Kamu pernah dengar kata altruisme? Altruisme adalah lawan dari egoisme. Altruisme berarti pandangan yang mementingkan orang lain di atas diri sendiri.

Sebagai manusia, kita pasti lebih sering menuruti egoisme kita. Contohnya aja pas berkendara di jalan raya, kita pasti lebih suka didahulukan dari pada mendahulukan orang lain. Alasannya buru-buru, capek, bete. Padahal, ada banyak orang lain mengalami hari yang lebih berat daripada kamu.

Yuk simak gimana cara mudah menularkan semangat positif kepada orang lain.

1. Senyum

Senyum dulu dong via www.wallsave.com

Yep. Senyum. Gak susah kan? Di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia aja ada acara senyum sambil joget-joget berjam-jam kok, kenapa tersenyum ke orang lain aja susah?

Advertisement

Meski kesannya sepele, tapi senyum punya efek yang dahsyat lho. Menurut penelitian, tersenyum aja bisa membuat kamu lebih positif dan bahagia. Dan senyum itu gratis kan? Melemparkan senyum kamu untuk orang lain bisa  menularkan semangat positif dan membuat harinya jauh lebih baik.

2. Pesan pengingat

Kata-kata sederhana bisa berarti besar via www.thenerdyteacher.com

Sebuah catatan pengingat kecil yang sederhana yang bisa bikin hari seseorang lebih baik lho. Catatan kecil bernada positif semacam: “Semangat ya, kamu bisa!” atau “Terima kasih buat kerja kerasnya :)” yang kamu berikan bisa mengembalikan semangat positif mereka.

Kamu bisa menggunakan secarik kertas seperti Post-it atau kalau jauh kamu juga bisa mengirim pesan singkat lewat ponsel atau email. Rasanya senang kan kalo ada yang memikirkan kita?

3. Memberi bunga

Pemberian kecil bisa berarti besar via www.zastavki.com

Memberi sekuntum bunga segar pada seseorang bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi perasaan bete. Dan hiasan bunga segar di atas meja ternyata bisa membantu kita lebih rileks dan lebih produktif.

4. Melayangkan pujian

Lu hebat, Bro! via justsomething.co

Mereka yang mengalami hari yang berat, pikirannya terbebani dengan hal-hal yang negatif. Memberikan pujian yang gak mengada-ada akan memberikan kesadaran mereka bahwa ternyata ada juga hal baik yang telah mereka lakukan. Lewat pujian, kamu bisa mengembalikan mereka ke trek pemikiran yang positif.

5. Memeluk

Beri pelukan hangat via siditty.blogspot.com

Ketika seseorang yang kamu kenal sedang mengalami hari yang berat, sebuah pelukan darimu bisa mengembalikan suasana hatinya lho. Saat berpelukan, tubuh kita melepaskan hormon oksitosin yang bikin perasaan kita jadi lebih nyaman. Hormon ini juga mampu meningkatkan rasa keterikatan dan kepercayaan.

6. Memberi jalan

Numpang lewat, Mas! via gayahidup.plasa.msn.com

Nah, ini penting nih. Tindakan simpel ini bisa berarti banget bagi orang lain. dan bisa dilakukan dengan beragam cara.

Bila kamu melihat ada kendaraan atau orang yang hendak menyeberang saat kamu berkendara di jalan, berhentilah sejenak untuk memberi kesempatan mereka untuk menyeberang. Mengorbankan waktu kita beberapa detik mungkin bisa membantu mereka menghemat waktu beberapa menit untuk menyeberang. Coba bayangkan bagaimana perasaanmu bila tak ada kendaraan yang mau mengalah, padahal kamu sedang terburu-buru ke rumah sakit?

Selain itu, tindakan sederhana seperti menahan pintu kantor atau lift untuk orang lain bisa saja menjadi bantuan besar dan mengembalikan senyum mereka.

7. Mentraktir

Traktir dia secangkir kopi. via blessedandfitturbo.blogspot.com

Sesekali membelikan seseorang yang kamu tahu sedang mengalami hari yang buruk untuk secangkir kopi gak ada salahnya kan? Pemberian kecil dari kamu bakal memberikan sedikit kebahagiaan di hati untuk mengobati kekecewaan yang mereka alami.

Altruisme berarti kita menganggap kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaan kita juga. Dan jika kita sedang senang atau bahagia, apa salahnya menularkan kebahagiaan kamu ke orang lain yang mungkin hari itu gak seberuntung dirimu? Toh, kebahagiaan kita gak berkurang bila dibagikan ke orang lain, justru kita akan semakin bahagia.

Jadi, sudahkah kamu berbagi kebahagiaan hari ini?