Bagi anak kost, kegiatan mencuci baju ataupun menggunakan jasa laundry sudah menjadi makanan sehari-hari. Berbeda dengan mereka yang terbiasa mencuci baju secara mandiri, para pekerja yang nggak punya waktu luang untuk mencuci baju akan mempercayakannya pada jasa laundry.

Belum lagi kegiatan mencuci baju harus dilanjutkan ke kegiatan menjemur dan menyetrika baju. Bagi para wanita maupun pria karir, hal tersebut sangatlah menyita waktu. Timbul perasaan malas dan akan semakin besar ketika berada pada situasi yang mengharuskan untuk segera mencuci baju.

Tapi, sesimpel apapun menitipkan cucian pada jasa laundry, ternyata ada beberapa hal yang nggak kamu dapatkan ketimbang mencuci sendiri. Kira-kira apa saja, ya?

1. Biaya yang dikeluarkan lebih besar, meski pada kenyataannya menghemat waktu dan tenaga

lebih hemat via www.etsy.com

Menggunakan jasa laundry memang kelihatannya lebih murah ketimbang mencuci sendiri, apalagi membeli mesin cuci baru.

Advertisement

Misalnya saja, tiap bulan kamu harus menitipkan sebanyak 10 kg baju kotor kepada jasa laundry, yang mana perkilonya menghabiskan sekitar 4 ribu rupiah. Sedangkan dengan mencuci sendiri kamu hanya perlu membeli deterjen seharga 30 ribu yang bisa digunakan lebih dari dua bulan.

Bisa dilihat ‘kan perbandingannya? Memang sih dengan menggunakan jasa laundry, waktu dan tenagamu nggak akan terbuang. Tapi, bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran, tentunya akan lebih memilih untuk mencuci baju secara mandiri, bukan?

2. Kamu nggak bisa melihat proses pencucian laundry, rasanya ada yang kurang walaupun kamu tetap puas dengan bau harumnya

nggak ketahuan prosesnya via www.wisegeek.com

Siapa sangka, pada proses pencucian, semua pakaian kotor dijadikan satu untuk dicuci, termasuk pakaian kotor orang lain. Hal itu akan menyebabkan tercampurnya juga kuman dan bakteri yang ada. Sedangkan proses mencuci di jasa laundry nggak dapat membunuh kuman dan bakteri secara 100 persen.

Jadi, kalaupun kamu menggunakan jasa laundry, pastikan terpercaya dan terjaga kebersihannya, ya!

3. Pakaian yang di laundry bisa rusak, luntur, tertukar atau hilang. Nggak rela sih, tapi mau gimana lagi?

kelunturan via bestcleaningcloth.com

Boleh taruhan deh, kamu yang kerap menggunakan jasa laundry pernah rusak, luntur, tertukar atau hilang bajunya. Memang nggak bisa dipungkiri bahwa salah satu kekurangan menitipkan baju kotor di jasa laundry adalah rela tersisih salah satu bajunya.

Satu lagi kenyataan yang perlu kamu ketahui bahwa penyebab hilangnya baju-bajumu adalah karena tergilas dan masuk ke dalam mesin cuci. Fakta ini ditemui baru-baru ini. Adalah ‘apes’ kalau kamu sampai mengalaminya.

4. Ternyata nggak semua baju hasil laundry berbau wangi, apalagi musim hujan seperti sekarang ini

apek kalau nggak kering via equator.eftours.com

Menitipkan baju di jasa laundry bukan jaminan bajumu bakal wangi. Beberapa justru bakal berlebihan wanginya, sampai isi lemarimu juga ikutan wangi. Tapi pada kondisi tertentu, baju laundry akan berbau apek, apalagi jika musim hujan seperti ini. Otomatis proses pengeringan nggak akan selancar biasanya.

Hal ini nggak akan jadi masalah, jika kamu merasa lebih beruntung mendapati baju laundry yang apek ketimbang harus mencuci dan mengawasi sendiri proses pencucian hingga pengeringannya. Hehe…

5. Kadang hasilnya nggak sesuai dengan situasi kondisi, baju belum beres padahal butuh dipakai

padahal butuh pakai via www.verywell.com

Kamu yang terbiasa nge-laundry pasti pernah mengalami kondisi ketika baju laundry-an belum jadi padahal saat itu kamu sangat membutuhkannya untuk dipakai. Nah, inilah salah satu konsekuensi yang harus kamu terima ketika menggunakan jasa laundry.

Meski waktu pengambilannya sudah ditentukan, tapi bukan jaminan kalau kamu bisa memastikan bahwa bajumu akan selesai di waktu yang ditentukan tersebut. Bisa jadi karena masalah antrian atau cuaca yang nggak mendukung, bajumu baru bisa selesai di waktu yang nggak sesuai dengan ekspektasi. kecuali jasa laundry-mu memang terpercaya dan bisa diandalkan lho, ya!

6. Memang jarang terjadi, tapi nggak lucu kan kalau laundrynya tutup tiba-tiba -_-

tiba-tiba tutup via www.citynews.ca

Risiko yang satu ini memang nggak banyak dialami sih, tapi ada, dan kamu harus tahu supaya bisa mengantisipasinya. Beberapa kasus menyebutkan bahwa ketika sedang banyak-banyaknya baju yang dititipkan di jasa laundry, disaat itu juga kamu kehilangan jejak jasa laundry tersebut.

Tanpa disangka-sangka, jasa laundry tersebut terpaksa tutup atau pindah toko karena beberapa hal yang mendesak. Padahal bajumu yang segunung itu belum sempat kamu ambil. Konsekuensi ini yang patutnya kamu ketahui agar bisa diantisipasi sejak dini. ‘Kan syediiiih 🙁

Nah, sekarang kamu jadi paham risiko kalau malas mencuci bajumu sendiri ‘kan? Bukan melarangmu untuk nggak lagi menggunakan jasa laundry, hanya membuka matamu tentang keuntungan yang didapat dengan mencuci baju sendiri. Jangan sampai keliru memilih jasa laundry, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!