Akhir bulan tiba dan uang di dompetmu hanya tinggal beberapa lembar saja? Yes, hampir semua orang pernah mengalaminya.

Ketika hal mengenaskan semacam itu datang, kamu pasti langsung sedih dan uring-uringan. Apalagi buatmu yang belum bekerja, soal uang yang tinggal selembar dan malu buat meminta orang tua seakan menjadi sebuah bencana. Jangankan kepikiran makan enak, mau beli es teh saja pikir-pikir karena saking irit dan mepetnya. Atau, kamu bela-belain makan mie instan seminggu berturut-turut karena takut nggak bisa beli bensin atau jika ada kebutuhan lain yang juga butuh pengeluaran.

Well, ternyata nggak sengenes yang kamu kira, kok!

Hipwee Tips punya beberapa bocoran soal alternatif-alternatif makanan yang bisa kamu jadikan penyelamat di akhir bulan, supaya ususmu nggak keriting karena kebanyakan mie instan. Check it out!

1. Walau nggak begitu mengenyangkan, pengganti mie instan terbaik ya susu sereal! Murah, tapi gizinya melimpah

Advertisement

Harga satu bungkus susu sereal: Rp 1.580,-

Susu sereal mungkin pilihan mainstream sih selain mie instan. Tapi kalau dilihat dari nilai gizinya, makanan plus minuman instan ini cukup lumayan buat memanjakan pencernaan. Berdasarkan informasi nilai gizi di balik bungkusnya, kamu bisa mendapatkan kalsium lebih tinggi dari susu sereal, dibandingkan mie instan sejumlah 5 persen. Cukup mengenyangkan juga, lho!

Dalam satu penyajian, susu sereal mengandung 130 kalori dengan total lemak 4 g, kolesterol 0 g, karbohidrat 24 g, protein 1 g.

2. Kudapan yang semula tenar di luar negeri ini sekarang sudah mulai akrab dengan kantong kita yang pas-pasan. Yup, satu porsi sereal

Sereal via priceonomics.com

Harga satu bungkus sereal: Rp 9.900/90 gr (nggak sekali makan)

Karena sereal ini bisa kamu jadikan camilan juga, menyantapnya nggak harus pakai susu, kok. Paling tepat kalau dimakan saat sarapan, karena nggak akan bikin kamu ngantuk saat di kampus atau di kantor. Urusan kenyang, sereal ini sih juara. Harga dan cara bikinnya juga nggak bikin kantongmu ‘sesak nafas’.

3. Bubur instan pun tak kalah juaranya! Murah, kenyang dan bergizi

Bubur instan via affordorable.com

Harga satu bungkus bubur instan: Rp 2.900,-

Bubur instan kemasan yang dijual di pasaran sudah cukup beragam dari berbagai macam merek. Harganya yang terjangkau, menjadikan bubur instan sebagai salah satu makanan lain pengganti mie instan yang cukup favorit.

Tapi kalau kamu ingin mendapatkan nilai gizi yang lebih jangan puas hanya dengan menyeduhkanya saja, kamu harus berani menambahkan topping yang bergizi seperti tahu, tempe atau sayur-mayur.

4.  Kalau sudah mepet, belilah roti bungkusan di warung-warung sebagai penyelamat

Roti via 100ita.com

Harga satu bungkus roti: Rp 1.000,- sampai Rp 3.500,-

Makanan yang kaya akan karbohidrat ini paling cocok untukmu yang butuh banyak energi untuk menjalani hari. Soal harga sih nggak perlu ditanyakan lagi, banyak sekali produk-produk roti lokal yang harganya ramah di kantong tanpa berkurang kualitas rasa maupun gizinya.

Meski familiar, roti sering kali terlupakan dari daftar pilihan makanan alternatif di akhir bulan. Jangan lupa periksa tanggal kadaluarsanya dulu ya sebelum membeli!

5. Makanan sehat kekinian; oatmeal! Pengganti nasi dan ramah buat kantong di akhir bulan

Oatmeal via simplebites.net

Harga satu bungkus oatmeal: Rp 1.800,-

Makanan kaya serat ini sering digunakan untuk pengganti nasi, terutama buat mereka yang sedang diet atau mengalami gangguan pencernaan. Kamu yang uangnya sedang tipis pun bisa mengonsumsinya, karena harganya cenderung murah dan penyajiannya juga cukup mudah. Kandungan gizinya cukup lengkap dari serat, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan juga lainnya.

6. Tak ‘se-murahan’ yang dikira, makan gorengan dengan porsi secukupnya ternyata ada faedahnya juga

Harga gorengan: Rp 2.000,- / 3 buah

Kamu mungkin berpikir kalau gorengan itu berminyak, tidak sehat karena kebanyakan dijual di pinggir jalan dan tidak ada nilai gizinya. Padahal kalau kita pikir-pikir lagi soal bahan yang digunakan untuk membuatnya, gorengan juga punya nilai gizi, lho!

Tempe goreng misalnya, dibuat dengan bahan dasar kedelai yang kaya akan protein, bakwan juga dibuat dengan aneka macam sayuran yang tak kalah nilai gizinya. Intinya sih pinter-pinter kau milihnya saja, kamu bisa beli dua ribu untuk dimakan bersama nasi yang kamu masak sendiri. Jangan berlebihan alias secukupnya saja.

7. Sering nggak terpikirkan, sebungkus biskuit gandum pun bisa menyelamatkanmu di akhir bulan dengan kondisi uang yang pas-pasan

Harga satu bungkus biskuit: Rp 5.900,- / pack

Kalau dilihat dari harga per bungkusnya, mungkin terkesan lebih mahal dari yang lain. Tapi, kalau dilihat berapa jumlah isinya dan keawetan jumlahnya sebagai persediaan makanan, maka biskuit adalah pilihan terbaik. Rasanya yang enak, kandungan gizinya yang cukup, dan bisa dimakan tanpa nasi serta tanpa dimasak adalah sederet keuntungan dari mengonsumsi biskuit.

8. Siapa yang bakal menolak sensasi nasi kucing yang mengenyangkan, walau harganya cuma 1000-an

nasi kucing via diahdidiskitchen.com

Harga nasi kucing Rp. 1.000,- / pcs

Gimana nggak hemat kalau satu bungkus nasi kucing sudah berisi lauk beserta sambalnya yang enak dan bikn nagih? Nah, kamu bisa mengakali dilema akhir bulanmu dengan menyantap nasi kucing ini di siang atau malam harinya. Jangan kuatir nggak sehat, itu cuma sugesti. Hihi 🙂

Tenang, akhir bulan dengan uang pas-pasan bukan akhir dari segalanya, kok. Dunia ini masih luas untuk sekadar memenuhi hasrat makan dan minummu. Don’t worry be happy!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!