Sebagai orang Indonesia, kita sering memakai banyak jenis rempah di dalam masakan kita baik itu dalam bentuk segar ataupun kering. Sayangnya, membeli tanaman rempah segar itu nggak murah, ditambah lagi kita nggak sering memakainya. Yang ada, tanaman rempah hanya akan menjadi layu dan mengering di kulkas. Buang-buang uang aja deh!

Buat kamu yang memang suka memasak, coba deh kamu punya taman rempah kecil di dalam rumah yang bisa kamu ambil daunnya setiap kamu butuh. Ini nih beberapa inspirasi taman kecil tanaman rempah yang bisa kamu buat di dalam rumah kamu sendiri.

Meskipun sudah umum, menggunakan pot tanah liat sebagai wadah tanaman rempah bisa menjadi hiasan yang cantik

pot tanah liat mini via www.littleglassjar.com

Pot tanah liat itu salah satu media tanam yang paling jadul tapi mudah didapat. Tanah liat juga bisa menyerap air yang berlebih, dimana hal tersebut berdampak positif bagi tanaman rempah seperti daun mint dan oregano!

Buat kamu yang hobi daur ulang, pecahan botol kaca pun bisa menjadi alternatif alas tanam yang inovatif!

botol gelas berisi kemangi dan oregano via id.pinterest.com

Advertisement

Ini nih cara menanam yang unik tapi juga ada manfaatnya. Jadi pecahan botol kaca dibagian corong dipadukan dengan mason jar atau toples kaca. Air yang berada di toples kaca bisa menjaga kelembaban tanah di pot botol kaca. Dengan begitu, kamu nggak perlu sering-sering menyiram tanaman rempahmu!

Botol plastik bekas minuman sodamu pun bisa dipakai untuk menciptakan pot tanaman unik di area dapur!

botol-botol plastik yang tak dipakai via aspectek.com

Untuk yang satu ini, botol plastik bekas cuma dijadikan vessel atau wadah untuk pot tanaman rempahmu. Meskipun begitu, ini adalah kreasi yang menarik dari botol plastik yang sudah tak terpakai!

Memakai ujung botolnya pun bisa. Tempelkan pada sepotong papan kayu seperti digambar untuk tampilan yang lebih menarik

ujungnya aja! via id.pinterest.com

Kamu juga bisa memakai ujung botol plastik sebagai media tanam tanaman rempahmu! Tinggal diisi tanah dan pupuk, si botol plastik bekas siap menjadi wadah yang berguna. Paku si botol ke triplek atau kayu dalam bentuk vertikal demi estetik dapur!

Untuk hiasan dapur yang lebih modern, gunakan mason jar sebagai pengganti pot untuk menanam tanaman rempahmu. Caranya super gampang kok!

mason jar lucu via camillestyles.com

ini nih caranya! via id.pinterest.com

Kamu bisa menjadikan mason jar sebagai media tanam yang cantik. Kamu tinggal mengisi si mason jar dengan tanah dan pupuk kompos. Yang perlu kamu ingat, kamu perlu menambahkan batu-batu kerikil di bagian bawah mason jar untuk menyerap air yang berlebih, karena media gelas seperti mason jar tidak bisa membuang air yang berlebihan tanpa batuan tersebut.

Kaleng bekas cat atau susu pun bisa kamu buat sedemikian rupa supaya makin ciamik tampilannya

bekas kaleng susu yang sudah dicat via www.simplyhealthyfamily.org

Kaleng bekas bisa kamu jadikan media tanam dengan penuh kreasi. Lihat aja contoh di atas! Kaleng susu bekas disulap menjadi pot lucu dengan sedikit hiasan dari kertas dan spidol!

Talang air bekas juga bisa kamu ubah menjadi pot panjang. Satu talang bisa untuk wadah beberapa tanaman herbal!

talang bekas via www.homedit.com

Talang bekas air yang biasa kamu temukan diatas rumah pun bisa menjadi media tanaman rempah yang lucu di dapurmu. Satu talang bisa untuk berbagai jenis tanaman rempah, lho.

