Menjaga kesehatan memang menjadi kebutuhan setiap orang. Berpikiran positif, pola hidup sehat dan diimbangi konsumsi makan-makanan yang bergizi adalah komponen utamanya. Soal berat badan yang ideal tentu juga jadi penanda kesehatan seseorang.

Nah buat kalian yang memiliki bentuk tubuh “kurus”  dan berat badan yang di bawah angka normal tentu juga harus berhato-hati, ya. Meski banyak yang berusaha untuk kurus, tubuh yang terlalu kurus bisa jadi justru membahayakan kesehatan. Lalu, gimana sih tips aman menggemukkan badan? Tentunya supaya bentuk tubuh lebih ideal dan nggak kebabablasan alias kegemukan lho…

1. Porsi makanmu harus ditambah dengan karbohidrat dan protein. Makan banyak toh harus yang sehat, bukan asal masuk mulut saja.

perbanyak karbohidrat dan protein via bodyandsoul.com

Dalam rangka menambah berat badanmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menambah porsi atau jumlah makananmu dari sebelumnya. Makan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat serta protein agar massa tubuhmu bertambah namun tetap sehat. Ingat, makan banyak bukan berarti rakus ya, hindari junkfood atau lemak jenuh pada tahap ini. Jangan sampai berat badanmu cepat bertambah gara-gara lemak jahat dan kolesterol, ya!

2. Nggak hanya porsi makan yang ditambah, minum air putih minimal 8 gelas per hari juga wajib kamu lakukan.

air putih 8 gelas sehari via sheknows.com

Advertisement

Menjalankan pola hidup sehat dengan tujuan apapun tetap membutuhkan air putih yang banyak. Tubuh kita yang banyak membutuhkan air ini harus kamu perhatikan juga demi menambah berat badan, minimal 8 gelas per hari sudah cukup, kok.

3. Atur jam makanmu. Kamu bisa makan 3-4 kali sehari dalam porsi normal demi menambah berat badan dan kesehatanmu.

makan 3-4 kali sehari

Makan teratur dalam porsi normal bukan hanya untuk yang sedang diet dalam rangka menguruskan badan, kamu yang ingin “gemuk” juga butuh makan teratur. Jika orang-orang lain makan 2-3 kali sehari, kamu bisa 3-4 kali sehari. Ya, tentunya dengan porsi normal dan mengandung 4 sehat 5 sempurna, dong…

4. Kebanyakan begadang akan menggagalkan niatmu menambah berat badan. Catat dan atur jam tidurmu dengan seksama.

jangan begadang! via satujam.com

Tugas dan pekerjaanmu menumpuk? Sehingga begadang adalah solusi utama untuk menyelesaikannya esok hari. Aduh, ini cara lama, guys! Kamu bisa lebih disiplin dengan menyelesaikannya saat sore hingga jam 7 malam, kan? Dan jika kamu masih bertahan dengan kebiasaan begadangmu, kondisi tubuhmu akan melemah, cepat lelah dan akhirnya kamu malas untuk melakukan kebiasaan sehat lainnya.

5. Makan boleh banyak tapi jangan sampai kalap, ya! Kunyah makananmu dengan pelan dan lebih lama supaya pencernaanmu tetap prima.

kunyah makananmu sampai halus via healthyfooddn.com

Tips yang satu ini memang terkesan agak sepele, ya. Tapi, coba deh kamu praktekan sendiri, biasakan juga mengunyah makananmu sampai halus (minimal 10-15 kali jika belum terbiasa). Step ini akan membantu tubuhmu untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi ke usus dan seluruh tubuh, lho!

6. Rutin minum susu dan produk olahannya akan menambah berat badanmu secara bertahap namun tetap sehat.

minum susu rutin nggak kalah penting via telegraph.co.uk

Susu dan produk olahannya memang dikenal banyak mengandung protein serta komponen-komponen baik yag dibutuhkan tubuh. Khususnya buatmu yang sedang berusaha menambah berat badan, meminum susu setiap hari akan membantumu mewujudkan berat badan yang berisi namun tetap sehat. Yuk. belajar apa saja kandungan sehat dalam susu dan produk olahannya di sini.

7. Meskipun segar, meminum soda serta alkohol secara terus menerus akan mengganggu kesehatan serta impianmu untuk memiliki tubuh sehat berisi.

sesekali boleh ya, tapi jangan sering-sering via cnn.com

“Es soda kan seger, apalagi diminum pas siang-siang.”

“Justru soda dan alkohol bisa menambah berat badan, lho. Buktinya banyak peminum soda dan alkohol yang perutnya cepat buncit.”

Ungkapan di atas jangan ditiru jika kamu ingin memiliki tubuh berisi dan sehat. Bahan-bahan yang terkandung dalam soda dan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatanmu dalam jangka panjang.

8. Dengan rajin olah raga, badanmu akan jadi berisi dan tetap bugar karena massa otot yang cukup tentunya.

olah raga minimal 2 kali seminggu via acuitylaservision.com

Kalau kamu sadar betul arti penting kesehatan, olah raga tentu menjadi aktivitas rutinmu setiap minggu. Jogging, skipping atau berenang adalah alternatif olah raga paling mudah dan murah yang bisa kamu lakukan. Pasti asyik kalau badanmu berisi namun kebugaranmu tetap terjaga bukan?

Punya tubuh kurus sih boleh-boleh saja, tapi kalau terlalu kurus justru bisa bahaya. Solusinya, kamu harus berusaha untuk menggemukan badanmu tapi dengan cara-cara yang benar dan nggak boleh kebablasan. Selamat mencoba, ya!