Lagi sedih banget gara – gara ditolak?

Udah sedihnya jangan lama – lama gitu donk! Hipwee ada kabar gembira nih buat kamu yang lagi sedih gara – gara ditolak. Sebenarnya ditolak itu ada untungnya juga lho, jadi harusnya kamu gak perlu sedih berlarut – larut saat habis ditolak.

Nah, di bawah ini ada 8 keuntungan yang bisa kamu dapetin saat kamu ditolak. Cek satu – satu yuk!

1. Ditolak Akan Membuatmu Berusaha Lebih Keras dan Lebih Baik Lagi

memperbaiki diri via www.jasonvana.com

Apa yang kamu lakukan setelah kamu ditolak seperti ini?

Advertisement

“Anda bagus, tapi kami rasa Anda kurang cocok dengan kriteria kami”; “Maaf, tapi kami rasa Anda bukan orang yang kami cari”; atau “Kamu baik sih, tapi aku cuman nganggep kamu teman…Maaf ya…”

Ya, ditolak emang sakit broh! Tapi sayang banget kalau kamu terus ngegalau, putus asa, nyumpah – nyampah serapah, dan nyalahin orang lain, duh! Jadi STOP lakukan itu deh! Daripada gitu mending kamu gunakan penolakan ini untuk introspeksi diri. Cari kesalahan dan kekuranganmu itu dimana.

Jadi sebelum nyalahin orang lain mending kamu cari salahmu dulu, siapa tahu memang ada yang salah sama dirimu.

2. Ditolak Mengingatkan Kita Bahwa Kita Hanya Manusia

kita hanya manusia via www.quickandpowerful.org

Kadang penolakan perlu kita alami hanya untuk sekadar pengingat bahwa kita hanyalah manusia. Ya, kita manusia biasa yang hanya bisa berencana, tanpa bisa menetapkan. Jadi tak perlu sombong dan pongah saat menjalani hidupmu, guys!

3. Ditolak Itu Bikin Sabar Dan Tabah

Ditolak itu bikin sabar via kepikiranbarusan.files.wordpress.com

Ketika ditolak itu rasanya emang sakiiit banget, jadi kehilangan harapan, hari – harimu tak lagi cerah, wajahmu jadi diselimuti mendung, yah pokoknya seolah dunia ini runtuh gitu deh!

Tapi penolakan ini sebenarnya membantu kita buat jadi sabar dan tabah lho?! Kamu bisa saja enggak selalu dapetin apa yang kamu mau saat itu juga, tapi dengan usaha dan keyakinan kamu pasti bisa dapetin apa yang kamu inginkan.

Jadi jangan gampang nyerah gara – gara ditolak ya, guys!

4. Ditolak Bisa Membuka Jalan Lain

Penolakan bisa menunjukkanmu jalan lain via isabelafreitas.com.br

Apa sih maksudnya jalan lain?

Maksudnya gini lho, ditolak itu bisa jadi adalah salah satu cara hidup untuk menunjukkanmu ada banyak opsi yang bisa kamu pilih di dalam hidupmu. Atau mungkin hidup ingin memberi tahumu bahwa ada jalan yang lebih baik yang bisa kamu lewati.

Jadi kalau misalnya kamu ditolak gebetanmu, jangan ragu cari gebetan baru, jangan ragu untuk jatuh cinta lagi, dan jangan ragu juga ungkapin cinta lagi, siapa tahu kali ini memang benar ketemu sama jodohmu. Hehehe.

5. Ditolak Membuat Kita Memikirkan Ulang Tujuan Kita

Memikirkan ulang tujuan kita via www.kimconstable.com

Disaat kita bimbang untuk menentukan jalan mana yang kita pilih, penolakan bisa jadi jawaban buat galaumu itu, lho!

Contohnya gini kamu udah lulus SMA dan mau lanjutin kuliah. Passion kamu sebenarnya musik, tapi kedua orang tuamu ingin kamu masuk ke ekonomi. Karena bermaksud nyenengin orang tua, kamu daftar deh ke jurusan ekonomi, udah daftar kemana – mana tapi tetep nggak diterima.

Nah, terkadang penolakan seperti ini memaksa kita untuk memikirkan kembali tujuan kita. Apakah masih tetap lanjut nyoba daftar di ekonomi atau terjun aja ke dunia musik?

6. Ditolak Melebarkan Cara Berpikirmu

penolakan melebarkan cara berpikirmu via i.huffpost.com

Penolakan memberi kita waktu untuk berhenti sejenak untuk memikirkan apa yang telah kita abaikan saat kita kita terlalu fokus pada pekerjaan idaman kita atau gebetan – gebetan kita, dan berpikir bahwa itu adalah satu – satunya cara agar kita bahagia.

Penolakan ini akan mengubah caramu untuk memandang tujuanmu, mimpimu, dan apa yang harus kamu lakukan untuk mencapainya. Kalau tidak bisa jadi pasangan ya setidaknya bisa berteman, kalau tidak bisa jadi PNS jadi karyawan swasta atau jadi pengusaha juga bukan hal yang buruk kan?

7. Ditolak Membuatmu Lebih Kuat

ditolak membuatmu ebih kuat via farm7.staticflickr.com

Seperti besi yang harus ditempa untuk berguna, maka percayalah bahwa ditolak adalah salah satu cara yang diberikan kehidupan agar kamu menjadi lebih kuat lagi dari dirimu yang sebelumnya. Dan seperti pepatah yang bilang bahwa apapun yang tidak membunuhmu akan membuatmu bertambah kuat.

8. Dan Kesimpulannya, Ditolak Adalah Kesempatan Yang Mendewasakanmu

ditolak adalah kesempatan yang mendewasakanmu via i.huffpost.com

Jadi guys, kau gak usah malu dengan segala penolakan yang kamu dapatkan. Baik itu dalam hal asmara, studi, beasiswa, kerjaan, atau usahamu. Mulai kini pandanglah penolakan sebagai hal positif yang terjadi dalam hidupmu. Hal positif yang sanggup mendewasakanmu, meng-indahkanmu, dan membuatmu menjadi manusia yang lebih baik dari dirimu yang sebelumnya.

Keep positive yo!