Sebagian besar cewek akan melakukan segala sesuatu untuk tampil cantik dan segar setiap hari. Salah satunya dengan make-up. Namun, beberapa dari mereka nggak sadar bahwa kesalahan saat menggunakan make-up justru akan membuat wajahnya terlihat tua. Biasanya, hal ini dialami oleh cewek-cewek yang baru belajar berdandan.

Nggak perlu khawatir, biar kamu nggak keliru saat menggunakan make-up, Hipwee punya trik untuk membantu permasalahan ini. Simak baik-baik, ya!

1. Membersihkan wajah sebelum make-up adalah wajib, gunakan pembersih wajah yang lembut agar kadar minyak dalam wajahmu tetap terjaga

pakai pembersih sekaligus penyegar lebih baik via www.google.co.id

Kamu harus selalu membersihkan wajah setiap kali sebelum menggunakan make-up. Membersihkan wajah penting untuk menghilangkan kotoran atau bahan kimia yang menempel pada wajah. Karena make-up juga bahan kimia yang nantinya akan mengotori wajahmu juga. Kalau wajahmu sudah bersih duluan, kan jadi nggak menumpuk kotorannya.

2. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Usahakan yang punya kandungan SPF  juga

pakai pelembab juga jangan lupa via www.google.co.id

Advertisement

Pelembab berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan make-up sehingga menempel sempurna pada wajah juga mencegah kulit kering dan mengelupas.

Hal ini sangat penting untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah usai dibersihkan. Kulit yang kering akan menua lebih cepat jika tidak dilembabkan. Carilah pelembab dengan kandungan SPF di dalamnya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan untuk menghindari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari setiap harinya.

3. Pilihlah fondation atau alas bedak sesuai warna kulitmu, jangan lupa sapukan juga di leher supaya nggak belang

sapukan yang rata, ya! via mac.h-cdn.co

Pemilihan warna foundation memang perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih foundation dengan warna yang paling mendekati warna kulitmu atau setidaknya satu tone lebih gelap. Foundation yang terlalu gelap akan membuat kulit wajahmu kusam. Sebaliknya, jika warnanya terlalu terang, kulit wajah akan terlihat seperti menggunakan topeng.

Gunakan fondation secara merata dan tipis di area wajah termasuk area leher. Nggak jarang cewek lupa untuk memulas foundation pada leher, sehingga membuat kulit terlihat belang.

4. Samarkan flek dan kerutan di wajah dengan penggunaan concealer yang tepat. Pilih juga concealer sesuai jenis kulitmu

jangan sampai keliru memulasnya juga, ya! via cos.h-cdn.co

Kulit di bagian bawah mata tujuh kali lebih tipis dari kulit wajah bagian lain, diperlukan sentuhan yang ringan saat memakai concealer di bawah mata.

Menggunakan concealer itu cukup rumit. Pilihlah warna concealer yang pas dengan warna kulitmu. Jika wajahmu adalah jenis kulit berminyak, gunakan dry concealer yang nggak mengandung banyak minyak dan tahan lama. Sebaliknya, jika kulitmu kering, gunakan concealer berbentuk krim atau cair agar nggak menggumpal ketika kering. Sebaiknya, campur dulu concealer dengan pelembab, kemudian aplikasikan pada wajah agar hasilnya lebih natural.

5. Pakai bedak jangan berlebihan, gunakan seperlunya biar wajahmu nggak keputihan

yang rata juga nih, jangan kaya lenong via www.dermacolcosmetics.com

Pemilihan warna bedak sama ketika kamu memilih warna fondation, carilah yang mendekati warna kulit atau satu tone lebih gelap. Sapukan secara merata dan jangan berlebihan. Hindari juga menggunakan bedak berlebihan di sekitar area mata karena nggak memproduksi minyak seperti bagian wajah lainnya. Untuk wajah berminyak, baiknya gunakan bedak tabur agar minyak berlebih di wajahmu terserap.

