Era modern seperti sekarang berpengaruh terhadap cara masyarakat dalam menikmati hidup. Peralatan serba modern seperti ponsel – yang kini berada dalam genggamanmu pun ikut memudahkan segalanya. Bukan hanya sebagai penunjang komunikasi, tapi juga membantu dalam mengabadikan momen sehari-hari. Nggak heran deh selfie jadi masuk ke dalam daftar kegiatan yang sering kamu lakukan.

Tapi, kamu sadar nggak kalau setiap pose selfie sebenarnya punya makna tersendiri buat menentukan karaktermu, bahkan menimbulkan penilaian tersendiri di mata orang lain?

Nah, supaya kamu nggak dinilai aneh-aneh sama mereka, nggak ada salahnya ketahui dulu arti pose-pose selfie yang biasa kamu pakai. Kalau udah paham penilaian orang lain bagaimana, kamu bisa sortir selfie seperti apa yang bakal diunggah pada media sosial selanjutnya. Langsung saja yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Layaknya seorang selebriti, pose baru bangun tidur adalah favoritmu. Seakan-akan semua orang harus tahu kalau wajahmu tetap menarik walau belum cuci muka

memang kamu selebriti? via www.huffingtonpost.com

Jika kamu selebriti atau paling tidak selebgram, pose selfie satu ini bakal dimaklumi para kenalanmu di medsos. Sayangnya, gaya I woke up like this ini sering bikin jengah mereka lantaran kamu dianggap bukan siapa-siapa. Kamu bakal dinyinyirin atau jadi bahan obrolan kalau rajin mengunggah selfie gaya baru bangun tidur. Bagimu, wajah yang tetap cantik dan menawan hati (terutama belum cuci muka sama sekali) selalu ingin dipamerkan ke orang lain.

Advertisement

Itu hak-mu sih, tapi serius deh mereka bakal males sama kamu karena dinilai terlalu narsis.

2. OOTD sambil ngaca di kamar atau baru kelar nge-gym. Antara pengen terlihat rajin olahraga atau pamer kalau kamu punya baju baru

mau pamer apa nih? via buzzsouthafrica.com

Beberapa tahun belakangan ini selfie dengan gaya outfit of the day (OOTD) sambil berkaca semakin menjamur. Pose seperti ini memang biasa kamu lakukan saat mau pergi – dengan penampilan terkece. Nah, selfie pun nggak cuma saat OOTD, tapi juga lagi nge-gym, lho. Sambil mengarahkan ponsel ke kaca, kamu memperlihatkan tubuhmu yang sebentar lagi mendekati atletis.

Kebanyakan sih orang bakal mikir gini; ini orang mau olahraga apa pamer body?

3. Niatnya pengen dianggap lucu dan imut dengan pose duckface. Tapi, yakin bibir monyong-mu itu nggak ganggu orang lain?

duckface via www.elle.com

Kalau mau pose duckface, perhatikan dulu lipstik atau riasan wajahmu. Jangan sampai belepotan 🙂

Salah satu artis dalam negeri – Raline Shah sering banget unggah foto-foto selfie bergaya duckface. Para selebriti atau model bakal terlihat menarik dengan pulasan make-up sempurnanya, sehingga selfie duckface mereka terlihat konyol yang lucu. Tapi, kalau kamu tetap memaksa selfie dengan riasan seadanya dan ekspresi biasa saja, yang ada hasil duckface-mu malah aneh dan sangat mengganggu.

Kamu sendiri kalau ada teman muncul di timeline medsos dengan foto selfie duckface, merasa terganggu nggak?

4. Selfie sambil nangis; aneh dan terkesan lebay!

Kamu pasti sering melihat pose selfie yang satu ini di medsos, khususnya Instagram. Dengan air mata yang masih berlinang, pelaku selfie sambil nangis ini memang bikin pemandangan medsos jadi nggak bagus. Haha. Bukannya apa-apa, yang ada kita sebagai pemirsa malah bertanya-tanya, ‘ini orang maksudnya apa sih!!’.

Logikanya, kalau lagi sedih kok sempat-sempatnya foto? Helllaaww!

5. Sejatinya, foto dan caption itu harus beriringan. Fotonya selfie, eh… caption-nya ceramah. Iki piye?

selfie vs ceramah via retaildetail.com

Dengan pose selfie yang menurutmu telah paripurna, kamu pun masih punya PR selanjutnya yakni menuliskan caption yang sekiranya orang lain bakal suka. Nggak peduli mereka bakal berpikir apa, yang jelas caption-mu harus benar-benar menyita perhatian.

Fotonya selfie sambil miringin kepala, captionnya ‘Ya Tuhan, maafkanlah mereka yang selalu menghina dan menganggapku tak berharga. Semoga Engkau selalu bersamaku Ya Tuhan…’

6. JANGAN PERNAH posting foto selfie lebih dari dua dalam satu waktu. Selain kurang kerjaan, ini juga sangat mengganggu!

asal yang diunggah jangan dengan pose yang sama saja via www.sugarscape.com

Kamu bukan online shop. So, ngapain posting foto selfie sebanyak 5 kali dalam satu waktu?

Rasa benci kini sudah merambah di media sosial. Bukan hanya di dunia nyata, seseorang akan seketika melontarkan kata-kata kasar kepada orang lain dengan mudahnya. Sekalinya ada orang yang spamming (nyampah) di medsos, kamu sebagai pengguna aktifnya pun tak segan berkomentar pedas di foto orang tadi, karena kamu merasa jengah dan terganggu.

7. Kalau nggak mau dikomentari pedas, ya jangan ‘buka warung’ di akun-mu

vulgar via liputan6.com

Pengguna internet zaman sekarang itu banyak yang ‘nakal’ dan nggak tahu tempat untuk menuangkan segala ekspresinya. Untuk itu, mumpung kamu masih waras, kurang-kurangi deh foto selfie yang mengundang komentar pedas dan mengesankan kalau kamu terlalu ‘buka warung’, sehingga ada banyak ‘pelanggan’ berdatangan.

8. Seakan dunia milik kalian berdua, terlalu mengumbar kemesraan juga bikin orang lain ilfeel dibuatnya

dunia milik berdua via instagram.com

Inilah daftar komentar dari orang lain jika kamu terlalu sering mengumbar kemesraan di medsos;

  • ‘Ini orang waras nggak sih, mau manas-manasin kaum jomblo apa gimana?
  • ‘Sekali dua kali sih nggak apa-apa, tapi kalau keterusan gini alay banget sih mereka!’
  • ‘Woy! Emang dunia cuma milik kalian berdua??’

Memangnya kamu mau mendapat sumpah serapah dari orang lain dan malah berimbas buruk ke hubunganmu?

Sebagai pengguna internet yang bijak, sudah selayaknya kamu pintar-pintar memilih konten mana saja yang layak untuk di-posting. Kamu nggak sendiri di media sosial, ada miliyaran orang yang juga punya hak untuk menikmati fitur-fitur yang ada di sana. Jadi, selfie nggak apa-apa, asal tahu tujuannya. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya