Banyak yang berpikir bahwa menjalani diet sama dengan menghindari makan malam. Namun ada kalanya, perut nggak bisa kompromi saat malam tiba. Padahal jika mengkonsumsi makanan yang kurang tepat, kemungkinan besar akan berpotensi berat badan naik dan kesulitan tidur.

Sebenarnya, sah-sah saja makan saat malam hari khususnya di atas jam 8 malam bagi para pelaku diet. Karena ternyata, asupan nutrisi di malam hari ternyata dapat membantu metabolisme tubuh lebih baik.

Nah, beberapa makanan ini aman untuk dikonsumsi pada malam hari bagi kamu yang sedang menjalani diet. Asal porsinya pas dan nggak berlebihan, ya!

1. Kacang-kacangan rendah kalori, sahabat diet tanpa menyiksa diri sendiri

kacang-kacangan enak nih.. via panduanhidupsehat.com

Beberapa jenis kacang-kacangan tertentu memiliki kalori yang rendah, serta kaya akan nutrisi dan serat. Makanan ini dapat mengenyangkan perut dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Selain mencegah perut kelaparan di malam hari, kacang juga membantu tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Advertisement

Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki rendah kalori adalah kacang almond. Kandungan lemak sehat monounsaturated fat yang terdapat pada kacang almond mampu membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Nggak hanya itu, kandungan vitamin E pada almond juga membantu menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Selain kacang almond, kamu juga bisa mengkonsumsi kacang walnut, mete, brazil atau kacang hazelnut.

2. Sebagai pengganti nasi, gandum yang kaya serat dan bernutrisi cocok buat kamu yang lagi diet

oatmeal aja bisa kelihatan enak banget gini via silk.com

Kamu nggak perlu kuatir ngemil oatmeal atau roti gandum, karena justru banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan olahan gandum sebelum tidur.

Hal ini sangat baik bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena makanan ini dapat meningkatkan kadar triptophan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin. Zat ini membuat kita dapat tidur lelap dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Jika kamu bosan mengkonsumsi gandum, kamu juga bisa mengkonsumsi nasi merah.

3. Keju rendah lemak boleh kamu konsumsi selepas jam 8 malam, aman buat diet asal nggak berlebihan

ini lho keju cottage via id.tubgit.com

Kandungan protein kasein yang tinggi akan asam amino pada keju dipercaya mampu membantu tidur menjadi lebih berkualitas. Keju cottage adalah jenis keju yang kaya akan kandungan protein kasein. Meski memang masih ada kandungan lemak dalam keju cottage, namun kalsiumnya bisa membantumu menguatkan tulang.

Selama porsinya dalam batas wajar, keju nggak akan membuatmu gemuk, kok!

4. Nggak hanya jadi makanan utama, sayuran juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan atau camilan

tambahin saus biar menarik via blog.foodnetwork.com

Kandungan air dalam sayuran selain mengenyangkan juga dapat mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri adalah proses terpenting dalam menjalani diet.

Mengkonsumsi semangkuk sayur atau sayur-sayuran rebus seperti brokoli dan wortel, memberi asupan nutrisi yang baik seperti vitamin, mineral, dan protein yang menyehatkan. Jangan takut untuk mengkonsumsi makanan banyak sayur.

5. Popcorn yang berasal dari jagung mengandung karbohidrat kompleks, aman dikonsumsi asal jangan tambahkan mentega dan gula

popcorn tanpa mentega dan gula via pubinfoblog.blogspot.co.id

Pilih popcorn mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dalam panci atau microwave bersama minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti karamel ataupun mentega (hewani).

Kamu dapat menambahkan sedikit saja margarin (nabati) tanpa lemak. Jika suka pedas, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Ketahuilah bahwa popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

6. Daging merah rendah lemak dan kaya protein bisa jadi alternatif mengatasi kelaparan berlebih di malam hari

nggak kalah enak dengan yang digoreng atau dibakar via finecooks.com

Siapa bilang harus meninggalkan makanan berbahan daging saat sedang diet?

Daging merah tanpa lemak justru bisa jadi asupan protein penting bagi tubuh. Asalkan dimasak tanpa meningkatkan kalori, daging jenis ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Dan juga meningkatkan produktivitas metabolisme tubuh. Hindari memasaknya dengan cara menggoreng, cukup direbus dengan menambahkan sedikit minyak dan bumbu.

7. Buah-buahan berair yang rendah karbohidrat bisa jadi pilihan camilan malammu, baik untuk detoks dan memerangi kolesterol jahat

semangka kaya akan kandungan air via www.huffingtonpost.com

Buah-buahan berair dibutuhkan pencernaan untuk sebagai sekresi racun yang efektif, sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan. Buah-buahan ini contohnya semangka, melon, blewah, apel, dan pepaya.

Mengkonsumsi buah-buahan ini dapat menghidrasi tubuhmu dan memberikan energi secara instan. Selain itu juga membantu mengusir kolesterol jahat dan menyediakan energi yang diperlukan sistem kardiovaskular serta saraf agar berjalan secara optimal.

Satu lagi referensi, buah ceri yang merupakan salah satu sumber alami beberapa melatonin yang dapat melawan insomnia.

8. Asal diolah dengan tepat dan tanpa gula, agar-agar bisa jadi menu makan malam yang sehatnya jangan ditanya

agar-agar buah via widyanur.wordpress.com

Agar-agar selain memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu hanya 10 kalori saja, makanan camilan ini mudah dibuat. Agar-agar hanya akan menjadi 70-80 kalori saja meski ditambah dengan buah, gula dan susu. Mengkonsumsi makanan ini juga menjadikan pencernaanmu lancar karena kandungan serat alaminya.

9. Kalau kamu malas mengunyah, smoothies dan milkshake juga bisa dijadikan minuman sekaligus makanan ringan

milkshake pisang via www.magic4walls.com

Smoothies dan milkshake dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain pada umumnya. Kamu bisa mencobanya dengan memblender pisang matang bersama dengan susu rendah lemak.

Jika suka, tambahkan bubuk kayu manis. Selain mengenyangkan, milkshake penuh dengan energi.

10. Atau, kamu bisa mengkonsumsi susu rendah lemak yang bagus diminum saat malam hari menjelang tidur

susunya yang rendah lemak, ya.. via www.walmart.com

Susu mengandung rendah kalori dan lemak, susu juga mengandung triftophan yang berguna untuk meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa cepat ngantuk. Dalam 1 gelas susu, kandungan vitamin D dan kalsium yang menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Ringkasan gizi 1 gelas susu terdiri 146 kalori, 7,93g lemak, 11,03g karbohidrat, 7,86g protein. Maka nggak ada salahnya untuk mengkonsumsi susu selepas jam 8 malam, bahkan sesaat sebelum tidur. Biar nggak bosan, kamu juga bisa coba olahan-olahan menarik dari susu di artikel ini, lho!

Nah, makanan-makanan tadi nggak akan membuat berat badan bertambah asalkan dikonsumsi dengan porsi yang sesuai. Jadi, nggak perlu lagi menahan lapar dan takut gemuk lagi deh 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya