Berbeda dengan para cewek yang terbiasa memasukkan dompet ke dalam tas atau hanya menentengnya saat bepergian, cowok hanya akan menaruh dompet di saku celana belakangnya. Para cowok ini nggak mau repot, menurut mereka, saku celana belakang sudah jadi tempat yang paling strategis untuk menaruh dompet agar mudah mengambilnya.

Di sisi lain, posisi dompet yang bertepatan di bagian bokong ini akan mengganggu, terutama saat duduk. Sadarkah kalian, para cowok, kebiasaan menaruh dompet di saku celana belakang ternyata berisiko. Bukannya rawan kecopetan, risiko yang ini nggak main-main, karena saraf belakangmu yang jadi taruhannya! Gini nih penjelasannya…

Kelainan saraf yang disebabkan karena kebiasaan menaruh dompet di saku belakang, dijuluki hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy

nyeri panggul sampai kaki via www.axismethod.com

Seperti dilansir dari Mens Health, Stuart McGill, Ph. D., profesor biomekanik tulang belakang dari University of Waterloo, Kanada, mengungkapkan bahwa kebiasaan ini bisa mempengaruhi saraf-saraf tubuh seperti tekanan pada sendi panggul dan punggung bawah.

Gejala umum yang dirasakan biasanya adalah rasa nyeri dari panggul ke paha yang disebabkan oleh saraf terjepit (sciatica). Padahal, saraf panggul merupakan saraf terpanjang yang ada di tubuh, dimulai dari pinggul dan bawah tulang belakang ke bagian belakang kaki.

Advertisement

Dari sini, wallet-neuropathy ini juga dikenal sebagai bentuk neuropati sciatica. Gejala lain yang dikeluhkan adalah nyeri pada bokong yang menjalar ke kaki.

Kondisi ini akan diperparah jika kamu duduk terlalu lama sementara bokongmu terganjal dompet di saku belakang. Nah lho!

parah lagi pas duduk via www.urbanairship.com

Sadar nggak? Postur ini bukanlah postur alami manusia ketika duduk, sehingga dapat memicu peradangan pada saraf yang tertekan, bahkan menimbulkan gejala kesemutan hingga nyeri punggung bawah. Penjelasannya begini:

  • Saat kamu duduk dengan dompet di saku belakang, maka kamu akan cenderung duduk miring dan tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul. Padahal, ketidakseimbangan ini secara nggak sadar melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf.
  • Dompet yang mengganjal tersebut akan menekan saraf belakang saat kamu duduk. Kondisi ini bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, dan akan berlanjut saat kamu berjalan, duduk atau berbaring.
  • Kondisi ini menyebabkan posisi tulang belakang menjadi nggak sejajar. Secara nggak sadar, hal ini akan membuat bahumu merosot. Leher, punggung dan bahumu akan nyeri juga.

Nah, untuk menghindari risiko gangguan saraf pada tulang belakang, kamu bisa terapkan cara-cara ini

pindah deh via www.bexargoods.com

  • Lakukan sedikit peregangan sebelum duduk.
  • Keluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk meskipun nggak tebal.
  • Letakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas.
  • Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga nggak mengganggu saraf dan struktur tulang dan ototmu berfungsi dengan benar.
  • Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan nggak memperburuk keadaan.

Coba deh, mulai sekarang kamu lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan tubuhmu sendiri. Kalaupun kamu nggak mengalami keluhan apapun, sebaiknya tetap menghindari kebiasaan menaruh dompet di saku belakangmu, ya!

Nah buat kamu para cewek, coba sadarkan teman atau pacarmu untuk senantiasa berhati-hati. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya