“Oh NO! Bajuku kelunturan nih, padahal baju kesayangan banget.”

Memiliki barang-barang kepunyaan yang wajib memanglah dibutuhkan demi menunjang penampilan. Karena alasan ini kita bisa dengan mudah mengeluarkan uang demi membeli barang. Hmmm….mengikuti tren sih iya, tapi apa nggak sayang uangnya?

Nggak usah buru-buru beli barang baru. Karena ada kok cara buat bikin barang kesayanganmu awet. Hipwee sudah punya 6 cara ampuh buat menjaganya. Apa saja ya kira-kira?

1. Kamu nggak perlu galau lagi mengatasi baju yang kelunturan, campuran detergen dan micin bisa menyelamatkanmu.

duh, luntur nih! via rinso.co.id

“Hah?? Micin?!!” Salah satu hal yang menyebalkan di dunia ini adalah ketika baju-baju kesayangan kita kelunturan dengan warna lain dan tampilannya menjadi aneh. Meskipun nggak sengaja, melihat baju yang kelunturan itu bisa bikin bad mood bahkan galau berhari-hari, ya nggak? Tapi kamu nggak usah kuatir kalau bajumu ada yang kelunturan dan susah untuk menghilangkannya, ada cara ampuh dan prkatis yang bisa kamu tempuh dengan langkah-langkah ini :

Advertisement
  • siapkan 1 sdt micin (MSG), satu jumput detergen bubuk, panci dan air secukupnya
  • rebus air dalam panci, masukkan detergen dan 1 sdt micin
  • sebelum air mendidih (tapi sudah panas) masukkan baju yang kelunturan tadi
  • tunggu sampai air didihan tadi berubah warna seperti warna yang melunturi baju
  • jika sudah hilang, angkat perlahan
  • bilas dengan air dingin dan detergen hingga bersih, keringkan

Mudah dan praktis bukan?

2. Nggak cuma ampuh membuat motor menjadi mengkilap, semir ban motor ini juga ampuh menghilangkan jamur di jaket kulitmu, lho.

biar jaket kulit tetap mengkilap via slideshare.net

Punya barang-barang kesayangan yang berbahan kulit itu memang butuh perawatan khusus serta ketelitian saat memakainya, termasuk juga jaket kulit. Perawatan jaket kulit yang tak bisa sembarangan dicuci, seringkali membuat pemakainya bingung mencari cara supaya tampilan jaket kulit tetap apik nan mengkilap. “Gimana sih caranya?” Pakai saja semir ban motor serta spons cuci piring yang bersih demi perawatan yang makin sempurna. Semprotkan semir tadi secukupnya lalu bersihkan dengan spons dengan gerakan dari atas ke bawah atau sebaliknya secara beraturan. Tunggu hingga kering dan tak perlu dibilas. PS : simpanlah jaket kulit kesayanganmu di tempat yang memiliki sirkulasi udara, tidak begitu kering dan lembab agar jamur tak bisa tumbuh.

3. Tidak hanya bermanfaat menyehatkan tubuh, khasiat minyak kayu putih ternyata mampu memerangi noda di gadget kesayanganmu.

minyak kayu putih dan segudang manfaatnya via allaboutinformasi.com

Menurut beberapa ahli, minyak kayu putih memang dibuat melalui proses penyulingan yang tak hanya menghasilkan efek hangat, tapi juga kesat. Dengan kandungan kesatnya inilah noda-noda pada gadget atau elektronikmu akan terangkat sempurna. Cukup teteskan sedikit minyak kayu putih pada kapas, usapkan pada noda membandel yang menempel, tak perlu dibilas dan ulangi jika diperlukan. Jadi, nggak bermanfaat buat kerokan doang ‘kan?

4. Punya koleksi tas atau sepatu kanvas yang gampang kotor? Sapukan saja shampo bayi. Nggak cuma bersih, koleksi kanvasmu juga akan semakin awet.

yuk rawat canvas stuffmu! via remodista.com

Tanpa menyita banyak waktu, ini dia cara praktis membersihkan canvas stuffmu :

  • siapkan mangkuk berisi air, lap bersih dan shampo bayi
  • basahi lap dan teteskan 2-5 tetes shampo bayi ke dalam mangkuk
  • pegangi tas dan bersihkan dengan lap yang tercampur shampo bayi tadi
  • usap lembut agar permukaan kanvas tak rusak
  • jemur dan keringkan canvas stuff di daerah yang tak terkena sinar matahari, biarkan semalaman.

Meski canvas stuff bukan barang maal, tak ada salahnya dong kamu merawatnya dengan seksama?

5. Alat make up-mu pun tak boleh luput dari tahap pembersihan. Lakukan rutin 1 minggu sekali dengan sabun atau shampo bayi sudah cukup, kok.

bersih-bersih alat make up via minibeautylife.com

Seberapa pun mahalnya harga alat serta make up-mu, akan percuma saja jika kebersihannya tak dijaga dengan baik. Debu, kotoran dan kuman yang bisa datang darimana saja bisa saja hinggap dan mengganggu kesehatan kulitmu. Jerawat, iritasi ringan bahkan berat pada kulit berpeluang besar muncul di bagian-bagian kulitmu yang sensitif jika ketelitianmu kurang dalam tahap pembersihan. Tak perlu repot-repot dan mengeluarkan biaya banyak untuk mengganti alat make up-mu, membasuhnya rutin dengan sabun atau shampo bayi sudah cukup ampuh untuk merontokan kotoran yang bandel dan sering menempel. Lakukan selama 1 minggu sekali agar kesehatan kulitmu jug ikut terjaga, ya.

6. Dengan membubuhkan sedikit garam dapur, bekas kopi atau sirup yang menempel di baju favoritmu tak perlu dirisaukan lagi.

noda kopi tuntas! via pgeveryday.com

Kandungan yodium yang kaya pada garam, membuatnya menjadi primadona dalam urusan menghilangkan bekas kopi atau sirup pada pakaian. Tak hanya ampuh, baju pun takkan menjadi kusam dan rusak jika kamu berhati-hati dalam membersihkannya.

  • siapkan garam secukupnya sesuai kebutuhan
  • basahi bagian pakaian yang terkena noda
  • usapkan garam, tunggu sebentar lalu kucek perlahan hingga noda memudar atau hilang
  • bilas dengan air dingin, cuci dan keringkan seperti biasa

Dengan cara ini, kamu nggak perlu kuatir lagi untuk tetap menikmati kopi atau minuman lainnya yang akan menodai bajumu. Nggak sulit kok menjaga barang-barang favoritmu supaya awet dan tetap mengkilap. Kuncinya cuma telaten sama sabar aja sih. Good luck!

Kredit Featured Images by http://pgeveryday.com