Urusan masak memasak kadang bikin kita pusing kepala. Bagi beberapa cewek urusan dapur memang tidak mudah dilakukan. Rasanya adaaa aja yang bikin gak PD buat mencoba. Entah karena susah menghapal resep sampai karena nggak yakin sama rasanya

Buat kamu yang belum lihai buat memasak nggak perlu kuatir lagi karena Hipwee akan dengan senang hati untuk memberikan tips-tips mudah memasak bagi pemula yang pastinya akan membuat ngiler. Simak ya!

1. Gabungan bawang, garam, dan cabai untuk nasi goreng jadi awalan untuk menu yang lebih sulit lainnya

siapa nih yang nggak bisa bikin nasi goreng? via kuali.com

Siapa yang nggak kenal nasi goreng? Menu masakan yang sudah merakyat ini sangat populer di semua kalangan hingga antar generasi. Berbahan dasar nasi yang memang sudah akrab di lidah orang Indonesia juga menjadikan nasi goreng makin terkenal dan disukai semua lapisan masyarakat. Nah, jika kamu ingin belajar memasak menu-menu gurih, kamu bisa mencoba resep nasi goreng yang sebetulnya sangat mudah ini. Ukuti stepnya dulu, yuk!

Bahan-bahan yang akan kamu butuhkan untuk 1 porsi nasi goreng :

Advertisement
  • 3 butir bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • penyedap rasa secukupnya
  • cabai (sesuai selera)
  • 1 sdm kecap manis
  • campuran sosis, bakso, ayam, petai (sesuai selera)
  • seledri dan daun bawang secukupnya
  • 1 sdm minyak goreng atau margarin
  • nasi putih 1 piring

Cara membuatnya :

  • uleg bawang putih, bawang merah, terasi, garam dan cabai sampai halus
  • panaskan minyak goreng atau margarin, tumis hingga harum bumbu yang diuleg tadi
  • masukkan telur, tumis lagi hingga harum lalu campurkan garam dan penyedap rasa secukupnya
  • masukkan nasi putih, aduk rata dengan bumbu tadi hingga becampur rata
  • tambahkan kecap manis secukupnya, aduk rata
  • tunggu hingga warna kecap mencampur rata dengan nasi putih, tunggu harum dan angkat
  • sambil menunggu matang, iris seledri dan daun bawang, taburkan di atas nasi goreng yang matang
  • sajikan selagi hangat.

Kalau kamu sudah bisa membuat nasi goreng, menu-menu gurih seperti mie goreng dan telur dadar (homemade) pasti juga bisa kamu kuasai dengan segera.

2. Tingkatkan kepandaianmu mengolah makanan pedas dengan balado terong. Nggak cuma gampang, pedas dan manisnya akan membuatmu semakin tertantang

balado terong pedas via resepmasakandapurarie.com

Makanan pedas nan manis yang satu ini nggak sesulit yang dibayangkan lho memasaknya. Hanya butuh bumbu-bumbu inti dan sebuah terong saja, sajian balado terong penuh cita rasa sudah bisa melengkapi niat belajar masakmu, kok.

Siapkan dulu bahan-bahan ini :

  • 500 gr terong ungu, cuci lalu potong sesuai selera
  • 2 libur daun salam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 100 ml air
  • cabai rawit dan merah secukupnya
  • bawang merah 10 buah
  • bawang putih 5 buah
  • tomat besar 1 buah
  • garam dan gula secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng (untuk menumis)
  • minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Bersiap mengolahnya dengan cara mudah ini :

  • haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, gula dan garam
  • goreng terong yang sudah dipotong-potong setengah matang saja, sisihkan
  • panaskan 3 sdm minyak goreng kemudian tumis bumbu halus tadi hingga harum
  • masukkan daun salam, garam, gula, kecap manis dan air, aduk hingga rata
  • masukkan terong yang sudah digoreng setengah matang tadi, aduk hingga matang dan kadar air berkurang
  • sajikan selagi panas dengan nasi putih.

Mudah bukan? Kamu bisa praktikkan resep ini jika kamu ingin lebih mendalami bagaimana memasak masakan dengan cita rasa pedas dan manis, ya.

