Memasuki usia dewasa, jangan dikira urusan tumbuh gigi sudah selesai. Ada yang namanya gigi bungsu yang tumbuh saat menginjak usia 18 – 25 tahun. Meski tak jarang ada juga yang mengalaminya di usia 25 tahun ke atas, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Bukan karena tidak ada giginya, tapi para manusia beruntung itu giginya memang tersembunyi dan tidak tumbuh dengan sakit. Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh.

Tumbuhnya gigi bungsu ini biasanya menimbulkan masalah. Pasalnya, cara tumbuhnya itu kadang harus menembus gusi dan gigi di depannya, sehingga dapat menyebabkan rasa ngilu, nyeri, bahkan bisa sampai sakit luar biasa. Kalau kamu pernah bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, kayaknya pendapatmu akan berubah begitu merasakan nyerinya sakit saat gigi bungsu tumbuh. Kok bisa ya? Apa sih yang bikin jadi nyeri? Yuk simak penjelasannya dari Hipwee Tips berikut ini!

Gigi geraham bungsu yang muncul akan terasa sakit karena gigi ini ‘merobek’ gusi

Sakiiiit banget 🙁 via caraobatisakitgigi.blogspot.co.id

Salah satu penyebab timbulnya rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh adalah karena gigi tersebut ‘merobek’ gusi untuk terus tumbuh. Setelah itu, bisa juga muncul peradangan dan membuat pipi terlihat sedikit bengkak.

Selain itu, posisi gigi yang sudah ada juga memengaruhi proses tumbuhnya si gigi bungsu tersebut

Begini posisinya via sakinahms.blogspot.co.id

Advertisement

Biasanya nyeri dan bengkak gusi saat gigi bungsu tumbuh juga disebabkan karena tidak adanya ruang yang cukup untuk tumbuh sehingga gigi bisa tumbuh miring, mendorong gusi bagian atas, dan membuat gusi tergigit saat makan. Pada usia yang sudah terbilang dewasa, ke-28 gigi manusia telah berderet rapi memenuhi gusi. Gigi bungsu akan terhimpit, muncul sebagian saja, atau tumbuh di bagian sudut gusi.

Jika gigi bungsu tumbuh miring dan berdampak pada susunan gigi lain, tindakan yang harus dilakukan adalah operasi

Dicabut giginya via m.tempo.co

Tenang, ini cuma operasi kecil kok. Tapi, untuk sampai pada keputusan ini, dokter biasanya meminta kita untuk rontgen panoramic gigi terlebih dahulu untuk mengetahui posisi gigi yang sudah ada dan kemiringan gigi bungsu yang sedang tumbuh. Jika dirasa akan menganggu dan perlu tindakan, maka operasi yang disebut dengan operasi odontektomi dilakukan.

Biasanya dokter akan memberikan obat bius dan antibiotik sebagai cara menghilangkan sakit gigi geraham bungsu tersebut dan untuk mencegah infeksi berkepanjangan pada pasien. Nah, ketika rasa sakit sudah mulai mereda dan kebas, maka akan dilakukan penanganan lebih lanjut dengan mencabut gigi geraham bungsu tersebut.

Tumbuhnya gigi bungsu ini normal dan pasti akan dialami semua orang. Bedanya ada pada proses. Nggak semua sakit dan nggak semua perlu diambil tindakan

Ngilu via www.fimela.com

Yap, ada juga yang tidak merasakan nyeri sama sekali saat gigi bungsu tumbuh. Ini terjadi jika gigi bungsu tumbuh dengan baik (tidak miring) sehingga tidak mendesak gigi yang sudah ada. Ada pula yang tetap merasakan sedikit ngilu tanpa perlu tindakan serius (operasi/cabut gigi). Ngilu yang dirasakan cukup bisa diobati dengan obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat.

Jadi, penyebab sakit gigi geraham yang muncul ketika tumbuh gigi bungsu sebenarnya normal terjadi. Rasa sakit tersebut muncul karena ‘desakan’ gigi geraham yang merobek bagian gusi. Jika dirasa sangat mengganggu dan rasa nyeri tak kunjung hilang, segera bawa ke dokter gigi agar dilakukan penangan yang tepat.

Jadi bagaimana? Masih berpikir kalau sakit gigi lebih baik dari sakit hati?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya