Dapur dan urusan memasak umumnya memang dekat dengan perempuan. Sebagai ibu rumah tangga, menyiapkan makanan untuk suami dan anak-anak sudah jadi kewajiban sehari-harinya. Saat gak ada makanan yang tersaji di meja makan, pasti deh si ibu yang bakal diberondong pertanyaan.

Padahal, ada kalanya para ibu atau istri gak bisa melaksanakan kewajiban yang satu ini. Entah karena sakit, sedang mengerjakan kegiatan lain, atau mungkin sibuk dengan urusan pekerjaan. Yah, boleh dong sesekali absen memasak karena alasan-alasan tertentu.

Nah, di saat-saat inilah sebenarnya si ayah atau suami bisa mengambil peran. Siapa bilang cowok gak boleh menyambangi dapur? Kata siapa pria gak pantas memegang peralatan memasak? Justru para ayah atau papa juga harus bisa masak, terutama di saat-saat genting ketika mama gak bisa melaksanakan tugasnya. 8 resep sederhana ini bisa banget dicoba!

1. Tanpa punya banyak waktu untuk memasak menu sarapan, bikin telur dadar orak-arik dijamin anti gagal.

telur orak-arik via kaltim.prokal.co

Memasak di pagi hari boleh dibilang paling menantang. Pasalnya, hanya ada sedikit waktu untuk menyiapkan menu sarapan sebelum semua anggota keluarga pergi beraktivitas.

Advertisement

Bunda bisa jadi sedang sakit sehingga gak bisa bangun dari tempat tidur. Tanpa perlu pikir panjang, ayah lah yang harus segera bangun dan terjun ke dapur memasak sesuatu yang praktis dan sudah pasti enak. Telur orak-arik aja deh, sudah pasti gak bakal gagal!

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur atau sesuai selera
  • 1 sdm margarin
  • 1/4 sdt lada

Cara membuat:

  • Campurkan telur dengan lada kemudian kocok lepas.
  • Panaskan margarin hingga meleleh.
  • Masukkan campuran telur dengan lada, lalu masak dan orak-arik telur hingga matang.
  • Telur siap disajikan dengan nasi hangat atau roti.

2. Mie instan bisa dibuat jadi lebih istimewa. Buat variasi menu sarapan, bikin mie pizza oke juga!

Asal tau aja nih, perkara menyiapkan makanan buat anak emang gampang-gampang susah. Anak-anak biasanya cepat bosan dan cenderung pilih-pilih makanan. Untuk menyiasatinya, butuh usaha ekstra kelak saat kamu jadi dari orang tua. Gak cuma mama, papa juga harus tahu lho trik-nya. Bisa nih bikin pizza mie buat mereka. Untuk membuat pizza mie ini, cukup siapkan saja sebungkus mie instan, sebutir telur, dan minyak goreng.

Cara bikinnya gampang banget:

  • Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan mie instan dan masak selama 3 menit. Angkat dan tiriskan.
  • Kocok sebutir telur di mangkuk. Lalu, tuangkan mie ke dalam kocokan telur.
  • Masukkan bumbu mie, aduk sampai rata.
  • Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan, goreng campuran mie dan telur sampai berwarna kecokelatan.

Nah, jadi deh pizza mie buatanmu papa yang pasti bikin anak-anak suka. Gak butuh waktu lama, paling cuma 5 – 10 menit saja kok. Recomended banget nih buat dicoba!

3. Harus menyiapkan bekal makan anak ke sekolah? Bikin sandwich isi telur sih sudah pasti mereka suka…

sandwich isi telur via happyhomebaking.blogspot.co.id

Suatu ketika mama harus pergi ke luar kota untuk urusan pekerjaan. Tinggal deh papa bersama kakak dan adik yang tinggal di rumah. Karena ada jam pelajaran tambahan, masing-masing harus membawa bekal makanan. Hmm…para calon papa gak usah panik jika nanti menghadapi situasi seperti ini. Resep sandwich yang gampang dan sederhana bisa banget jadi solusi.

Bahan yang dibutuhkan adalah roti tawar, telur, garam, gula, dan minyak goreng. Sementara untuk alatnya, cuma butuh wajan atau frying pan yang anti lengket.

Cara membuatnya sederhana kok:

  • Siapkan wajan atau frying pan di atas kompor dan panaskan dengan api kecil.
  • Letakkan selembar roti tawar di permukaan wajan yang sudah panas. Tunggu sampai permukaannya kecokelatan dan mulai mengering, lalu balik kemudian angkat.
  • Tuang sedikit minyak, masak telur hingga matang dan jangan lupa beri sedikit garam. Angkat dan tiriskan.
  • Letakkan telur di antara kedua roti yang sudah dipanggang. Tambahkan selada, irisan timun, tomat, dan saus tomat atau saus cabe sesuai selera.

4. Jangan siapkan bekal yang itu-itu melulu. Bikinin roti gulung sosis biar momen makan mereka lebih seru.

roti gulung sosis… via santaisepertidipantai.blogspot.co.id

Wajar sih kalau skill masak cowok gak secanggih para cewek. Bagaimana pun, cewek lah yang dididik sejak kecil buat terbiasa di dapur dan belajar masak. Tapi para calon ayah masa depan gak boleh ciut mental dulu nih. Gak harus masak dengan bumbu-bumbu yang ribet, bikin makanan yang praktis tapi tetap lezat buat anak-anak juga bisa kok.