3. Olahan ikan tak lagi menjadi kesulitan buatmu asalkan resep sambal pindang ini dengan tekun kamu praktikkan.

gampang kok bikin pindang sambal via lumbungresep.blogspot.com

Buat kamu yang semula berpikir bahwa makanan enak yang diolah dari ikan itu susah cara memasaknya, sepertinya kamu harus mulai mempraktikkan resep dari ikan pindang ini deh. Dengan harga terjangkau dan bumbu yang sederhana, kamu sudah bisa membuat sambal pindang yang memanjakan lidah.

Langkah pertama, siapkan dulu bumbu-bumbu ini :

  • ikan pindang 250gr
  • daun bawang 1 batang
  • tomat satu buah (potong tipis)
  • 1/2 buah bawang bombay (potong tipis)
  • 1/4 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdm garam
  • 200ml air
  • minyak untuk menumis
  • 6 buah cabai merah besar
  • 4 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara memasaknya :

  • haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, cabai merah, kemiri dan garam
  • panaskan minyak lalu tumis bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan bawang bombay, tumis lagi hingga harum
  • tuangkan air, garam dan kaldu bubuk, aduk rata
  • setelah air cukup mendidih, masukkan pindang serta irisan bawang bawang bombay dan daun bawang
  • masak hingga kadar air mulai berkurang
  • sajikan hangat-hangat

Biar nggak bosan belajar masak yang itu-itu saja, resep sambal pindang ini bisa jadi pilihan terbaikmu ya, guys. Kalau sudah bisa memasak makanan yang satu ini, aneka sambal atau tumis ikan akan kamu kuasai dengan segera!

4. Nggak cuma variatif, belajar masak perkedel kentang bisa melatihmu untuk memasak aneka gorengan di kemudian hari.

perkedel kentang maknyuss via pempeksetia.com

Jika sifat doyan ngemilmu sulit untuk dibendung dan terus menerus ada, resep perkedel kentang ini sepertinya cukup variatif dan melatih kepandaian memasakmu deh. Selain kamu mampu mencoba teknik baru memasak gorengan, perekedel kentang ini juga bisa membantumu untuk menguasai cara memasak aneka gorengan yang bikin nagih di kemudian hari.

Siapkan dahulu bahan-bahan ini :

  • 1/2 kg kentang segar
  • 4 siung bawang putih (iris dan goreng)
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • 1 butir telur, kocok
  • minyak greng secukupnya

Olah aneka bahan tadi dengan cara ini :

  • kupas kentang, bersihkan lalu potong 2 atau 4 bagian
  • goreng kentang hingga kecoklatan
  • campur atau lumatkan kentang dengan bawang putih, garam, lada dan penyedap rasa sampai tercampur dan halus
  • bentuk sesuai selera atau bulat standart saja
  • celupkan perlahan ke dalam telur kocok
  • goreng dengan minya sedang hingga berwarna keemasan
  • angkat dan tiriskan

Karena perkedel kentang ini juga bisa dikategorikan sebagai gorengan, jangan lupa sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecapnya, ya. Tak ada salahnya ‘kan kalau kamu belajar memasak sambil memperindah tampilan?

5. Mau belajar mengolah sayuran sehat dan bergizi dengan tanganmu sendiri? Sayur sop sepertinya bisa jadi andalan.

sehat dan praktis dengan sayur sop via sehatalamiku.com

Mengola sayuran hingga menjadi makanan yang lezat dan sehat bukanlah perkara mudah jika kamu tidak jeli pada tingkat kematangannya. Jika kamu tidak mau mengambil resiko matang atau masih mentahnya sayuran yang kamu masak, sayur sop adalah olahan paling tepat untuk sarana belajarmu.

Siapkan dulu bumbu-bumbu ini :

  • 2.3 buah wortel
  • 1/2 iris kubis
  • 1 ons buncis
  • seledri secukupnya
  • daun bawang secukupnya
  • 4-5 siung bawang putih
  • 1-2 siung bawang merah (yang sudah di goreng)
  • 1 bks merica bubuk
  • 1 bks kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt gula sesuai selera
  • 1/2 sdm garam sesuai selera

Langkah mudah membuatnya :

  • geprek bawang putih dan tumis, lalu tiriskan
  • rebus air +/- 500 ml. Kemudian masukkan bawang yang sudah di tumis tadi, masukkan wortel, buncis dan kubis pada jeda waktu masing-masing 1 menit agar yang keras matang terlebih dahulu
  • tambahkan merica bubuk, kaldu bubuk, gula dan garam secukupnya
  • aduk semua hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan irisan seledri dan daun bawang
  • cicipi rasa, kalau sudah pas bisa ditaburkan bawang merah goreng
  • matikan api, diamkan sejenak dan nikmati selagi hangat.

Dengan bumbu-bumbu dasar yang sederhana dan cara memasak yang membutuhkan jeda kematangan sayur, belajar membuat sayur sop akan melatih skillmu dalam mengolah aneka sayuran nantinya.

6. Menjajal sensasi sayuran yang gurih dan berbeda dengan olahan cah kangkung, bawang putih, cabai serta terasi.

tumis kangkung enak! via cantik.co.id

Sayuran hijau kaya manfaat dan yang paling cocok disandingkan dengan tempe serta sambal ini tenyata super duper mudah lho bikinnya. Nggak percaya? Siapkan dulu deh bahan-bahan ini :

  • 1 ikat kangkung segar (potong-potong)
  • 2-3 butir bawang putih dan bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • lengkuas secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah tomat kecil
  • 1/4 sdt terasi
  • garam dan gula secukupnya
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm minyak goreng

Praktikkan segera dengan langkah-langkah ini :

  • iris tipis bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan tomat
  • panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah diiris tadi kemudian masukkan lengkuas, daun salam dan terasi hingga harum
  • masukkan kangkung dan aduk hingga bercampur dengan bumbu
  • tambahkan sedikit air, lalu masukkan gula garam dan kecap secukupnya
  • tumis hingga harum dan kadar air berkurang
  • sajikan hangat-hangat dengan nasi hangat dan lauk pauk andalan.

Gimana? Kamu nggak perlu beli di warung ‘kan cah kangkungnya? Bikin dan belajar sendiri juga bisa, kok. Keahlian menumis sayuranmu juga bisa dilatih di sini, lho.

7. Kamu bisa mengolah tempe tanpa kaku lagi dengan membuat tempe bacem yang empuk, manis dan bikin nagih ini.

yumm… tempe bacem via resepmasakansedap.com

Kalau sepengetahuanmu tempe itu nggak bisa diolah menjadi aneka masakan, kamu salah. Makanan dari kedelai kaya protein ini justru bisa kamu eksplorasi menjadi tempe bacem yang enak dan pastinya menambah selera makanmu. Ini nih bahan-bahan yang perlu kamu siapkan :

  • 300gr tempe
  • 600ml air kelapa
  • kecap manis secukupnya
  • 1 batang serai (memarkan)
  • gula merah secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • minyak untuk menumis dan menggoreng secukupnya
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam jawa
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang1 sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri

Cara membuat tempe bacem :

  • haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri
  • potong-potong tempe menjadi persegi panjang dengan ukuran sesuai selera (jangan terlalu tebal)
  • panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang, tiriskan
  • tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum
  • masukkan daun salam dan batang serai, aduk sampai layu
  • tuang air kelapa ke dalam bumbu yang ditumis, tunggu hingga mendidih
  • masukkan tempe setengah matang tadi dalam bumbu
  • tambahkan kecap manis, air asam jawa, gula merah, garam dan penyedap rasa, aduk hingga rata
  • tunggu hingga kadar air menyusut dan bumbu meresap ke tempe
  • sajikan selagi hangat!

Karena tempe bacem ini termasuk racikan legendaris nenek moyang, kamu tentu akan dipenuhi rasa bangga jika bisa mengolahnya bukan? Itung-itung belajar membuat olahan lain dari tempe juga, dong.

Nggak bisa atau belum bisa masak itu bukan kendala besar jika kamu mau terus belajar, belajar dan belajar. Pelajari dan praktikkan mengolah resep-resep di atas demi mempermudah langkahmu dalam belajar memasak, yuk!

Kredit Feature Images by http://duniainter.net