Bangun pagi bisa menjadi cobaan terberat dalam hidupmu. Apalagi jika kamu ada kuliah pukul 7 pagi. Kamu harus melawan rasa kantuk yang begitu hebat supaya bisa segera membuka mata. Kadang juga kamu tidak rela karena rasanya mata ini baru terpejam sekejap saja. Kasur pun menjadi tempat ternyaman di dunia dan kamu enggan beranjak darinya.

Memang perjuangan untuk bangun pagi itu tidak mudah. Belum lagi saat kamu sudah terbangun, kamu masih harus melawan rasa malas karena harus memulai rutinitas lagi. Nah, agar kamu bisa bangun pagi lebih cepat dan bisa langsung merasa segar untuk mengikuti kuliah jam 7 pagi, coba deh lakukan hal-hal ini!

1. Sayangi staminamu dengan tidur minimal 8 jam sehari. Supaya kamu lebih segar saat harus bangun pagi

biasakan tidur lebih awal via www.thenutritionpost.com

Waktu tidur normal bagi orang dewasa rata-rata 7-8 jam per harinya. Ya, waktu tersebut merupakan waktu ideal bagi manusia dewasa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas kamu akan mendapat banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya lebih segar, lingkaran hitam di bawah matamu juga akan menghilang. Selain itu, tidur yang berkualitas juga akan membuat suasana hatimu lebih terjaga.

Dengan tidur yang berkualitas kamu juga akan mendapat banyak manfaat lainnya. Tidur mampu memacu kreatifitasmu karena dapat memperkuat komponen emosional memori pada otak. Selain itu kamu juga bisa terhindar dari stress dan depresi.

2. Jika tak punya waktu lama untuk memejamkan mata jangan lupa matikan TV dan lampu sebelumnya. Kegelapan akan memberimu tidur berkualitas jawara

Advertisement

biasakan matikan lampu via www.aceshowbiz.com

Apakah kamu hobi terlelap dengan TV yang masih menyala serta lampu yang tidak dipadamkan? Jika iya, segera ubah kebiasaan itu sekarang juga. Menurut penelitian, tidur dengan lampu padam bisa mencegah penyakit kanker. Ya, menurut ahli biologi Joan Robert, tubuh dapat menghasilkan hormon melatonin hanya ketika tidak ada cahaya. Hormon inilah yang nantinya mampu mencegah serta memerangi penyakit kanker.

Selain itu, mematikan lampu kamu juga disarankan untuk memadamkan televisi. Supaya hormon melatonin yang dihasilkan tubuh bisa lebih maksimal. Tidak hanya tubuhmu yang akan sehat dan segar saat bangun nanti, kamu pun bisa menghemat energi.

3. Kalau besok kamu ada kuliah jam 7 pagi jangan tidur siang dulu hari ini. Biarkan tubuhmu lelah hingga tidur lebih cepat malam nanti

hindari tidur siang via www.vemale.com

Supaya mendapatkan tidur yang nyenyak di malam harinya, kamu bisa menghindari tidur pada siang hari. Selain tidur malammu lebih berkualitas, kamu juga akan merasa mengantuk lebih cepat. Jika kamu memiliki insomnia atau gangguan tidur, tidur siang sangat tidak disarankan buatmu.

4. Hindari makan berat sebelum tidur demi tidur yang makin nyenyak

Jangan makan berat malam sebelumnya via www.linkedin.com

Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat kamu sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak bisa nyenyak atau bahkan hal ini akan membuatmu insomnia. Di sisi lain, tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuhmu lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. Dan hindari minuman berkafein serta beralkohol.

5. Agar kamu punya alasan untuk beranjak bangun, letakkan alarm di tempat yang jauh dari tempat tidur

letakkan alarm di tempat yang agak jauh via thoughtspresso.wordpress.com

Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidurmu itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, kamu bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya (atau snooze sampai bego) dan kemudian tidur lagi.

Nah, agar alarmmu bisa berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu sehingga mau tidak mau kamu harus bangun dan mencarinya serta mematikannya saat alarm berdering. Sekali kamu beranjak dari tempat tidur, biasanya kamu sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

6. Ganti dering alarm dengan lagu favorit atau lagu dengan irama lembut supaya kamu tidak bangun dengan terkejut

alarm dengan musik favorit atau musik berirama lembut via www.huffingtonpost.com

Bunyi dari jam weker atau alarm ponselmu terkadang sangat menganggu dan bisa membuatmu bangun dalam keadaan yang terkejut sehingga bisa membuatmu merasa tidak segar bahkan tidak mood. Hal ini berbahaya karena bisa merusak suasana hatimu di sisa hari.

Lebih baik gunakan fitur alarm dalam ponselmu dan aturlah suaranya menggunakan lagu favoritmu. Lagu-lagu dengan nada yang sedikit lembut atau ceria bisa membuatmu bangun tidur dalam keadaan senang.

