Kamu berniat untuk mengadakan makan malam romantis saat kencan pertama dengan si dia di sebuah restoran berkelas? Ternyata, mengatur sebuah kencan dengan makan malam yang romantis itu bukan hal gampang. Rasa percaya diri aja gak cukup untuk membuat kencanmu berkesan. Kamu pasti gak mau, ‘kan, terlihat canggung saat berada di meja makan bersama si dia?

Agar makan malam romantismu berjalan lancar, ternyata kamu harus memperhatikan beberapa hal yang sebenarnya simpel dan efektif tapi seringkali terlewatkan.

1. Lakukan riset lebih dulu terhadap tempat yang akan kalian tuju

riset dahulu via wallpapersinhq.com

Sebelum kamu membawa kencanmu ke restoran untuk makan malam romantis, sebaiknya kamu melakukan sedikit riset kecil-kecilan terhadap restoran yang akan kalian tuju. Pertama-tama kamu bisa mengintip daftar makanan dan minuman yang ada di menu, agar kamu lebih siap untuk menentukan mana yang bakal kamu pesan nantinya.

Dengan memiliki pengetahuan lebih terhadap daftar menu, maka akan lebih banyak pilihan yang bisa kamu tawarkan pada si dia saat kencan berlangsung. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana ketentuan reservasi tempat dan jam berapa restorannya tutup.

Advertisement

Oh, iya, sebelum melakukan riset, pastikan kamu tahu apakah si dia punya alergi terhadap makanan tertentu atau memang gak makan makanan tertentu. Jangan sampai kamu udah ngajak ke restoran steak, eh….ternyata dia vegetarian.

2. Siapkan restoran cadangan

Siapkan rencana B via www.skodn.com

Kadang rencana kamu gak selalu berjalan mulus: restoran yang kamu tuju ternyata tutup atau dipesan untuk pesta pribadi. Mau gak mau kamu harus ke restoran lain. Bila kamu sudah menyiapkan restoran cadangan, kamu gak perlu membuang waktu hanya untuk mencari restoran yang lain.

Dengan punya rencana cadangan, kamu akan terlihat tegas dan pede di mata si dia.

3. Pesan makanan dan minuman sesegera mungkin

Segera memesan via www.redcrosspurses.com

Menit-menit pertama setelah kalian tiba dan duduk bersama bisa menjadi saat yang canggung. Terlebih jika kamu memutuskan untuk menunda memesan, bisa-bisa suasana canggung ini akan berlanjut.

Mendiskusikan menu yang akan dipesan bisa menghalau suasana canggung tadi. Disinilah titik penting kenapa kamu perlu melakukan riset sebelumnya. Ketika kamu tahu tentang menu yang disediakan, hal ini bisa jadi nilai plus di mata dia.

4. Jangan menggoda pelayan

Jangan menggoda pelayan via semi-coherentthoughts.blogspot.com

Terkadang kamu merasa canggung dan akhirnya malah memulai obrolan kecil sama pelayan. Tidak jarang kamu bahkan secara tidak sadar menggoda mereka.

Walau tidak bermaksud, tapi hal ini bisa aja membuat si dia sebal. Pasanganmu bisa merasa diacuhkan, bahkan beranggapan kamu cowok yang ganjen. Jadi, hindari melakukan hal seperti ini dan fokuskan perhatianmu hanya pada si dia.

5. Ajak dia memilih makanan dan minuman pesanannya

Diskusikan pilihan menu dengannya via romancetravelexpert.wordpress.com

Hindari memesankan makanan untuknya, berikanlah dia kesempatan untuk menentukan pilihan. Kalo kamu memesan makanan yang tiap porsinya diperuntukkan untuk lebih dari satu orang, pastikan kalian berdua sepakat dengan makanan yang akan dipesan.

Ingat ya, kalian makan malam itu untuk lebih mengenal satu sama lain, jadi hindari membuang waktu untuk memperdebatkan mana makanan yang akan dipesan.

6. Tentukan pesananmu dengan baik

Tentukan pesananmu dengan baik via www.stuckserving.com

Kalo kamu bermaksud memesan three-course meal, pastikan kamu menentukan pesananmu dengan baik: mana yang akan kamu pesan buat appetizer, hidangan utama, dan dessert.

Pastikan juga kepada pelayan agar mengeluarkan pesanan secara berurutan untuk menghindari pesananmu memenuhi meja makan.

7. Minta pesananmu agar gak diantar terlalu cepat

Biar kalian bisa makan dengan santai. via www.tstyledme.com

Ketika kamu memesan multiple-course meal, sebaiknya kamu mengatakan pada pelayan untuk mengantarkan pesanan gak terlalu cepat. Dengan begitu, kamu bisa ngobrol lebih santai dengan si dia tanpa perlu makan terburu-buru.

8. Pastikan kamu punya tempat selanjutnya untuk dituju

Ajak nonton midnight di bioskop, mungkin? via www.rwmanila.com

Setelah menghabiskan beberapa jam di restoran, orang biasanya mulai gelisah untuk pindah ke tempat lain. Apalagi kalau restorannya udah mau tutup sementara malam masih panjang untuk dilewatkan bersama si dia. Pindah ke tempat lain untuk sekadar duduk bareng dan ngobrol akan bikin kencanmu tidak membosankan.

Mengajaknya ke tempat lain juga bisa menjadi pancingan buat dia, agar kamu tahu apakah dia menikmati malam itu itu atau enggak. Kalo dia antusias, itu tandanya kencanmu berlangsung cukup lancar.

9. Hindari berdiam diri terlalu lama di restoran

Jangan berdiam di sana terlalu lama via www.femside.com

Oke, kamu dan dia sedang menikmati suasana restoran yang romantis. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan sekeliling. Dan kalo ternyata tinggal kalian aja yang masih ada di sana, saatnya untuk pindah ke tempat lain. Daripada dikira gak tahu malu kan?

Tips di atas memang terlihat sederhana, tapi hal yang paling sederhanalah yang seringkali justru luput dari perhatian kita. Nah, udah siap buat mengajak si dia kencan dengan makan malam yang romantis?