Memakai produk kecantikan sudah lazimnya jadi kebiasaan hampir semua cewek. Rasanya seperti ada yang kurang dan jadi nggak pede kalau sampai luput mengenakannya. Nggak heran, cewek akan membawa beberapa alat make-up favoritnya ke manapun ia pergi. Meski bikin berat karena menambah barang yang dibawa, hal itu tak jadi masalah. Ibarat senjata, peralatan make-up tersebut nggak boleh ketinggalan sama sekali .

Berbagai alat make-up ini sayangnya sekadar kamu pakai saja. Padahal, ada beberapa simbol yang tertera pada kemasan yang wajib kamu ketahui. Tentunya simbol ini dibuat bukan tanpa alasan. Selain sebagai peringatan akan hal-hal yang harus diperhatikan, kamu jadi lebih paham mengenai maksud dari simbol yang terdapat dalam kemasan alat make-upmu. Siapa tahu sebenarnya ada yang kurang cocok dipakai tapi kamu tetap pakai setiap hari karena ketidak tahuanmu itu. Jadi, yuk disimak 8 makna simbol yang dilansir dari Marie Claire berikut ini.

1. Huruf kecil ‘e’ menunjukan kalau produk itu telah lulus standar Uni Eropa dalam hal volume dan beratnya

isinya lebih banyak dari standar, lho via www.marieclaire.co.uk

Tanda huruf ‘e’ kecil memiliki arti kalau produk tersebut telah memenuhi standar peraturan Uni Eropa terkait volume dan berat. Biasanya sih pada setiap produk kecantikan yang kamu punya, isinya lebih banyak dari seharusnya. Jadi, kalau produk yang mau kamu beli sudah tertera simbol huruf e kecil ini, berarti kamu nggak perlu khawatir lagi soal isinya. Sudah sesuai standar peraturan Uni Eropa, bahkan sedikit lebih banyak. Wah!

2. Tanda ini bukan cuma ada di beauty product, tapi sering kamu temui di minuman kemasan

daur ulang via www.marieclaire.co.uk

Advertisement

Gambar tanda panah yang menyatu dan membentuk segitiga ini tidak hanya ada pada kemasan beauty product. Tapi, kamu juga sering temui di botol minuman. Jika simbol itu berdiri sendiri, berarti kemasannya merupakan hasil daur ulang. Tapi, jika simbolnya berada di dalam lingkaran dan ada persentasenya, itu berarti kemasannya menggunakan sekian persen dari material daur ulang.

3. Apakah produk kecantikanmu ada simbol yang bertuliskan ‘Ecocert’? Jika ya, maka bahan-bahan yang digunakan banyak dari bahan alami

bahan alami via www.marieclaire.co.uk

Ketika kamu melihat simbol yang bertuliskan ‘Ecocert’, itu berarti formula produk yang digunakan setidaknya mengandung 95% dari bahan alami. Jika disertai dengan tulisan ‘Organic Cosmetic’ itu menunjukkan kalau 95% bahan dasar tanaman untuk bahan produk berasal dari pertanian organik. Sedangkan ‘Natural Cosmetic’, itu berarti hanya 50% saja bahan dasar nabati berasal dari pertanian organik. Lalu, produk yang kamu punya tulisannya apa?

4. Jangan kaget melihat gambar kelinci meloncat pada beauty product. Itu berarti produknya bebas dari penganiayaan terhadap hewan

terbebas dari penganiayaan hewan via www.marieclaire.co.uk

Buat kamu pecinta binatang tentu sangat perhatian sekali terhadap segala sesuatu yang menggunakan hewan sebagai bahan percobaan atau lainnya. Gambar kelinci melompat ini memiliki arti kalau produknya bebas dari penganiayaan hewan. Baik kemasan maupun kandungan bahannya tidak diuji pada hewan sama sekali. Kamu tak perlu khawatir lagi.

5. Sering beraktivitas di luar ruangan? Produk dengan simbol ‘UVA’ ini bisa jadi andalan kamu

Banyak produk kecantikan yang sudah terdapat SPF dalam kandungannya. Untuk itu, kamu memerlukan produk ini, terutama saat sering berada di luar ruangan. Sinar matahari memang bisa berakibat buruk pada kulit dan kamu membutuhkan produk kecantikan yang tertera simbol ‘UVA’ ini.

6. Jangan malas kalau ada tanda ini ya. Kamu harus mau baca buku petunjuknya supaya paham lebih jelas soal produknya

cek di buku petunjuk via www.marieclaire.co.uk

Kalau kamu suka bingung ada tanda jari menujuk ke sebuah buku, itu sebenarnya kamu disarankan membaca buku petunjuknya. Simbol ini biasa terdapat pada bagian bawah produk. Dengan membaca buku petunjuknya, kamu akan lebih paham mengenai produk yang akan dipakai.

7. Simbol Period After Opening (PAO) ini akan memudahkanmu dalam penggunaan produk. Jangka waktu bisa dipakainya dihitung dari pertama kali kemasan terbuka

masih bisa digunakan dalam hitungan bulan via www.marieclaire.co.uk

Mungkin kamu suka bertanya-tanya kenapa ada tanda panci dan tulisan angka. Hal ini untuk memberitahumu soal jangka waktu penggunaan produk. Biasanya hal itu dihitung dari sudah berapa lama produk pertama kali dibuka dan disesuaikan dengan angka yang tertera. Misalnya ‘6 atau 12 m’, itu berarti kamu punya waktu boleh memakainya selama 6 atau 12 bulan dan dihitung dari pertama kali produk terbuka. Jika sudah bertahun-tahun, maka produknya tidak baik lagi untuk digunakan.

8. Kalau tadi hitungan bulan, tanda jam pasir ini menujukan produk boleh dipakai dalam kurun waktu kurang dari 30 bulan saja

rentang waktunya sampai 30 bulan via www.marieclaire.co.uk

Selain PAO, simbol jam pasir ini menunjukkan produk masih boleh digunakan dalam waktu kurang dari 30 bulan, dan dihitung sejak dari pertama kali produknya dibuka. Jadi, kamu harus menggunakan dengan sebaik-baiknya produk tersebut dalam waktu kurang dari 30 bulan. Jika melewatinya, maka kualitas produk sudah tidak baik lagi dan fatal buat kecantikanmu.

Mulai sekarang kamu nggak akan lagi sembarangan memakai make-up. Kamu jadi lebih paham mengenai produk kecantikan dari memperhatikan kemasannya. Dengan mengetahui makna simbol-simbol yang tertera, kamu bisa meminimalisir penggunakan produk yang sudah kedaluwarsa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya