Siapa sih yang gak ingin punya tubuh yang indah? Perut rata, kulit sehat, kaki jenjang, berat badan ideal. Banyak orang yang rela keringat bercucuran saat angkat beban di tempat fitness untuk ini. Kamu pun mungkin rela kulitmu menjadi lebih gelap karena jogging setiap hari di bawah sinar matahari.

Nah, jika kamu ingin tidak suka dengan keringat yang bercucuran atau kulit yang jadi hitam karena kepanasan, kamu bisa mencoba olahraga yang lain — misalnya saja berenang. Olahraga air ini menawarkan manfaat paket lengkap untuk mendapatkan bentuk badan yang indah. Selain membakar lemak, kamu juga bisa lebih bahagia saat keluar dari kolam. Bahagia? Yup; kamu yang penasaran, di sini Hipwee akan menjelaskan berbagai manfaat yang bisa kamu dapat dengan menekuni olahraga renang.

1. Tak perlu bau keringat dan kegerahan di jalan. Kamu bisa mendapatkan berat badan ideal dengan membakar kalori di dalam air.

Berenang membakar banyak kalori via www.crewsswimming.com

Mendapatkan berat badan ideal memang selalu menjadi idaman. Selain mengatur pola makan, kamu juga harus rela membakar kalori yang tersimpan jadi lemak di tubuhmu. Salah satunya caranya dengan olahraga berenang  dengan rutin. Gak perlu seharian di kolam, kamu hanya perlu berenang dengan tenang selama satu jam setiap hari. Dengan ini saja, kamu sudah bisa membakar hingga 500 kalori. Dan jika kamu ingin membuat badanmu ramping lebih cepat, berenanglah dengan ritme yang lebih cepat agar kamu bisa membakar kira-kira 700 kalori.

Tak harus memaksakan diri. Berenanglah dengan cara bertahap. Kamu bisa istirahat selama 1 menit setiap berenang selama 5 menit. Namun perlu dicatat ya, istirahat di sini bukan berarti kamu ke luar dari kolam lalu makan. Maksudnya adalah kamu bisa bermain-main air di pinggir kolam atau minum air putih. Dengan rutin berenang seperti ini, kamu bisa terhindar dari badan yang kegendutan. Cukup menjanjikan ‘kan?

2. Dengan rutin berenang, tubuh seperti penari bukan lagi mimpi. Kegiatan ini tak hanya akan membakar kalori, tapi juga bikin tubuhmu menjadi lebih lentur dan gemulai.

Advertisement

Bikin tubuhmu menjadi lebih gemulai via highonsunshine.wordpress.com

Siapa sih yang gak terpesona melihat para penari yang lihai melipat tubuh indah mereka? Layaknya boneka kain, tubuh mereka bergerak dengan lincah seperti tidak punya tulang yang bisa patah. Tahukah kamu bahwa kamu bisa menjadi lebih gemulai seperti mereka dengan berenang secara rutin?

Ya — selain membakar kalori, olahraga ini juga bisa melembutkan gerak tubuhmu. Kamu bisa merasakan ‘kan ketika di dalam air tubuhmu akan menjadi lebih ringan? Hal ini dikarenakan gaya gravitasi di dalam air lebih rendah dibandingkan saat di daratan, sehingga kamu “kehilangan” berat badan. Nah, kondisi seperti ini akan membuat tulang dan persendianmu beristirahat dari lelahnya menyangga badan saat di luar air. Gerakan renang di dalam air ampuh untuk merelaksasi seluruh tulang dan  persendian menjadi tidak kaku lagi. Jadi tubuhmu bia menjadi lentur dan bebas bergerak tanpa takut persendian rusak. Gerakan dalam renang juga bisa memperkuat tulang lho. Dengan olahraga ini, gak heran tubuhmu akan lebih fleksibel seperti penari balet!

3. Menjadi orang yang menarik itu bukan hanya modal bentuk tubuh yang ideal, wajah bahagia dan pikiran yang relaks juga tak kalah penting.