7.  Usahakan juga untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama

Pokoknya jangan sampai malu-maluin banget! via id.pinterest.com

Biasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yang sama. Usahakan juga agar setiap hari kamu bisa tidur dan bangun tidur pada jam yang serupa. Hal ini bertujuan agar tubuhmu terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Jika pola tidurmu berantakan, ini akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga di pagi hari kamu bisa semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali.

8. Jangan cari ponsel dan cek timeline dulu. Selepas bangkit segera minum air putih demi membangunkan tubuhmu

Minum air putih sebelum tidur bisa membuatmu bangun lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidur ‘kan?

Sedangkan manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kamu bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

9. Buka jendelamu lebar-lebar supaya sinar matahari pagi dan udara segar masuk ke kamar

buka jendela kamarmu via www.womenshealthmag.com

Biasanya kita akan lebih sulit tertidur ketika kamar dalam keadaan terang. Oleh sebab itu, bukalah jendela kamarmu agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar. Hal ini bisa memicumu untuk membuka mata lebih lebar dan tidak lagi bergelung di bawah selimut nyamanmu. Selain itu, membiarkan jendela kamar terbuka saat tidur berfungsi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap berjalan lancar.

10. Bangunkan tubuhmu sepenuhnya lewat olahraga ringan di dalam kamar

olahraga ringan di dalam kamar via i.huffpost.com

Untuk hal yang satu ini memang harus punya niatan dan usaha yang ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling tepat agar setelah bangun tidur kamu bisa cepat kembali fresh lagi.

Kamu tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yang simpel di dalam kamar. Atau kamu juga bisa melakukan gerakan yoga yang akan membuatmu kembali bugar. Berolahraga bisa membuat tubuhmu lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan di sisa hari.

11. Setelah benar-benar sadar, basuh mukamu dengan air dan segera mandi pagi

basuh muka via intisari-online.com

Saat kamu sudah benar-benar terbangun dari tidur, segeralah beranjak dari tempat tidur lalu basuhlah mukamu dengan air. Bersihkan area wajahmu terutama pada area sekitar mata. Membasuh wajah dengan air akan merangsang saraf pada sekitar wajahmu sehingga membuatmu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.

Jika kamu memang benar-benar susah untuk bangun pagi, kamu bisa meletakkan sebaskom air beserta handuk kecil di dekat tempat tidurmu. Segera setelah kamu bangun di pagi hari kamu bisa meraupkan air ke wajahmu. Hal ini merupakan cara jitu untuk membuatmu tidak kembali memejamkan mata saat sudah terbangun di pagi hari.

12. Jika rasa ngantuk masih mengganggu, minum segelas kopi atau teh kental bisa membantu. Kafein akan meringankan rasa berat di matamu

Kopi di hari Senin via crazyblessedmomma.blogspot.co.id

Biasanya kamu merasa kurang bersemangat dan mungkin sedikit pusing saat baru bangun tidur. Rasa tidak semangat dan pusing kepala bisa membuat produktivitasmu menurun. Kamu bisa menyiasati ini dengan cara minum minuman berkafein beberapa saat setelah bangun tidur. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh berfungsi untuk menambah energi serta dapat menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

13. Pilih sarapan sederhana yang ringan bagi perutmu. Roti, segelas susu, atau semangkuk sereal bisa jadi pilihanmu

Kadang kamu merasa sedikit lapar saat bangun tidur, hal ini karena hampir 8 jam lamanya kamu tidak mengkonsumsi apapun. Beberapa saat setelah bangun pagi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, seperti telur, susu, dan buah-buahan. Makanan yang mengandung protein sangat membantu menambah energi bagi tubuh, sehingga kamu lebih cepat merasa segar.

14. Untuk membuat moodmu lebih baik dan siap menghadapi hari, lakukan hal yang menyenangkan sebelum masuk ke kelas nanti

Lakukan apapun yang bisa membuatmu senang di pagi hari. Misalnya saja membaca berita melalui gadgetmu, mendengarkan siaran radio penyiar favoritmu, mendengarkan musik kesukaan, atau bahkan bercengkerama dengan keluarga atau teman kost.

Menstimulasi pikiranmu dengan sesuatu hal yang menyenangkan akan membuatmu menjadi lebih cepat segar kembali. Dan jika kamu menjadwalkan kegiatan ini setiap hari, kamu akan lebih termovitasi untuk lebih mudah dan bersemangat bangun pagi.

15. Yang perlu selalu kamu ingat, bersyukurlah karena kamu masih bisa membuka mata hari ini

bersyukurlah kamu masih bisa membuka mata hari ini via lovestory-igodyou.blogspot.com

Satu hal penting yang bisa membuatmu bangun pagi dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kamu masih bisa melihat dunia ini kembali. Yup, sederhana tapi sangat bermakna.

Tanpa sadar seringkali kita mengeluh dan menggerutu karena harus bangun pagi, padahal itu adalah sebuah anugerah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup dan menghirup udara pagi ini. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Bangun tidur adalah salah satu kunci penentu produktivitasmu. Jangan sampai harimu kacau, telat kuliah, dan jadwal berantakan hanya gara-gara bangun tidur yang nggak benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Selamat pagi 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya