Menjalani rutinitas harian pastilah menimbulkan rasa bosan. Entah kamu pekerja kantoran, mahasiswa, atau masih duduk di bangku sekolah sekalipun – merasakan bosan atau jenuh adalah hal yang wajar.

Namun, ketika bosan dan jenuh yang kamu rasakan tak lagi bisa dikendalikan, hal itu justru akan mengganggu produktivitasmu. Akibatnya pekerjaan mentok, tugas nggak selesai, dan belajar pun jadi nggak maksimal. Dan jika saat ini jenuh tengah melanda hari-harimu, coba deh terapkan 8 tips berikut ini!

Rehatkan Sejenak Pikiran dan Tubuhmu. Nikmati Akhir Pekan Kali Ini Tanpa Menyentuh Gawaimu

Unplug via i.huffpost.com

Setelah sepekan, tinggalkan segela sesuatu yang berbau pekerjaan pada tempatnya. Nikmati weekend tanpa mengecek email dan bbm dari atasan. Dengan begitu, otak kamu mendapat kesempatan untuk istirahat dan segar kembali untuk bekerja minggu depan.

Jangan Melakukan Hal Yang Itu-Itu Saja, Sesekali Kerjakan Aktivitas Yang Tak Biasa

lakukan aktivitas yang tak biasa via www.hipwee.com

Advertisement

Lakukan hal yang nggak nyambung dengan pekerjaan harian kamu, karena itu merupakan cara yang baik untuk me-refresh pikiranmu. Alasan kenapa kamu sering mendapat ide saat lagi bersantai ialah karena tubuh kamu tidak dalam keadaan bekerja. Sehingga otak mendapat suasana baru yang membuat ia segar dan kembali meningkat fungsinya.

Jika kamu seharian berkutat dengan komputer atau buku, luangkan setengah jam untuk melakukan hal yang nggak ada kaitannya sama sekali dengan pekerjaanmu seperti, bermain gitar, memasak, berolahraga dan sebagainya.

Demi Menambah Wawasan, Luangkan Waktumu Untuk Bertemu dan Mengobrol Dengan Teman

Buka pembicaraan via wallstreetinsanity.com

Menghabiskan waktu membaca buku sendirian memang baik untuk menambah wawasanmu, tapi ada proses pemikiran yang besar terjadi ketika kamu hang out bareng teman-teman. Kalian berbicara, berargumen, dan cekcok di dalam argumen tadi. Kamu akan tambah pinter jika bersama orang lain.

Intinya, interaksi kamu dengan manusia lain akan membawa kamu ke sumber pengetahuan baru. Jadi kumpulin teman-temanmu, ajak hang out. Tapi ngobrol, ya jangan asyik dengan gadget masing-masing.

Agar Memori Otak dan Kreativitasmu Tetap Terjaga, Rajin-rajinlah Mengakrabi Renjana

Siapa sangka kalau kamu rupanya seorang rock star via 31.media.tumblr.com

Berkerja sebagai akuntan bukan alasan untuk kamu berhenti menjalani hobi menulis. Passion, gairah, atau renjana akan melatih memori otak karena kamu akan menerima bermacam informasi baru. Kamu juga akan bertemu orang yang memiliki hasrat yang sama, yang secara langsung akan menambah kreativitas kamu.

Sekadar Tahu Soal Tren Terbaru Memang Sah-sah Saja, Tapi Kamu Tak Harus Mengikutinya Dengan Buta

Tahu Apa yang Kamu Pikirkan via i.huffpost.com

Waktu Raditya Dika meluncurkan buku (baca: film) baru nggak serta merta kamu harus ikutan baca/nonton. Kamu juga nggak wajib memborong CD di toko musik hanya karena Rolling Stone baru saja menulis artikel “10 Album Favorit Kami Bulan Ini”. Sudah saatnya kamu keluar dari arus dan menentukan sendiri materi apa yang harus ‘dicerna’ oleh otakmu.

Tanpa Harus Selalu Mengandalkan Teknologi, Lakukan Tugas-tugasmu Secara Manual Agar Ilmumu Bertambah Lagi

Tahu Batasan dan Kemampuan via cobaltpm.com

Kamu yang paling paham dengan kemampuan intelektualmu, jadi kamu tahu kapan saat yang tepat untuk beralih ke ‘kecerdasan buatan’ seperti komputer. Jangan melulu menyerahkan semua pekerjaan ke ‘robot’ karena seperti memberi kalkulator kepada anak SD, kamu nggak akan memahami konsep dan prosedur sebuah pekerjaan diselesaikan.

Temukan Pelajaran-pelajaran Bermutu Dengan Update dan Bermain Video Game Terbaru

Pelajari Sejarah Bajak Laut dengan Video Game via www.justpushstart.com

Setelah sekian lama video game dianggap orang tua sebagai biang kerok turunnya prestasi akademik anak mereka, kini sudah waktunya kamu melihat video game sebagai media pembelajaran. Video game akan membuatmu penasaran dengan programming dan komputasi. Game seperti Assassin’s Creed: Black Flag bakal membuka wawasanmu soal sejarah bajak laut. Dan yang lebih penting video game menghilangkan stres. Baik untuk menyegarkan pikiran.

Teknologi Memang Harus Maksimal Dimanfaatkan, Jangan Jadi Pribadi yang Malas dan Ketinggalan Zaman

Google Glass: Manusia beradaptasi dengan teknologi via www.tapscape.com

Manusia beradaptasi dengan lingkungannya. Tapi hari ini manusia harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Seperti yang udah disinggung sebelumnya, kamu harus tahu kemampuan dan keterbatasanmu dalam memanfaatkan teknologi!

Nah, gimana? Setuju dengan poin-poin di atas? Jika saat ini kamu tengah dilanda jenuh dan bosan, nggak ada salahnya menjajal tips-tips dalam artikel ini, ‘kan?