Bahan-bahan:

  • 5 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 5 buah sosis
  • 2 butir telur
  • 1/2 liter minyak goreng
  • 1/4 kg tepung panir

Cara membuatnya:

  • Pertama-tama, tipiskan roti tawar dengan rolling pin atau bisa juga menggunakan botol.
  • Goreng sosis di atas minyak yang sudah panas.
  • Selagi menunggu sosis matang, kocok lepas telur sampai agak berbuih.
  • Gulung sosis bersama roti tawar sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan telur.
  • Celupkan gulungan sosis dan roti tawar ke dalam telur kocok. Lalu, gulingkan di atas tepung panir.
  • Goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

Roti gulung sosis ini makan mantan disantap dengan saus dan mayones. Bekal yang satu ini dijamin anak-anak bakal suka deh…

5. Daging + wortel + baby buncis jadi paduan yang pas buat lauk makan siang anak-anak sepulang sekolah.

tumis daging + buncis + wortel via fahmi-artcolection.blogspot.co.id

Sekalipun papa hanya bisa membuat makanan yang gampang dan gak ribet, bukan berarti asupan gizi anak-anak boleh diabaikan begitu saja. Resep masakan yang praktis tapi tetap kaya gizi dan mampu mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anak juga ada kok. Tumis daging dengan wortel dan baby buncis ini contohnya.

Bahan-bahan:

  • 350 gr daging sapi, potong dadu
  • ½  buah bawang bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 5 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • 2 buah cabe keriting, iris iris
  • 250  ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 buah wortel, iris korek api
  • 1 bungkus baby buncis, dipotong miring
  • 1 btg daun bawang, dipotong miring

Berikut ini cara memasaknya:

  • Tumis bawang bombay, bawang merah, cabe dan bawang putih sampai harum.
  • Masukkan daging, tumis sampai berubah warna dan berkurang airnya.
  • Tambahkan kecap asin, kecap manis, dan garam.  Aduk rata.
  • Tuang air, lalu masak daging sampai setengah matang dan bumbunya meresap.
  • Masukkan wortel, dan masak sampai setengah matang.
  • Masukan juga buncis dan daun bawang, tunggu hingga matang.

6. Pengen masak menu yang lebih simple dan pasti mereka suka? Gak usah pakai mikir, bikin spaghetti  aja deh Papa~~

spaghetti carbonara via gluttonyforbeginners.wordpress.com

Bisa jadi istrimu sudah kelelahan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga lainnya. Sementara dengan sisa-sisa tenaga masih harus memasak untuk suami dan anak-anak. Nah, di saat-saat seperti ini, gak ada salahnya lho kalau laki-laki yang dengan sukarela turun tangan. Masak apa yang gampang tapi semua pasti suka? Gimana kalau spaghetti aja?

Bahan-bahan:

  • 100 g spaghetti
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1/4 buah bawang bombai, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 150 g daging cincang
  • 1 sdm tepung terigu
  • 150 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu sapi bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 25 g keju cheddar, parut
  • 1 batang seledri, cincang halus
  • 2 sdm margarin

Untuk membuatnya, ikuti cara ini:

  • Didihkan air, masukkan spaghetti, masak hingga matang. Angkat, beri minyak sayur dan tiriskan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
  • Masukkan daging cincang, aduk-aduk hingga berubah warna.
  • Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Matikan api.
  • Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata. Nyalakan api.
  • Tambahkan garam, kaldu sapi bubuk, dan merica bubuk. Aduk-aduk.
  • Masukkan spaghetti dan keju parut, aduk hingga merata.
  • Angkat, sajikan dengan taburan seledri cincang di atasnya.

Nah, gimana? Gampang banget ‘kan membuatnya. Kalau resep yang satu ini sudah pasti semua pasti suka dan lahap menyantapnya.

7. Harus masak untuk makan malam? Gimana kalau bikin nasi goreng sayur + keju + sosis?

nasi goreng + sosis + keju via ladytqa.wordpress.com

Gak perlu bingung kalau harus masak buat makan malam. Sebaiknya, pilih menu makanan yang gak cuma mengenyangkan tapi juga kaya vitamin dan serat. Pengen masak sayuran tapi takut anak-anak gak suka? Campurkan saja sosis dan keju kesukaan mereka.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm mentega
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 butir telur
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris serong
  • 300 gr nasi putih
  • 1 sdm kecap asin
  • gula, garam, dan merica bubuk secukupnya
  • 50 gr keju parut

Cara membuatnya:

  • Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Masukkan telur, sosis, dan daun bawang. Aduk rata.
  • Tambahkan nasi putih, merica, gula, garam, dan kecap asin. Aduk rata. Masak hingga matang
  • Sajikan selagi hangat dan taburi dengan keju parut.

8. Masak santap malam yang ringan tapi lezat? Sup jagung paling nikmat disantap bareng keluarga selagi hangat.

sup jagung via www.raja-makan.co.id

Buat para calon papa di luar sana, gak perlu panik deh kalau istri di rumah gak sempat masak. Selagi punya waktu luang, ayah juga bisa kok masak buat keluarga di rumah. Pengen masakan yang ringan tapi lezat disantap saat malam hari? Bikin sup jagung aja nih…

Bahan-bahan:

  • 2 tongkol jagung manis
  • 1 butir telur
  • 500 ml air
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt garam
  • 1/2 lada bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • penyedap rasa secukupnya

Gampang banget kok bikinnya:

  • Serut jagung manis, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.
  • Larutkan tepung maizena dengan air dan sisihkan.
  • Masukkan semua bumbu dan tepung maizena.
  • Kocok telur dan masukkan sambil terus diaduk agak telur gak menggumpal.
  • Hidangkan selagi hangat.

Ternyata, masak gak melulu merepotkan, ya? Buat para calon papa, jangan buru-buru menolak buat turun ke dapur deh. Kalau si istri memang berhalangan buat mengerjakan tugasnya untuk memasak, gak ada salahnya juga ‘kan kalau para papa yang turun tangan? Selamat mencoba, ya! 🙂