Cantik luar dalam via www.gopixpic.com

Tampil menarik bukan hanya tentang bentuk badan yang ramping, tapi juga aura bahagia yang terpancar dari wajahmu. Dan olahraga berenang bisa mewujudkan itu semua. Berdasarkan riset ilmiah yang dilakukan di  University of Pittsburgh Medical Center membuktikan bahwa berenang dapat melepaskan hormon endorfin yang membuatmu menjadi lebih bahagia dan tenang. Selain itu, berbagai gaya berenang akan membuat ototmu relaksasi dan memaksamu mengatur nafas secara berirama. Hal ini ampuh untuk menghindarkanmu dari gejala stres yang berlebihan.

Itulah kenapa menyeburkan diri ke kolam bisa sangat menenangkan bagimu yang sedang tertekan. Selain membuat lemakmu menghilang, kegiatan ini juga bisa membuat pikiranmu menjadi lebih tenang.

4. Insomnia bisa membuat wajahmu jadi kusam. Nah, segar dan cerahnya wajah bisa kamu dapatkan ulang dengan berenang.

Kamu bisa tidur nyenyak via www.visualphotos.com

Insomnia seringkali menjadi penyebab kulitmu tampak pucat. Nah, berenang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan ulang kulit cerahmu. Cobalah untuk berenang di pagi, siang, atau sore hari demi kulit yang lebih cerah. Namun jika kamu hanya bisa berenang di malam hari, disarankan menggunakan kolam dengan air hangat. Air hangat akan memudahkan otot tubuh menjadi lebih relaks saat keluar dari kolam. Selain itu hormon antistres yang dihasilkan tubuhmu juga akan membuatmu dapat tidur nyenyak. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari insomia. Mau coba? Kamu bisa bergegas menceburkan diri ke kolam renang terdekat!

5. Kamu pun tak harus khawatir cedera. Berenang memungkinkanmu mendapatkan tubuh indah dengan cara aman dan menyenangkan.

Berenang tanpa cedera via news.dphotographer.co.uk

Pernah cedera saat olahraga bisa membuat kamu trauma dan menjadi takut untuk memulai kegiatan fisik lagi. Tapi masih ada satu olahraga yang aman buat siapa saja, yaitu berenang. Gak sedikit orang yang pernah mengalami cedera justru melarikan diri pada olahraga air ini. Alasannya? Kamu tidak membutuhkan alat berat apapun untuk melakukan olahraga ini. Selain itu, tulang dan persendian tidak akan dipaksa menyangga tubuh kita secara berlebihan, karena berat badan kita yang “menghilang” dalam air. Tekanan air pada tubuh saat sedang berenang pun akan tersebar merata. Jadi kami tidak perlu khawatir salah satu organ bekerja keras berlebihan dari yang lain. Inilah mengapa kamu tak perlu takut cedera karena berenang.

Tapi pastikan kamu pemanasan dulu ya sembelum “nyemplung” ke kolam. Jika kamu belum terlalu expert dalam berenang, belajarlah secara perlahan. Dengan begitu, otomu juga gak akan jadi kram.

6. Olahraga yang punya berbagai manfaat bukan lagi mimpi. Soalnya, berenang juga bisa membuat badanmu jadi lebih tinggi.

Berenang meninggikan badan via pixgood.com

Jika kamu ingin olahraga paket lengkap, maka kamu bisa menambatkan hati pada berenang. Setiap partikel air di dalam kolam akan menekan badanmu secara menyeluruh dan seimbang, terutama pada bagian pinggul, tangan, bahu, dan bokong. Jadi hal ini akan membuatmu menjadi lebih ramping. Selain itu gerakan renang seperti gaya dada, kupu-kupu, gaya katak  juga akan melibatkan seluruh tubuhmu untuk bergerak. Gak jarang kamu harus menggerakkan kaki jika gak ingin tenggelam, jadi gak heran jika kakimu menjadi lebih jenjang. Tulang kuat dan otot kencang yang kamu dapatkan dari olahraga ini juga akan membantu badanmu menjadi lebih tinggi secara alami.

Setelah mendengar manfaat-manfaat di atas, masih adakah alasan buatmu untuk tak mempelajari olahraga ini?

Punya tubuh yang indah itu gak mustahil kok. Berenang bisa menjadi salah satu solusi bagimu. Siapa sih yang gak ingin tampil menarik dengan tubuh yang indah dan hati yang bahagia? Jadikanlah olahraga ini “tambatan hatimu” sekarang juga. Semoga berhasil, ya! 🙂