Kita sudah masuk ke bulan Oktober. Tandanya, sebentar lagi kita akan menyambut musim hujan. Pasti sudah terbayang di pikiranmu perkara basah kuyup ke kampus, susah cari makan, hingga genting bocor dan ancaman virus Demam Berdarah. Ya, selain dipercaya mendatangkan berkah, musim hujan memang potensial menghambat aktivitasmu.

Sayangnya, bagaimanapun juga musim hujan tidak bisa dihindari. Tinggal bagaimana caranya supaya aktivitas harianmu tidak lantas terhambat. Nah, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan barang-barang di bawah ini! Barang-barang apa saja sih? Baca artikel berikut, yuk!

1. Sedia Payung Sebelum, Selama, dan Setelah Hujan Menerpa

Lindungi kepalamu via nasional.news.viva.co.id

Bicara mengenai persiapan saat musim hujan, tentu saja benda ini menjadi yang pertama kali disebutkan. Payung memang menjadi kebutuhan esensial saat musim hujan. Benda ini dapat melindungi tubuhmu dari kebasahan, dan mencegah kepalamu pusing akibat terpaan hujan.

Pilihlah payung dengan ukuran kecil yang mudah untuk dibawa ke manapun. Pastikan selama 6 bulan ke depan, payung tersebut selalu ada di dalam tasmu, ya.

2. Jangan Lupa Sandal Karet Kalau Tidak Mau Kakimu Bau!

Advertisement

Sahabat kakimu selama musim hujan via destinasian.co.id

Buat kamu yang pengendara motor atau pejalan kaki, jangan lupa selalu siap sedia sandal karet di dalam tasmu. Jika di perjalanan sepatumu basah terkena hujan, kamu sudah memiliki alas kaki alternatif.

Jangan biarkan kakimu ada di dalam sepatu yang basah. Bukan hanya sepatumu yang akan berbau kurang sedap, kakimu pun juga. Keadaan di dalam sepatu yang lembab bisa mempercepat tumbuhnya bakteri atau mungkin jamur dan itulah yang menjadi penyebab hadirnya bau kurang sedap di kakimu. Nggak mau ‘kan selama musim hujan ini kakimu jadi bau?

3. Jangan Biarkan Tubuhmu Kedinginan Hingga Demam. Selalu Sediakan Handuk Kecil di Tas.

Selalu bawa handuk ini di tasmu via www.aliexpress.com

Jangan sampai kamu masuk kelas dengan keadaan rambut basah dan lepek, serta tubuh yang basah kuyup. Selain mengganggu penampilan, membiarkan tubuh dan rambutmu dalam keadaan basah juga bisa membuatmu flu, batuk, bahkan hingga demam.

Bawa selalu sehelai handuk kecil untuk membantu mengeringkan rambut dan tubuhmu yang terkena hujan. Jangan pernah tinggalkan handuk kecilmu di rumah ya.

4. Malas Banget Kalau Bajumu Jadi Menerawang Karena Basah. Makanya, Selalu Siapkan Baju Cadangan.

Basah kuyup tidak lagi jadi masalah via www.planetsports.net

Handuk kecil saja memang cukup untuk mengeringkan tubuh dan rambut, tapi bagaimana kalau baju yang kamu pakai juga ikut basah kuyup? Supaya tidak malu karena memakai baju yang basah kuyup, jangan lupa untuk selalu membawa baju cadangan kalau bepergian selama musim hujan ini. Tidak hanya menjadi penyelamat, mengganti baju sesegera mungkin juga dapat menghindarkanmu dari penyakit masuk angin. Kamu pun bisa beraktivitas dengan lancar seperti biasanya.

5. Kantong Plastik Bisa Berguna Untuk Menampung Segala Barang Basahmu

Bawa kantong plastik untuk baju basahmu via indocashregister.com

Sepatu, handuk kecil, dan baju yang basah kuyup jangan ditaruh begitu saja di dalam tas. Yang ada nanti tasmu juga ikutan basah. Oleh karena itu, siapkan selalu 1 kantong plastik di dalam tasmu. Gunakan kantong plastik tersebut untuk membungkus sepatu, handuk kecil, atau bajumu yang basah karena hujan. Tasmu pun akan tetap kering dan rapi.

6. Supaya Kamu Tidak Lapar atau Kumat Tukak Lambungnya, Selalu Sediakan Makanan Instan Bergizi

Persediaan makanan instan yang memadai via blognyamukti.wordpress.com

Tidak menentunya kapan hujan akan turun sering membuat kita kesulitan mencari makan di luar. Apalagi kalau kamu anak kost. Untuk mengantisipasi agar tidak kesulitan mencari makan, siapkanlah persediaan makanan instan di kamarmu.

Pilih makanan yang tahan lama, seperti mie instan, sup krim instan, nugget, sosis, dan telur. Makanan-makanan ini tidak akan basi dalam waktu dekat. Kamu tidak akan repot basah-basahan untuk mencari makan saat situasi hujan, deh.

7. Nggak Mau ‘Kan Romantis-Romantisan Gelap-Gelapan di Kamar? Selalu Sediakan Lilin dan Senter!

Lilin sebagai alternatif penerangan via www.indonetwork.co.id

Di musim hujan seringkali terjadi pemadaman listrik mendadak. Terutama saat hujan besar. Hal ini biasanya dikarenakan adanya sambaran petir atau pohon yang tumbang dan menimpa kabel listrik.

Nah, supaya tidak gelap-gelapan di kamar kost, kamu perlu menyediakan alat penerangan alternatif seperti lilin dan senter. Untuk lilin, sediakan dalam jumlah yang cukup supaya nanti kamu tidak perlu kerepotan kalau kost-mu mati listrik lagi.

8. Asupan Vitamin C untuk Menambah Daya Tahan Tubuh

Siap sedia vitamin C via cantique.co

Saat musim hujan, udara akan lebih lembab dibandingkan dengan biasanya. Belum lagi dengan genangan air yang di mana-mana dapat memicu tumbuhnya jentik-jentik nyamuk Aedes Aegepty. Kalau daya tahan tubuhmu tidak terjaga dengan baik, bisa-bisa kamu terkena flu berkepanjangan. Atau yang lebih parah lagi, terjangkit virus Demam Berdarah Dengue.

Untuk menjaga supaya kondisi tubuhmu tetap fit, konsumsilah vitamin C setiap harinya. Cukup 1 butir saja setelah kamu sarapan di pagi hari. Jangan sampai terlewat, karena ini penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

9. Jas Hujan Dua Bagian

Gunakan jas hujan 2 bagian via kobayogas.com

Untuk pejalan kaki, payung memang perlu untuk selalu dibawa setiap hari. Tapi untuk para pengendara motor, jas hujanlah yang harus selalu siap sedia di dalam bagasi. Pilihlah jas hujan yang terdiri dari dua bagian, bagian badan dan bagian kaki. Ini akan lebih melindungi tubuhmu dari air hujan. Selain itu, jas hujan dua bagian juga lebih aman karena kemungkinannya untuk tersangkut di roda motor akan lebih kecil.

Itulah beberapa barang yang perlu kamu persiapkan supaya musim hujanmu tidak jadi kelabu. Apa ada barang-barang lain yang lupa Hipwee sebutkan? Tambahkan di kolom komentar, ya. Selamat menyambut musim hujan! 🙂