Belajar masak tidaklah mudah bagi sebagian orang karena banyak teknik-teknik memasak yang sulit dikuasai. Terkadang karena ribet atau tidak punya waktu cukup, orang-orang jadi malas belajar masak. Padahal, banyak sekali rahasia dapur yang akan sangat membantu jika kamu tahu.

Setelah membaca artikel ini kamu akan mengamini bahwa selalu ada kemudahan di balik kesulitan. Di sini kemudahan itu akan kamu dapatkan karena menggunakan trik-trik memasak yang gampang pake banget!

1. Tak akan ada lagi telur yang kupasannya nggak sempurna dengan bantuan es batu

Selamat datang telur “perfect” via industryeats.com

Sering tidak sempurna mengupas telur? Celupkan saja yang ke dalam air es sesaat setelah telur diangkat. Nggak akan ada deh kupasan telur yang cacat!

2. Menghilangkan rasa pahit yang keterlaluan pada pare dan daun pepaya ternyata nggak sulit lho!

Rebus bersama jambu biji via youtube.com

Advertisement

Tertantang ingin memasak sayuran pahit seperti pare dan daun pepaya agar tetap lezat saat dimakan? Jangan lupa gunakan daun jambu biji ssat memasak. Ini akan sangat membantu untuk menetralisisir rasa pahitnya.

3. Wajib! Sebelum memasukkan sesuatu ke penggorengan, cek dulu suhu minyaknya

Sejumput aja udah cukup buat nyoba panasnya via seriouseats.com

Jangan cuma menebak-nebak minyaknya sudah panas atau belum, cek saja dengan mencelupkan sesuatu entah itu bumbu atau bahan masakan, jangan terlalu banyak, cukup sejumputan saja.

4. Jangan asal menuang bumbu sekaligus, begini aturannya…

Biar nggak gosong via industryeats.com

Saat menumis bumbu, jangan campur semua racikan dalam satu waktu. Bawang putih harus ditambahkan terakhir kali karena lebih cepat gosong dan akan membuat masakanmu terasa pahit.

5. Memasak nasi bukan asal matang, mengaduk nasi setelahnya justru jadi proses terpenting

Aduk sampai rata biar wanginya terasa via infobarrel.com

Sesaat setelah nasi matang, segera aduk secara merata agar uap air dan sisa-sisa air di sela-sela nasi tercampur dan cepat kering. Dengan begini, proses masak nasi jadi sempurna.

6. Kamu takut memotong bawang merah karena perih di mata? Ada triknya nih!

Bye…bye… perih via huffingtonpost.com

Taruh saja wadah berisi garam di samping talenan atau basahi pisau dan bawang merahnya. Nggak akan ada lagi kata perih deh!

7. Memasak daging yang empuk nggak akan lagi jadi tantangan  dengan daun pepaya

Jangan cuma dibungkus, tapi diremas juga via diahdidi.com

Cukup remas daging bersama daun pepaya saja dan biarkan selama 30 menit, baru setelah itu diolah. Daging pertama yang kamu masak nggak akan mungkin alot!

8. Agar nasimu sempurna gunakan pangkal ruas pertama ibu jari

Ingat, jempol ya bukan telunjuk! via sellyscorner.blogspot.com

Pangkal ruas pertama ibu jari bisa digunakan sebagai batas antara beras dan air yang bisa kamu gunakan untuk menanak nasi. Nasimu nggak akan terlalu keras dan nggak akan lembek juga, tapi perfect!

9. Catat nih buat yang mau masak ayam untuk pertama kalinya, jangan asal masukin semua potongannya

Yang warnanya agak gelap dulu jangan lupa ya… via kriegerscience.wordpress.com

Saat memasak ayam, masukkan daging yang berwarna gelap terlebih dahulu karena matangnya lebih lama. Jadi perhatikan dengan baik warna daging ayamnya ya.

10. Ini nih yang paling horor, menggoreng ikan!

Hati-hati neng kecipratan minyak! via pisangbenjol.wordpress.com

Yang paling horor dari menggoreng ikan adalah cipratan minyak panasnya. Untuk mengurangi letupan, teteskan air perasan jeruk nipis ke minyaknya sebelum panas.

11. Membilas sayuran ternyata bukan cuma soal mengalirkan air bersih saja

Selamat tinggal lintah, cacing, dan kawan-kawanya! via haiineola.com

Tambahkan sesendok garam pada air yang digunakan untuk membilas sayuran agar binatang kecil seperti lintah bisa mati dan sayuranmu aman dimakan.

12. Terlalu lama kontak dengan cabai membuat tanganmu kepanasan? Coba cari beras!

Rasanya jadi dingin lho! via alifesustained.blogspot.com

Pernah kepanasan gara-gara terlalu lama kontak dengan cabai atau sambal? Cuci dengan sabun 2-3 kali kemudian celupkan tanganmu ke dalam beras.

Nah, sederhana bukan? Kalau tahu dan mau menerapkan trik-trik ini, dijamin kegiatan belajar masakmu akan semakin cepat dan menyenangkan. Selamat mencoba ya, guys! Kasih tahu ke orang-orang terdekat juga biar bisa diterapkan bersama 🙂