Setiap mahasiswa akan merasakan dilema ini pada waktunya. Setelah bertahun-tahun bergelut dengan tugas kuliah dan skripsi, kamu dinyatakan lulus pendadaran dan hanya tinggal menunggu wisuda. Tapi, kampus sudah menentukan bahwa wisuda yang paling dekat baru akan digelar beberapa bulan lagi. Kamu pun terserang status “tak jelas”: mahasiswa bukan, pengangguran juga bukan. Nah, daripada masa penantian ini kamu isi hanya dengan bengong saja, gak ada salahnya kamu manfaatkan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan-kegiatan apa saja sih?

1. Kamu bisa curi start dengan melamar kerja dari sekarang. Banyak perusahaan mau menerima karyawan yang hanya tinggal menunggu wisuda.

Sambil menunggu wisuda, kamu bisa mulai daftar kerja via imgarcade.com

Setelah lulus kuliah, gak sedikit yang memilih untuk mencari pekerjaan. Daripada menunggu ijazah, kamu justru bisa curi start dengan melamar pekerjaan jauh-jauh hari. Karena faktanya, gak sedikit perusahaan yang mau menerima karyawan sudah menyelesaikan skripsi dan hanya perlu menunggu hari wisuda.

Jika mau sedikit bersiasat dan rajin memasukkan surat lamaran kerja, mungkin kamu bisa beruntung mendapatkan pekerjaan kamu akan terhindar dari status pengangguran setelah wisuda. Atau jika kamu tak lolos seleksi dalam pekerjaan, setidaknya kamu pernah menjajal dan lebih menguasai bagaimana seleksi-seleksi pekerjaan nanti. Nah, daripada hanya berdiam diri, mencari pekerjaan jauh-jauh hari bukannya lebih baik?

2. Di masa penantian ini, banyak temanmu yang sudah pergi dan kamu akan rentan kesepian. Daripada begitu, mending ikut les bahasa!

Belajar bahasa asing sembari menunggu wisuda via www.budayamukti.com

Advertisement

Jika pendadaran sudah kelar, revisi sudah khatam, dan semua persyaratan sudah lengkap, maka kamu hanya ongkang-ongkang kaki menunggu hari perayaan digelar. Gak jarang kamu akan diserang rasa bosan jika waktu penantian hingga berbulan-bulan. Daripada hanya bengong, sekarang kamu bisa manfaatkan untuk menambah kemampuan dan kualitas dirimu. Misalnya dengan belajar bahasa baru. Mungkin selama ini kamu berharap bisa melanjutkan kuliah di Prancis, maka manfaatkan waktu ini untuk belajar bahasa Prancis. Atau mungkin kamu berharap bisa bekerja di perusahaan Korea, maka belajarlah bahasa dari sekarang.

Apapun alasannya, belajar bahasa baru tidak akan merugikanmu. Kamu justru bisa mendapatkan nilai plus dengan skill baru yang kamu puya. Jadi, kamupun akan lebih siap menghadapi masa depan dengan kemampuan yang kaya.

3. Kamu berencana melanjutkan s2? Maka mengambil les atau tes TOEFL/IELTS bisa kamu lakukan sekarang juga.

Ikut tes preparation via foyleinternational.wordpress.com

Gak sedikit dari kita yang memutuskan untuk melanjutkan sekolah master setelah lulus sarjana. Terkadang kamu harus punya sertifikat kemampuan bahasa Inggrismu. Nah, agar persiapanmu makin matang, gak ada salahnya kamu mengambil tes dari sekarang. Atau jika kamu perlu “pemanasan” sebelum ambil tes, maka sekarang saatnya kamu bisa ambil les preparation.

Tak ada tuntutan tugas kuliah dan pekerjaan kantor yang membuat pikiranmu bercabang kemana-mana. Maka, waktu yang lengang selama menunggu wisuda akan membuatmu lebih maksimal dalam menjalani tes bahasa. Selain itu, lamanya hasil tes keluar juga tak akan membuatmu merasa panik saat deadline pendaftaran kuliah di depan mata. Karena kamu sudah mempersiapkannya dari sekarang. Apakah kamu mau mendaftarnya dari sekarang?

4. Status “menunggu wisuda” kadang juga membuatmu merasa tak enak minta uang jajan pada orangtua. Bekerja part time adalah solusinya

Kerja part time nunggu wisuda via www.specialtycoffee.nl

Berstatus mahasiswa hampir lulus seringkali juga membuatmu merasa tak enak hati untuk meminta uang jajan dari orangtua. Kegiataanmu yang “tak jelas” juga membuatmu merasa berat sat harus merepotkan orangtua. Misalnya terkadang kamu diberi uang saku untuk membayar fotokopian, sekarang sudah tak perlu memfotokopi apa-apa. Atau kamu juga bisa meminta uang jajan untuk ikut aktivitas kampus, sekarang kamu justru sering di kost tanpa pekerjaan yang jelas.

Nah, daripada diam saja di kamar, kamu bisa bangun dan mencari pekerjaan. Tak harus pekerjaan tetap, kamu bisa melamar pekerjaan paruh waktu. Mungkin menjadi pengajar privat, shopkeeper, atau mungkin menjadi penulis freelance. Tanpa perlu merasa susah, kamu bisa mendapatkan uang tambahan untuk hidupmu sendiri.

5. Sebelum makin sibuk bekerja atau meraih mimpi selanjutnya, kunjungi orangtua atau saudara agar hidupmu makin bermakna.

Kunjungi keluarga via barumaubikin.wordpress.com

Kesibukan selama kuliah terkadang membuatmu jauh dari keluarga. Mungkin kamu kuliah di luar kota atau bertahun-tahun sibuk dengan kegiatan organisasi. Hingga kamu lupa menjaga silaturahmi dengan saudara atau anggota keluarga yang jauh darimu. Nah, tanpa harus bingung melakukan apa saat menanti upacara wisuda, inilah saatnya kamu berkunjung ke tempat saudara.

Mungkin kamu punya kakak yang sudah dua tahun tak berjumpa, maka kamu bisa mengunjunginya sekarang. Atau mungkin kamu sudah bertahun-tahun berkunjung ke rumah kakek di pedalaman, inilah saatnya kamu packing dan pergi kesana. Selain silaturahmi tetap terjaga, jalan-jalan juga bisa membuat pikiranmu tetap segar.

6. Daripada hanya tidur di kost, datangi saja event atau  seminar agar pikiranmu lebih terbuka.

menghadiri seminar via whyquantumphysicists.com

Waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik seringkali justru membuatmu terjerat dalam pikiran negatif. Jadi, daripada hanya berdiam diri di rumah atau di kost, maka gak ada salahnya kamu manfaatkan untuk mengunjungi event-event atau seminar yang digelar di kotamu. Kamu bisa mencari informasi di media sosial atau pengumuman di kampusmu.

Mungkin selama ini kamu punya passion soal energi, maka datangilah lokakarya yang membahas itu semua. Atau mungkin kamu punya minat dalam berbisnis online, manfaatkanlah seminar untuk meraup ilmu tentang itu. Dengan cara ini, waktu luangmu akan lebih produktif dan pikiranmu lebih terbuka.

7. Merencanakan traveling bersama teman-teman bisa jadi pilihan yang seru. Tapi, pastikan kamu sudah menabung dari jauh-jauh hari ya.

Traveling bareng sebelum wisuda via www.kaskus.co.id

Jika selama ini kamu sudah disibukan dengan skripsi yang membuatmu tak sempat bersenang-senang, maka waktu menunggu wisuda adalah momen yang pas untuk merasa bebas dengan jalan-jalan. Kamu bisa merencanakan traveling bersama teman-temanmu ke tempat-tempat seru. Mungkin kamu dari dulu ingin mengunjungi gunung Semeru atau berenang di Pantai Ora, maka sekarang saatnya kamu bergegas kesana.

Waktu luang harus kamu pergunakan dengan maksimal, karena gak jarang kamu akan susah jalan-jalan kalau sudah bekerja nanti. Nah, agar kamu tak perlu merepotkan orangtua, pastikan kamu sudah menabung dari jauh-jauh hari, ya.

Waktu luang adalah investasi yang harus kamu manfaatkan dengan baik. Maka, kegiataan yang positif wajib kamu lakukan agar waktumu tak mati. Nah, tanpa harus bingung mau berbuat apa atau hanya berdiam diri di rumah, 7 kegiatan ini bisa kamu lakukan agar penantian wisudamu menjadi lebih bermakna. Dijamin, kebahagiaan dan rasa legawamu akan lebih maksimal saat upacara wisuda nanti.

Semoga berhasil!