Kalau kamu nggak punya banyak tempat untuk menaruh pot, coba pot gantung saja dengan menggunakan keranjang buah bekas ini!

keranjang buah via id.pinterest.com

Keranjang buah bekas seperti diatas bisa kamu jadikan wadah tanam tanaman rempah khas tanaman hias gantung. Berbeda dengan tanaman hias gantung, kamu bisa memakan daun rempah tersebut. Wow!

Kotak-kotak kayu nan klasik sangat cocok untuk menggantung tanama rempahmu di tembok dapur atau teras rumah

cantik! via id.pinterest.com

Mungkin kamu tertantang untuk bikin kontainer kamu sendiri di dapur? Kamu bisa banget membuat kotak kayu sebagai wadah tanam tanaman rempah! Nggak selalu di dapur, kamu juga bisa taruh di ruang makan, sekalian buat lalap :))

Males beli atau bikin banyak kontainer? Yaudah beli satu yang gede aja, terus jadikan satu tempat untuk semua tanaman rempah favoritmu!

satu pot via www.homedit.com

Pot kecil-kecil kadang bikin repot, kesenggol dikit pecah. Yaudah, beli satu aja yang besar. Satu pot bisa untuk menanam berbagai macam tanaman rempah seperti daun kemangi, peterseli, dan juga daun bawang!

Berasa pesta di dunia Alice In Wonderland nggak sih dengan pot yang terbuat dari cangkir kopi ini?

Buat tanaman rempah yang masih kecil-kecil, kamu bisa menanamnya di cangkir teh bekas! Lucu sih, tapi hati-hati ya, jangan terlalu sering disiram karena dibagian bawah cangkir tidak ada irigasinya.

Atau kamu lebih suka cangkir mug? Yang itu bisa juga dijadikan pot tanaman rempah yang nggak kalah menarik untuk hiasan di dapur

cangkir lucu! via id.pinterest.com

Cangkir mug juga bisa dijadikan alternatif dari cangkir teh. Selain lebih besar, mereka juga bisa menopang tanaman rempah yang lebih besar!

Kantong kanvas putih juga bisa kamu manfaatkan. Penasaran gimana caranya?

tempat sepatu via balconygardenweb.com

Punya karung-karung kecil atau kantong sepatu seperti diatas? Manfaatkan saja untuk wadah tanaman herbal yang lucu dan beda dari yang lainnya!

Manfaatkan cangkang telur untuk mengembiakkan tanaman rempah yang masih kecil. Sumpah, unik!

pake kulit telur?? via www.apartmenttherapy.com

Pot dari cangkang telur ini memang unik sih, tapi karena cekungannya yang tidak terlalu dalam, mereka hanya bisa menipang tanamn rempah yang masih bayi atau kecil. Semakin besar, kamu pun harus memindahkannya ke kontainer lain.

Perabot-perabot masakmu yang sudah usang jangan dibuang dulu! Bisa banget kamu jadikan wadah tanaman rempah yang nyentrik

alat-alat masak bekas! via balconygardenweb.com

Punya perabot dapur yang udah nggak dipakai? Jangan dibuang dulu! Jadikan teko atau panci berlobangmu sebagai pot yang unik. Dapurmu pun semakin terlihat keren 🙂

Bonus: tanaman rempah seperti lavender juga bisa kamu taruh di kamar mandi. Kamu bisa memetik daun atau bunganya dan dijadikan aromatik di sana

tanaman aromatik via www.brit.co

Beberapa tanaman rempah lebih cocok untuk dijadikan rempah aromatik kecantikan seperti lavender dan daun spearmint. Taruh potongan-potongan daun atau bunga mereka di bak mandi agar airnya wangi. Biar gampang, taruh pot rempah tersebut di kamar mandi. Nggak cuma cantik sebagai hiasan, banyak juga fungsinya.

Tanaman rempah banyak banget manfaatnya. Selain bisa kamu gunakan sebagai bumbu masak, mereka juga bisa mengusir serangga-serangga seperti kecoa, semut, dan nyamuk karena aromanya yang terlalu kuat buat mereka. Nah, daripada kamu menghias dapurmu dengan bunga plastik, kenapa nggak diganti dengan tanaman rempah yang segar saja? Coba yuk!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!