Apa yang lebih membuat malas di akhir pekan selain mandi? Uuuuh rasanya akhir pekan adalah waktu yang paling tepat untuk membenamkan diri di atas kasur seperti kentang. Nonton film sampai bego, malas-malasan, membayar waktu istirahat yang tergadai dalam sepekan.

Karena Hipwee tahu kalau mandi di akhir pekan adalah perjuangan berat maka Hipwee menghimpun informasi dari stylist selebriti Edward Tricomi serta dr. Elizabeth Tanzi dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery tentang proses mandi yang tepat, supaya kulit tetap terjaga dan rambut tetap sehat.

Mandi di akhir pekan sudah membutuhkan banyak upaya, karena itu mandimu nggak boleh sia-sia ‘kan?

1. Tinggalkan dulu air dingin yang membuat tubuh menggigil. Turutilah godaan air hangat yang sudah sedari tadi memanggil

Air hangat bagus untuk kelembapan tubuh via 9lives.co.za

Suhu air yang kita gunakan saat mandi mempengaruhi kelembaban tubuh kita. Jangan mandi menggunakan suhu air yang terlalu panas. Suhu air panas dapat mencuri kelembaban dari minyak kulit. Sebaiknya, kita mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah dan tidak akan membuat kulit kering. Kehangatan air bisa kamu ukur dengan ujung jarimu.

2. Baurkan sampo di telapak tangan sebelum mengusapkannya. Bilas rambutmu dengan air dingin, dan jangan lupakan bagian tengkuk!

Advertisement

bagian tengkuk kepala jangan dilupakan via www.wikihow.com

Ketika menggunakan sampo, pastikan kamu menuang sampo ke telapak tangan, jangan langsung ke atas kepala. Masih banyak yang langsung asal taruh di kepala, padahal itu cara yang salah. Tuanglah sampo ke telapak tanganmu dan aplikasikan di rambut secara merata.

Bagian penting yang sering dilupakan orang saat pake sampo adalah membilas bagian tengkuk kepala. Bagian tengkuk kepala adalah bagian yang banyak menyimpan minyak dan kotoran. Pijat tengkukmu sekitar 30-60 detik, lalu bilas dengan air. Membilas dengan air dingin, dan bukan air panas, dapat membuat rambutmu berkilau!

3. Tahukah kamu bahwa menyabuni seluruh tubuh justru adalah cara yang salah?

busa busa via www.flickr.com

Kita pasti terbiasa menyabuni seluruh tubuh. Ternyata cara itu kurang benar. Sabuni tubuh di bawah ketiak, bagian dada, bagian selangkangan dan wajah saja. Sabuni bagian-bagian yang tersembunyi karena justru bagian-bagian itulah yang menyimpan banyak kuman. Bagian lain cukup dibilas dengan air.

4. Jangan cuci muka begitu menanggalkan baju! Cuci muka itu bagian paling akhir!

cuci mukanya terakhir aja via www.style-den.com

Cuci mukalah di bagian akhir. Dengan menunda mencuci muka, uap air hangat di kamar mandi akan punya waktu untuk membuka pori-pori wajahmu. Wajah yang pori-porinya terbuka akan lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, mencuci muka di bagian akhir juga akan membersihkan wajahmu dari sampo dan minyak rambut yang kamu pakai. Dengan ini, kamu bisa mencegah sampo dan minyak rambut itu menetap di wajahmu (sampo dan minyak rambut yang menetap di wajah bisa menyebabkan jerawat).

Selain itu, lebih baik kamu mencuci muka dengan air hangat daripada air dingin. Air hangat bagus untuk melembutkan wajah.

5. Gunakan scrub hanya 1-2 sekali. Kalau terlalu sering itu namanya menyiksa kulit sendiri

Jangan terlalu sering scrubbing via www.norrisofhouston.com

Scrub sangat berguna untuk mengangkat sisa kotoran di tubuh. Tapi, kamu sebaiknya tak menggunakan scrub terlalu sering. Penggunaan srub yang terlalu sering bisa membuat kulit iritasi. Scrub sebaiknya digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu.

6. Perlakukan hand body lotion seperti pernikahan. Saat kulitmu sedang lembab-lembabnya sehabis mandi, pemakaian hand body lotion harus disegerakan

gunakan lotion setelah mandi via glarehouse.com

Kebanyakan orang setelah mandi langsung pakai handuk dan menunggu badan kering dulu baru pakai lotion. Ternyata, cara itu salah. Justru penggunaan lotion dianjurkan 5 menit setelah mandi atau saat badan masih lemban dan sedikit basah. Saat kondisi badan basah dan lembab, lotion bisa lebih maksimal dalam menjaga kelembaban kulit.

Nah, sekarang kamu tahu gimana cara mandi yang tepat, ‘kan? Semoga kamu makin bersih dan wangi bak melati! :p