Mempunyai gigi putih adalah keinginan semua orang. Dengan gigi putih, penampilanmu tentu akan terlihat lebih menarik, selain itu kamu jadi lebih percaya diri dalam tersenyum, tertawa, maupun berbicara. Sayangnya, makanan dan minuman yang kamu konsumsi seringkali memengaruhi kondisi warna gigi. Belum lagi kalau kamu tidur dalam keadaan belum sikat gigi. Bayangkan saja, sisa makanan yang tertinggal menjadi busuk dan menyebabkan gigi menjadi kuning dan juga berlubang.

Untuk menjaga gigi tetap putih, sebenarnya kamu bisa mengandalkan 8 jenis makanan ini. Kandungannya mampu membuat gigi tetap putih bersinar, meski berbagai makanan dan minuman berwarna pekat kamu konsumsi. Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Siapa yang menyangka bahwa selain lezat, kandungan keju ternyata bikin gigi kamu sehat dan berkilau

keju via dailyjust.com

Kabar gembira buat kamu penggemar keju. Makanan satu ini mampu membuat gigi kamu tetap putih bersinar berkat kalsium dan fosfat yang ada di dalamnya. Kandungan ini dapat mengurangi keasaman mulut dan menjaga gigi dari kerusakan. Gigi kamu pun jadi lebih kuat karena kandungan vitamin C keju yang tinggi. Sudah putih, terlindungi lagi kesehatannya.

2. Air apel mampu meningkatkan produksi air liur yang berfungsi membersihkan gigi. Hawa mulutmu pun jadi segar

Advertisement

Buah apel memang menyegarkan dan baik untuk kesehatan tubuh. Jika kamu rutin mengonsumsinya, maka lambat laun gigi kamu akan bersih dari bakteri. Hal ini karena mengunyah apel dapat menyingkirkan bakteri yang menempel pada gigi. Kandungan asam malat pada apel mampu meningkatkan produksi air liur yang berfungsi membersihkan gigi dari noda makanan dan minuman.

3. Coba konsumsi stroberi bersama baking soda biar gigi putihmu tercipta

strawberry via www.emaze.com

Tak hanya apel, kamu juga bisa mengandalkan buah stroberi untuk menjaga kebersihkan dan keputihan gigi. Adanya asam folat pada stroberi dapat mengangkat dan membersihkan berbagai bakteri yang tertinggal pada gigi. Apalagi kalau kamu mengonsumsinya bersama baking soda, makin putih cemerlang.

4. Kamu juga bisa mengandalkan buah pir agar gigi putih dan kuman-kuman yang ada menghilang seketika

Ketika mengonsumsi buah pir, kamu mungkin akan merasa kalau buah ini cukup banyak kandungan airnya. Pir memang menyegarkan, maka nggak salah kamu gemar memakannya. Ditambah lagi saat mengunyah pir, bakteri-bakteri yang membuat mulut bau dan noda-noda kuning pada gigi dapat berkurang. Bahkan, kotoran-kotoran yang ada di sela gigi bisa menghilang.

5. Dari warnanya, kacang dikira jadi makanan yang menyebabkan gigi kuning. Padahal kandungannya dapat memutihkan gigi

Apakah kamu penggemar kacang? Jika iya, kamu bisa makin suka mengonsumsinya karena ternyata kacang termasuk salah satu makanan yang baik untuk membersihkan gigi. Kacang almond misalnya, mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi, sehingga gigi kamu kuat dan segar. Bahkan plak dan noda yang menempel pada gigi dapat hilang. Hal ini tentu saja membuatmu makin percaya diri.

6. Jangan malas lagi makan seledri karena gigi putihmu dapat terwujud dengan menggosokannya seperti sedang sikat gigi

seledri via www.livestrong.com

Kalau kamu nggak begitu suka sayuran seperti seledri, coba pikirkan kembali. Karena seledri mampu membuat gigimu putih alami, sebab bisa menghilangkan noda-noda pada gigi. Kamu pun dapat mengonsumsi seledri layaknya sedang menggosok gigi dengan menggunakan batang seledrinya. Dengan begitu, gigi kamu tampak putih bersinar.

7. Wortel juga bagus untuk kesehatan gigi, sayang kalau kamu nggak mengonsumsinya. Ubah dari sekarang yuk!

Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk gigi dan mulut. Mengonsumsi wortel mampu meningkatkan produksi air liur yang berfungsi membersihkan sisa-sisa makanan dan menguatkan gusi. Kalau kamu termasuk orang yang jarang mengonsumsi wortel, dari sekarang coba diubah yuk.

8. Tak hanya makanan, namun minuman berupa teh hijau juga bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan gigi

green tea via www.tokopedia.com

Terdapat senyawa bernama Catechins pada daun yang mampu memerangi plak pada gigi. Bakteri-bakteri pun dapat hilang jika mengonsumsi teh hijau secara rutin. Mau penyajiannya panas atau dingin, sama-sama bisa kamu konsumsi dan membuat gigi putih bersinar.

Kini kamu nggak perlu khawatir lagi untuk tampil percaya diri di manapun dan kapanpun. Karena dengan mengonsumsi 8 makanan tadi, gigi kamu tetap putih dan bersinar. Kamu bisa bebas tersenyum, tertawa, dan berbicara sesuka hati. Rutinkan mengonsumsinya ya!