Trik ini bisa membuat potmu tertutup manis.

8. Biar makin unik, membentuk sumpit menjadi bulatan seperti toples akan jadi kegiatan yang paling asyik!

box unyu untuk tempat aksesorismu via loexie.wordpress.com

Sumpitmu bisa digabungkan dan dibentuk menjadi sebuah kotak penyimpanan. Siapkan karton tebal yang digulung untuk bagian dalamnya. Bentuk karton sesuai dengan bentuk box yang kamu inginkan. Balut bagian luarnya dengan sumpit yang telah kamu potong sesuai tinggi box. Jangan lupa ditambah hiasan biar makin klasik, ya.

9. Manfaatkan bentuk sumpit yang runcing dan panjang sebagai alat untuk mengeriting rambut. Murah dan mudah!

lilit sedikit lalu putar via spoonuniversity.com

Kamu bisa membuat sumpitmu jadi alat ampuh untuk membentuk rambut. Ambil sumpit dan pelintir dengan sedikit rambutmu. Diamkan beberapa waktu agar gelombang terbentuk sempurna, lalu ulangi di beberapa bagian rambut hingga gelombang kecil-kecil pun muncul.

10. Teknik French Twist untuk mempermanis rambut juga bisa dibentuk lewat sumpit. Wah, keren!

french twist dari sumpit via alldaychic.com

Sudah pernah dengar French Twist? Hair do satu ini bisa jadi pilihan untuk menghadiri acara formal. Membuatnya pun sangat simpel, karena kamu tak perlu ke salon serta membayar mahal. Gini nih caranya…

Sisir rambutmu ke arah samping, lalu ikat longgar dengan karet kecil. Silangkan sumpit dan letakkan ikatan rambut di tengahnya. Putar ke belakang dengan arah berlawanan dengan ikatan. Rekatkan dengan jepit agar terlihat lebih sempurna.

Gimana? Ajaib ‘kan si sumpit ini? Selamat mencoba, ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!