6. Bentuklah alis agar terlihat natural, hindari menggunakan alis berwarna hitam agar wajah nggak terkesan garang

contoh tampilan alis natural

Alis merupakan frame dari wajah kita, maka dari itu alis bisa dibilang make up yang sangat menentukan bentuk serta ekspresi wajah kita.

Untuk memberikan kesan muda, bentuklah alis secara alami dan penuh tanpa membuat sudut yang terlalu tinggi. Alis tipis dan tinggal segaris hanya akan membuat kamu terlihat semakin tua dan ketinggalan zaman. Begitupun dengan alis yang terlalu tebal.

Pilih juga warna pensil alis yang sesuai dengan warna rambut kamu agar terkesan lebih natural, dengan begitu wajahmu akan terlihat cerah dan mempesona. Hindari warna hitam kalau kamu nggak mau terlihat seperti wanita tua yang galak, ya.

7. Percantik bingkai mata dengan menggunakan eye liner cair dan aplikasikan tipis-tipis hingga sudut matamu

tipis-tipis asal rapih via 2.bp.blogspot.com

Mata akan terlihat lebih menonjol dengan eye liner cair. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, garis eye liner sampai dengan sudut mata. Penggunaan eye liner juga nggak boleh terlalu tebal karena eye liner yang tebal hanya akan membuat riasan wajah menjadi norak dan membuat kamu terlihat tua. Pulaslah eye liner secara tipis, untuk memberikan kesan natural pada wajahmu.

8. Hindari eye shadow berwarna metalik karena justru menegaskan garis kerut wajahmu

warna-warna ini nggak bakal bikin kamu terlihat tua via 2.bp.blogspot.com

Warna-warna metalik seperti silver dan gold memang memberi kesan lebih elegan. Namun penggunaan warna metalik yang mengkilap justru akan semakin memperjelas garis-garis halus pada wajah, yang akhirnya akan membuat kamu terlihat semakin tua.

Sebaiknya kamu gunakan eye shadow dengan warna-warna yang lembut seperti abu-abu atau soft pink yang bertekstur matte dan nggak mengkilap, agar warnanya terlihat lebih menyatu dengan warna kulitmu.

9. Aplikasikan blush on di atas tulang pipi bukan di cekungannya, jangan lupa sesuaikan dengan warna kulitmu

sapukan di atas tulang pipi via i.huffpost.com

Mengoleskan blush on secara melingkar di titik tertinggi tulang pipi akan membuat wajahmu terlihat lebih muda dan segar.

Sapukan blush on pada tulang pipi bagian atas dengan gerakan menyamping ke bagian luar (mengarah ke bagian atas telinga). Cara ini juga akan membuat wajah kamu tampak lebih tirus. Sementara untuk pemilihan warna, pilihlah warna-warna yang cerah dan lembut seperti orange dan peach, yang akan membuat tampilan wajah kamu tampak fresh dan lebih muda.

10. Pilihlah lipstik yang berwarna cerah, tambahkan lip gloss untuk memberi kesan segar dan awet muda

bentuk sesuai lekuk bibir via beautycounselor.files.wordpress.com

Nggak semua warna lipstik cocok untuk warna kulitmu. Meskipun lipstik warna tua seperti merah dan ungu sedang menjadi tren saat ini, namun untuk warna kulit tertentu bisa membuat wajah lebih gelap dan tua. Bila ingin tampil lebih muda dan natural pilih warna muda atau sheer color dengan aksen glossy. Untuk memberi kesan kilau pada bibir, gunakan lipstik matte, lalu tambahkan lip gloss sedikit di bagian tengah.

Selain itu, sebaiknya kamu seimbangkan antara penggunaan warna terang dan gelap, misal jika sudah menggunakan warna terang pada bagian bibir, gunakanlah warna yang lembut bagian pipi. Penggunaan beberapa warna akan membuat wajah kamu terlihat lebih fresh dan enak untuk dilihat.

Nah, mulai sekarang, terapkan trik-trik ini ya, supaya kamu nggak gagal menggunakan make-up dan nggak di kata emak-emak. Cheers!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!