Warga Bali dibuat geger setelah tersiar kabar adanya balita berusia 3 tahun meninggal dunia karena tersedak saat sedang makan ketupat sayur. Balita tersebut tak bisa selamat dan meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit terdekat. Tragis, karena tersedak adalah sebuah kejadian yang sangat mungkin terjadi pada semua orang baik anak-anak hingga orang tua. Namun nyatanya, hal tersebut memang benar-benar dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Belum lama ini anak komedian Komeng juga mengalami hal serupa dan sudah dinyatakan meninggal saat sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit. Masih ingat tentang lomba makan ayam yang diselengarakan oleh rumah makan cepat saji berhadiah Rp 5M? Bukannya menjadi ajang yang seru dan menyenangkan, salah satu pesertanya justru harus meregang nyawa karena tersedak saat sedang mengikuti lomba tersebut. Lagi-lagi, nyawanya tak bisa diselamatkan saat dalam perjalanan menuju rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Apa yang sebenarnya terjadi saat tersedak sampai bisa membahayakan nyawa seseorang?

Inilah apa yang seharusnya terjadi via slideplayer.com

Tenggorokan memiliki dua saluran, yaitu saluran pernapasan dan saluran untuk makan, yang dipisahkan oleh sebuah katup bernama epiglotis. Normalnya, saat menelan, saluran napas akan tertutup oleh katup epiglotis tersebut sehingga makanan atau minuman yang masuk akan langsung menuju ke saluran makan.

Namun, beberapa hal seperti berbicara, bercanda dan tergesa-gesa saat makan membuat saluran napas akan terangkat dan mengakibatkan makanan yang seharusnya masuk ke saluran makan bisa masuk ke saluran napas. Hal inilah alasan mengapa ‘hanya’ tersedak saja bisa sangat membahayakan nyawa seseorang

4-5 menit saja saluran napas tertutup makanan, otak bisa langsung mati. Itulah mengapa rata-rata korban tersedak meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit

Advertisement

Bisa menyumbat saluran pernapasan via style.tribunnews.com

Ketika seseorang tersedak, napas akan terhambat dan tak ada oksigen yang bisa masuk ke dalam paru-paru. Sementara asupan oksigen tak terpenuhi dengan baik, hal ini akan sangat berpengaruh pada otak. Otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan mulai mati dalam waktu 4 sampai 5 menit. Untuk itu, ketika seseorang tersedak, sangat disarankan untuk segera diberikan pertolongan. Jika tidak, hal ini bisa meningkatkan risiko kematian.

Lakukan metode berikut sebagai pertolongan pertama saat ada orang yang tersedak. Ternyata bukan malah memberi minum, lho!

Pertolongan pertama pada orang yg tersedak via yousifvjkoller.blogspot.co.id

Pemberian air minum bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi tersedak. Air minum hanya bisa dipakai untuk melancarkan makanan yang masuk ke saluran makanan, tapi jika sudah tersedak di mana makanan atau minuman justru masuk pada saluran pernapasan, cairan yang masuk tersebut malah bisa menghambat udara.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada orang yang mengalami tersedak, yaitu:

Metode Five and Five

  1. Berdirilah di belakang korban dan bungkukkan badan ke depan
  2. Dengan pangkal telapak tangan, pukul punggung korban 5 kali secara kuat
  3. Posisiku ibu jari di atas pusar korban dan tarik dengan kedua tangan sebanyak 5 kali
  4. Ulangi langkah-langkah di atas sampai makanan keluar

Manuver Heimlich

  1. Berdirilah di belakang korban dan pegangi korban dengan kedua tangan pada bagian sekitar pinggang
  2. Bungkukkan badan korban ke depan
  3. Kepalkan tangan sedikit di atas pusar dan pegang dengan tangan yang lain
  4. Tekan perut korban dan gerakkan tangan ke arah atas
  5. Bila makanan belum keluar, ulangi setidaknya lima kali

Bagaimana kalau kita yang tersedak dan sedang dalam kondisi sendirian? Inilah yang bisa dilakukan

Tersedak saat sendirian via megapolitan.kompas.com

  1. Kepalkan tangan kanan dan arahkan ibu jari ke arah badan di bawah iga atau di atas pusar.
  2. Gunakan tangan kiri untuk memegang pergelangan tangan kanan. Setelah itu, sentak ke arah atas dengan cepat dan kuat.
  3. Bila memungkinkan, badan bisa dimiringkan ke ujung atau pinggiran meja. Lalu, dorong perut ke arah pinggiran meja tersebut.

Jika tersedak terjadi pada bayi, video ini bisa menunjukkan apa yang seharusnya dilakukan

Ternyata, pesan orang tua untuk duduk tenang dan tidak bersenda gurau saat makan ada benarnya juga. Nyatanya, hal sepele seperti tersedak nggak bisa lagi kita abaikan efeknya. Di beberapa negara bahkan anak-anak sejak tingakt SD sudah diberitahukan cara pertolongan pertama yang harus dilakukan saat ada teman atau orang lain yang tersedak. Mereka benar-benar tahu betul bahayanya.

Semoga kejadian naas yang menimpa beberapa orang ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita sendiri bahwa makan pun sebaiknya dilakukan dengan tenang dan tertib. Apalagi kalau sambil lihat smartphone. Kalau tiba-tiba dapat berita kalau mantan nikah duluan dan bikin kamu tersedak, bagaimana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya