Kalo kamu seorang seniman, desainer, penulis, maupun pekerja kreatif lainnya, pasti gak asing lagi sama yang namanya creative block atau aral kreatif. Bakal kacau bila kamu tiba-tiba mengalami kebuntuan ide di saat pekerjaanmu sedang membutuhkan kreativitasmu sekarang juga. Mau dipaksain juga tetap aja inspirasi gak keluar.

Hei, gak usah kuatir. Sebenarnya kamu bisa kok mengembalikan kreativitasmu dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1. Pergi jalan-jalan

Jalan-jalan dulu via blog.wisewords.co

Jalan kaki ke taman di sekitar tempat tinggal atau tempat kerjamu bisa membantumu lepas dari aral kreativitas. Jelajahi tempat-tempat yang mungkin belum pernah kamu lewati sebelumnya, mungkin kamu akan menemukan objek-objek asik atau kejadian menarik.

Dengan berjalan-jalan dan mengganti pemandangan, kamu membebaskan pikiranmu dari ruang-ruang sempit di tempat kerjamu, sehingga lebih mudah buat mendapatkan inspirasi. Menurut penelitian, pergi jalan-jalan bisa meningkatkan kemungkinan memperoleh inspirasi kreatif dibandingkan bila kamu duduk bengong aja dibelakang meja kerjamu.

2. Baca buku yang menarik

Advertisement

Novel menyuntik pikiranmu dengan imajinasi via www.utne.com

Saat kreativitasmu mulai tersumbat, ada baiknya kamu mengambil satu novel yang belum sempat kamu baca dan tenggelamkan dirimu ke dalam sana. Membaca buku fiksi yang menarik bisa menyegarkan imajinasimu sehingga memudahkan kamu untuk menggali kembali kreativitasmu.

3. Cari keringat

Jogging dulu biar pikiran lancar via www.blisstree.com

Berolahraga juga bisa membantu kamu memecahkan aral kreatif lho! Jika tubuh kamu bergerak dan darah mengalir cepat, pikiran kamu bisa jauh lebih santai. Dengan pikiran yang santai kamu lebih mudah untuk menggali ide-ide segar.

4. Melamun

Siapa bilang melamun gak bermanfaat? via doctorrossandgreer.com

Melamun? Kenapa Enggak? Ketika otakmu udah buntu buat menemukan pemecahan suatu masalah, tinggalkan sejenak dan biarkan pikiran kamu melayang bebas. Saat melamun, otakmu sebenarnya tetap bekerja untuk menemukan pemecahan masalah kok, bahkan terkadang kamu bisa menemukan solusi yang kreatif lewat pemikiran bawah sadarmu.

Kamu juga bisa melamun sambil memandang langit biru. Menurut penelitian, warna biru membantu melepaskan imajinasimu lho!

5. Memikirkan hal-hal yang membahagiakan

Mikir yang asik-asik yuk! via www.netstrategies.com

Ide-ide kreatif paling mudah muncul saat mood kita lagi bagus. Stres menurunkan mood kamu sehingga menghambat proses kreatif. Cobalah berhenti sejenak agar rileks dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan untuk memperbaiki mood kamu.

Oiya, jangan sekali-sekali memikirkan hal yang negatif, seperti kamu gak bisa dan sebagainya. Stres memang memicu pikiran negatif, tapi berusahalah tetap sadar bahwa suasana hati kamu penting untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

6. Menulis jurnal

Tuangkan pikiranmu. via www.killadj.com

Memindahkan segala hal yang memenuhi kepalamu ke atas kertas bisa membantumu untuk mengatasi aral kreativitas dengan berbagai cara. Jangan terlalu memikirkan apa yang akan kamu tuangkan ke dalam jurnal, biarkan semua itu mengalir bebas. Ide yang kamu perlukan akan datang dengan sendirinya.

7. Brainstorming

Brainstorming via www.thinkthru.info

Melakukan brainstorming bareng rekan-rekanmu atau bahkan sendirian mendorong kamu untuk menemukan bermacam kemungkinan untuk memecahkan suatu masalah atau merumuskan ide, bahkan solusi yang bodoh sekalipun. Setelah menuliskan semua hal yang terlintas di kepala ke atas kertas, kamu bisa meninjau ulang segala opsi yang berhasil kamu dapatkan dan bisa mulai menentukan opsi terbaik.

8. Menikmati kegaduhan

Keriuhan di sekitarmu bisa memberi inspirasi via scooppost.com

Gaduhnya orang-orang di sekelilingmu saat kamu berada di sebuah kedai kopi mungkin mengganggumu, tapi suasana riuh rendah itu juga bisa membantumu lepas dari aral kreatif. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup menyimak sesekali, karena kegaduhan itu bisa menuntun kamu menuju ide-ide segar yang sangat kamu butuhkan.

9. Keluar dari zona nyaman

Nyoba slackline? via photovide.com

Oke, kamu terjebak dengan pola pikir yang itu-itu aja, ada baiknya kamu mencoba hal-hal baru yang mungkin sudah lama ada di daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan. Coba hobi baru, traveling, ketemu dengan orang-orang baru, maupun beruji nyali dengan melakukan hal-hal yang sedikit ekstrim atau di luar kebiasaan kamu. Pikiranmu pasti bakal fresh deh!

10. Tidur

Capek? Tidur dulu aja. via www.huffingtonpost.com

Kenapa aliran kreativitas kamu tersumbat? Mungkin kamu lelah. Tidur dan lupakan sejenak kerjaanmu. Kadang yang kamu perlukan sebenarnya cuma kesempatan untuk mendinginkan kepalamu yang panas karena terlalu banyak berpikir. Tidur adalah perangsang kreativitas yang paling mudah.

11. Isi cangkirmu yang kosong

Buat secangir kopi via www.babyshmizz.com

Oke, mungkin kamu dikejar tenggat waktu dan gak sempat melakukan semua hal di atas. Cobalah hal sederhana ini: buatlah secangkir kopi. Nikmati proses menyeduh kopi tanpa perlu merasa terburu-buru. Proses membuat minuman merupakan pelarian singkat yang efektif untuk melepaskan pikiranmu dari stres. Kalo ada, siapkan juga sedikit cemilan, kamu kan butuh glukosa untuk berpikir.

12. Ganti Pemandangan

Ganti pemandangan via hogtowngazette.com

Kalo selama ini kamu bekerja di tempat yang sama terus menerus, pikiranmu juga akan terkungkung dan kreativitasmu akan mudah tersumbat. Kenapa gak mencoba bekerja di tempat yang berbeda? Kamu bisa mencari tempat di mana kamu bisa memandang kejauhan. Hmm, mungkin malah sekalian jalan-jalan ke luar kota?

Nah, mudah-mudahan kamu berhasil membuka keran kreativitas yang tersumbat. Semoga sukses!