Sukses-tidaknya seseorang bisa ditentukan oleh hal-hal sederhana, termasuk seberapa sehat gaya hidupnya. Salah satu penentu sehat-tidaknya hidup kita adalah apa yang kita makan untuk sarapan.

Orang-orang sukses mengerti bahwa kebaikan dari menu sarapan sehat tak akan bisa mereka dapatkan dari makanan yang sekadar “bikin kenyang”. Karena itu, mereka akan hati-hati dengan santapan mereka saat pagi. Menu yang mereka dulang harus mampu menyumbang energi berarti, dan membantu mereka berkonsentrasi. Jika tidak, mustahil bagi mereka untuk menjawab besarnya tantangan pekerjaan dan tuntutan hidup saban hari.

Nah, apa sih biasanya yang kamu sendiri makan untuk sarapan? Apakah sudah setara sehat dan nutrisinya dengan orang-orang sukses di bawah ini? Apakah kamu termasuk mereka yang siap meraih kesuksesan dari meja makan pagi?

1. Margaret Thatcher akan menyantap buah anggur dan menyesap kopi

Margaret Thatcher via www.telegraph.co.uk

Mantan Perdana Menteri Inggris, ”Iron Lady’ Margaret Thatcher, tidak pernah melewatkan waktu sarapannya. “Tapi saya memang tidak akan makan banyak-banyak,” katanya dalam wawancara dengan koran The Sun, “Makan terlalu banyak akan membuat saya lemas. Lebih baik saya memilih minum kopi dan menghabiskan setengah porsi buah anggur.”

2. Justin Timberlake, menyempatkan diri untuk makan dua kali

Advertisement

Justin Timberlake via www.boomsbeat.com

Penyanyi dan aktor peraih Grammy Awards ini selalu menyempatkan diri untuk menyantap dua sarapan. Di sesi pertama ia akan menghabiskan wafel dengan almond butter dan telur orak-arik. Setelah itu, Justin akan berolahraga dan makan protein shakes atau telur rebus di sesi kedua. “Saya rajin olahraga supaya bisa makan banyak!” akunya.

3. Richard Branson, memilih sarapan buah berserat tinggi

Richard Branson via www.fansshare.com

CEO Virgin Group dan orang terkaya keenam di Inggris, Richard Branson, memilih menu sarapan tradisional berupa salad buah dan muesli — makanan mirip oatmeal yang berasal dari Swiss. Kadang-kadang, Branson juga akan menyantap kippers, jenis ikan asap yang biasa hadir di meja makan bersama teh dan sup hangat.

4. John Mackey, pemilik supermarket Whole Foods, menandaskan smoothie sayur dan buah

John Mackey via www.statesman.com

Sebagai pemilik supermarket gaya hidup sehat, John Mackey wajib memasukkan makanan bergizi dalam menu sarapannya. Tiap hari, Mackey tak pernah absen membuat smoothie dari almond, oat, nasi, susu kedelai, potongan buah, kale, dan daun bayam. Hmm!

5. Protein smoothie, menu simpel Al Roker

Tidak perlu repot-repot turun ke dapur dan memasak makanan lengkap untuk mendapatkan makanan sehat. Ini yang diajarkan presenter acara berita asal Amerika, Al Roker. Di tengah-tengah siarannya pukul 7.15 sampai 8.15, Al akan membuat protein smoothie dari bubuk protein, bubuk serat, susu kacang almond, buah beri, jahe, dan gula. Ia hanya tinggal mengocok semua bahan dan meminumnya dari studio.

6. Mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa: makan havermut setiap pagi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ke-13 dan mantan calon wakil presiden kita, Hatta Rajasa, memilih havermut sebagai menu sarapan favoritnya tiap pagi. Bubur havermut atau oatmeal instan ini akan ditambah dengan asupan susu kolostrum yang kaya akan protein dan membantu memompa antibodi tubuh. Sebagai pengganti gula, istri Pak Hatta Rajasa juga akan menyiapkan madu alami.

7. Chef Marinka: apapun yang lezat, murah, dan berprotein tinggi

Chef Marinka via wimiu.com

Juri Master Chef Indonesia Rinrin Marinka tidak pilih-pilih dalam sarapannya. Yang penting sarapan itu lezat, murah, dan berprotein tinggi. “Bubur ayam, panekuk, telur orak-arik dan kulit ayam tepung dengan keju adalah menu pilihan saya,” ujarnya kepada Tribun. “Saya selalu sarapan, karena kalau tidak, tubuh akan lemasdan susah berkonsentrasi hingga malam hari,” tambahnya lagi.

Nah, tidak susah ‘kan sebenarnya untuk makan sarapan sehat setiap hari? Orang-orang sukses di atas sudah membuktikannya, kok. Sekarang Hipwee menantang kamu. Siap menjemput keberhasilan di masa depan dengan sarapan?