Mungkin karena kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi seolah menjadi momok buat sebagian besar orang. Tapi, bagaimana dengan mereka yang sehari-harinya nggak bisa lepas dari kopi? Kopi seakan menjadi sahabat sejati yang meski nggak bisa berbicara, tapi benar-benar mampu menjadi sebuah solusi.

Nah, di edisi kali ini, Hipwee Tips akan sedikit mengulik mengenai kopi dan efek-efek jika sudah kecanduan. Bukan efek buruk yang sudah banyak dibahas sana-sini, tapi lebih ke dampak positif yang ternyata dimiliki kopi. So buatmu yang sehari-harinya nggak bisa lepas dari kopi, mari merapat!

Jika tahu kadar yang pas saat mengonsumsinya, kopi sangat baik untuk membantumu menurunkan berat badan

kopi buat diet via veganhootenanny.com

Iya, jadi ternyata meminum kopi bisa membantu kamu yang sedang ingin mengurangi berat badan. Kenapa? Karena ternyata kafein adalah suatu zat yang berperan penting dalam penurunan berat bedan terkait dengan jalannya sistem metabolisme kita.

Kafein (dengan porsi yang pas) dapat mempercepat laju metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh dapat membakar lemak dalam tubuh lebih cepat.

Semakin banyak asupan kopimu, semain berkurang kemungkinan untuk terkena kanker, lho. Keren nggak tuh?

Advertisement

kopi cegah kanker via www.instagram.com

Kecanduanmu terhadap kopi ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah mengurangi risiko kanker. Untuk mereka yang minum kopi sebanyak empat gelas per hari, kesempatan untuk mendapat kanker prostat dan kanker rahim semakin berkurang sebanyak duapuluh hingga duapuluh lima persen. Selain itu, risiko kanker kulit juga semakin berkurang dengan konsumsi kopi yang rutin.

Kopi juga bisa mencegah timbulnya penyakit Parkinson; penyakit yang membuat kita kehilangan kontrol akan gerak tubuh

cegah parkinson via betterbrews.com

Parkinson adalah sebuah penyakit dimana si penderita kehilangan kontrol akan gerak tubuhnya. Untuk membantumu mencegah penyakit ini, kamu cukup minum kopi secara rutin saja. Bahkan kopi nggak hanya membantu mencegah penyait Parkinson, tapi juga membantu mengontrol tubuh mereka yang sudah terkena penyakit tersebut.

Berkat kandungan anti depressant-nya, kopi bisa mengurangi stres dan galaumu dalam sekejap!

anti depresi via www.instagram.com

Ternyata kopi juga dapat mengurangi tingkat depresi seseorang ketika diminum secara rutin. Meminum paling sedikit empat gelas kopi per hari dapat membantumu mengurangi depresi karena pasokan hormon-hormon anti-depressant seperti dopamine dan serotonin yang masuk ke dalam tubuh.

Ditambah lagi, kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Meminum kopi juga mampu mencegah penyakit pikun akut atau yang biasa disebut dengan Alzheimer

kopi banyak gunanya via theodysseyonline.com

Penyakit Alzheimer atau Dementia merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh mereka yang sudah tua, meskipun banyak juga kasus yang menimpa mereka yang baru berusia paruh baya. Penyakit Alzheimer adalah penyakit pikun akut dimana seseorang akan lupa identitas, waktu, dan orang-orang di sekitarnya.

Bersyukurlah kamu yang hobi minum kopi, karena penelitian menyatakan bahwa Alzheimer mampu dicegah dengan meminum kopi secara rutin.

Nggak perlu takut kena penyakit gula alias Diabetes deh kalau kamu adalah seorang pecandu kopi!

cegah diabetes via cinemania.es

Salah satu penyakit mematikan yang mampu dicegah oleh kopi adalah penyakit gula atau diabetes Tipe 2. Ternyata kafein yang ada pada kopi mampu membantu mengurangi sensitivitas tubuh pada insulin yang berarti kamu akan lebih toleran pada zat glukosa pada gula.

Alhasil, gula yang masuk dalam tubuh akan terpecah secara sempurna dan risiko untuk terkena diabetes pun berkurang.

Kamu yang sering minum kopi pasti lebih kuat secara fisik dibanding mereka yang nggak minum kopi

lebih kuat via shape.com

Kok bisa sih kopi menambah kekuatan atau performa kita? Lagi-lagi hal tersebut dihubungkan dengan zat kafein yang dapat merubah lemak pada tubuh menjadi energi dengan lebih efisien. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sumber tenaga yang lebih dari lemakmu dan juga semakin kurus di saat yang bersamaan.

Mereka yang rutin minum kopi punya 25% hidup yang lebih panjang ketimbang mereka yang tidak meminum kopi. Tuh, jangan mau disuruh berhenti minum kopi karena ternyata kopi banyak manfaatnya buat tubuh kita. Bisa disimpulkan bahwa kopi dapat memperpanjang hidup seseorang.

Di sini Hipwee Tips menegaskan bahwa kopi yang diminum adalah kopi murni dan tidak ditambahkan gula secara berlebihan. Kopi murni biasanya mengandung kafein baik, sehingga bagus pula dampaknya buat kesehatan.