Ingin menurunkan berat badan tapi selalu saja gagal karena mudah merasa lapar? Rasa lapar memang jadi masalah setiap orang yang sedang berusaha diet. Kalau ada makanan enak dan menggiurkan datang, rasanya nafsu makanmu tidak lagi bisa dikendalikan. Pengennya makan lagi, lagi, dan lagi. Meskipun sudah kenyang, tapi rasanya tetap saja lapar dan ingin makan. Kalau sudah begini, kamu harus punya trik untuk mengatasi rasa lapar itu. Ya, bagaimanapun caranya!

Hipwee Tips akan membantumu dengan rangkuman trik-trik yang sudah banyak dipakai orang dan terbukti benar-benar bisa mengurangi rasa lapar. Daripada penasaran, langsung simak aja, yuk!

1. Buat rahangmu sibuk mengunyah dengan makan permen karet. Ini bisa mengurangi keinginanmu untuk makan ini dan itu

Mengunyah permen karet via huffingtonpost.com

Pilih permen karet yang tidak mengandung gula akan lebih baik. Mengunyah permen karet akan membuatmu merasa seolah sudah mengunyah banyak makanan karena rahangmu sibuk mengunyah. Karena itu, banyak yang menggunakan permen karet sebagai trik untuk menurunkan berat badan.

2. Letakkan sendok atau garpu yang kamu pakai tiap satu suapan. Praktikkan dan rasakan bedanya kalau makan pelan-pelan

Letakkan dulu sendoknya via happier.com

Advertisement

Praktik ini akan membuat makanmu lebih pelan, dan hal ini akan dikirim ke otakmu sebagai sinyal yang dapat membuat rasa lapar hilang dari otakmu.

3. Buat kamu yang giginya nggak sensitif, mengunyah es bisa jadi trik terbaik untuk mengurangi rasa lapar

Kunyah es via playbuzz.com

Mengunyah akan merupakan trik agar tubuhmu berpikir bahwa kamu sedang mengunyah. Air (es batu) juga akan membuat perutmu terasa penuh. Tapi trik ini nggak bagus untuk kamu yang punya gigi sensitif lho, ya!

4. Sikatlah gigi dan kalau bisa lidahmu juga. Kalau mulut sudah bersih ‘kan sayang tuh dipakai makan

Lidah juga ya via gbpdental.com

Kalau sudah sikat gigi dan mulut dalam keadaan bersih kamu biasanya akan sayang untuk mengotori mulutmu lagi dengan makanan apapun. Ini salah satu trik untuk mengurangi keinginanmu makan banyak.

5. Melewatkan sarapan tidak akan menurunkan berat badan! Jadi jangan sampai nggak sarapan hanya demi alasan itu

Tetap sarapan via infinityhousemagazine.com

Banyak anak muda jaman sekarang cenderung menyepelekan sarapan. Bahkan ada yang melakukannya demi bisa menurunkan berat badan, sayangnya pandangan ini salah karena sarapan justru bisa melancarkan proses metabolismemu.

Baca bahaya melewatkan sarapan di Dampak Merapel Sarapan dengan Makan Siang juga, yuk!

6. Kembalikan energimu dengan tidur siang. Rasa lapar pun akan sejenak terlupakan

Tidur sejenak via brainscape.com

Tidak bisa berhenti memikirkan betapa laparnya kamu dan ingin makan makanan apapun yang ada di depanmu? Cobalah tidur sejenak di siang hari agar energimu kembali dan kamu pun merasakan rasa puas. Kebanyakan orang tidak merasa lapar saat bangun tidur karena jumlah asam di perutnya lebih sedikit.

7. Minum air yang cukup dan perutmu akan terasa penuh, rasa lapar pun bisa terhindarkan

Minum air via stylecaster.com

Meminum air merupakan jalan terbaik agar kamu tetap sehat. Air dapat mengalirkan racun dari tubuhmu, serta membuatmu tetap berenergi, dan perutmu terasa penuh. Tapi jangan kebanyakan juga ya, cukup 8 gelas per hari. Kalau kebanyakan malah bisa bikin sakit dan kembung yang menyiksa.

8. Percaya atau tidak, biar nggak merasa lapar kamu justru harus sering makan. Tapi…

Dikit aja via precisionfitpb.com

Cara paling ampuh untuk melupakan rasa lapar adalah dengan sering makan. Ini serius! Bukan berarti sering makan dengan porsi sesukanya, tapi porsinya harus sedikit-sedikit. Yang penting nafsumu buat makan sering bisa terlampiaskan. Trik ini bagus untuk metabolismemu juga ternyata.

9. Komposisi makanan yang kamu konsumsi harus tepat, demi rasa kenyang yang lebih tahan lama

Komposisi makanan via yoganonymous.com

Demi mengurangi rasa lapar kamu harus makan banyak sayuran. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan perbanyak makanan yang mengandung serat serta protein. Telur bagus tuh buat kamu konsumsi, kalau kopi dan makanan yang mengandung banyak gula dan garam sebaiknya dihindari saja ya, guys!

Nah, gimana? Sudah semangat untuk diet dan menyehatkan badan? Pesannya sih, kamu jangan SAMA SEKALI nggak makan, ya. Tetap makan teratur, serta cukupkan gizi demi kesehatanmu yang berharga itu. Cheers!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!