Sebentar lagi lebaran datang. Selain opor ayam dan kering kentang, apalagi yang identik dengan momen kemenangan umat Muslim ini? Yoi, kalau bukan salam tempel apalagi sih? Kebiasaan bersalaman sambil memberikan uang ditengah jabat tangan memang sudah jadi budaya bangsa kita.

Salam tempel jadi hal yang ditunggu oleh anak kecil. Gimana enggak, siapa sih anak kecil yang gak mau dapat uang yang bisa digunakan untuk jajan? Kamu punya ponakan yang menanti salam tempel dan gak mau mengecewakan mereka?

Apakah kamu belum bisa bagi-bagi uang, atau enggan, menghujani mereka dengan materi? Ada cara lain kok berbagi sama ponakan dan bocah-bocah selain via uang salam tempel.

1. Kasih Buku

Hadiahi mereka buku bacaan via djejakmasa.blogspot.com

Anak-anak sekarang kebanyakan tenggelam di depan tablet digital mereka. Asyik main game, asyik buka media sosial, asyik ngobrol sama teman-teman mereka lewat berbagai messenger. Sampai mereka lupa kenikmatan duduk dan membaca buku, tanpa harus terpecah perhatiannya.

Advertisement

Memberi buku bisa jadi alternatif salam tempel yang lebih bermanfaat dari sekedar uang 5 ribuan. Gak perlu mahal, kamu bisa mampir ke kios buku bekas untuk mencari majalah anak-anak yang sudah lama terbit. Bacaan itu nggak ada basinya. Selawas apapun buku yang kamu beri, jika benar-benar dibaca maka ilmunya akan masuk juga.

2. Ajak Mereka Jalan-Jalan

Ajak jalan-jalan ke tempat bersejarah via frommylittlefinger.blogspot.com

Bilang sama ponakan-ponakanmu: “Maaf ya, tahun ini Tante/Oom gak bisa kasih uang. Tapi Tante/Oom cuma bisa bawa kalian jalan-jalan”. Penuhi tangki bensin kendaraanmu sebagai amunisi untuk membawa mereka kemanapun mereka mau.

Dedikasikan harimu untuk memenuhi keinginan mereka. Pokoknya kemana mereka pengen pergi kamu ikutin aja, deh. Akan oke juga kalau kalian nggak cuma sebatas jalan-jalan ke mall, ajak mereka ke pasar rakyat yang banyak digelar saat lebaran. Mengajak mereka jalan-jalan ke museum juga bisa jadi ide bagus.

3. Mendongeng Untuk Mereka

Ciptakan dongeng yang mereka sukai via komitesdnpolisi4.blogspot.com

Mendongeng adalah kebiasaan lama yang sudah banyak ditinggalkan. Padahal membacakan dongeng ke anak kecil bisa memberikan banyak keuntungan. Dongeng, adalah media yang baik untuk mengajarkan anak-anak nilai kemanusiaan. Lewat dongeng, pesan yang berat bisa dikemas dengan ringan.

Kalau di lebaran nanti kamu nggak mau (atau belum bisa) bagi-bagi uang, kamu bisa menjadikan dongeng sebagai hadiah buat keponakanmu. Bilang aja karena mereka udah belajar puasa, maka kamu akan menghadiahkan dongeng untuk mereka.

Biar mereka gak kecewa, persiapkan dirimu sebaik mungkin. Siapkan cerita yang bagus, latih juga intonasi suaramu agar sesuai dengan karakter dalam dongeng. Kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan properti boneka tangan supaya dongeng bisa terkesan lebih nyata.

4. Kemping Bareng

Ajak kemping ceria via wisnuwidiarta.wordpress.com

Jalan-jalan dan tidur di alam bebas bisa jadi kemewahan untuk anak jaman sekarang. Jangankan tidur dibawah langit, tanah aja kadang mereka gak kenal kok karena orang tuanya tinggal di apartemen. Kalau kamu bisa menemukan spot kemping yang aman bagi anak-anak, coba deh ajak keponakanmu kemping sebagai pengganti salam tempel darimu.

Libatkan mereka dalam semua aktivitas. Mulai dari menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk berkemah, membangun tenda, sampai memasak. Tinggalkan semua gadget dan bersenang-senanglah di alam bebas.

Ajari keponakan dan sepupu kecilmu, bahwa kalian bisa bahagia tanpa harus lekat dengan barang yang berharga jutaan. Tanpa konstan memandang layar beresolusi tinggi yang penuh hiburan.

5. Bikin Api Unggun

Bikin api unggun untuk kumpul seru via plus-minus-traveler.blogspot.com

Ingat gak bagaimana senangnya kamu saat perkemahan Sabtu-Minggu dan ada api unggun yang bisa dinikmati? Api unggun memang jadi pusat perhatian buat anak kecil. Nah, ini bisa jadi ganti salam tempelmu untuk mereka. Daripada kasih recehan, pakai uangnya untuk membuat api unggun yang tidak akan bisa dilupakan.

Cari tempat asyik dan lapang yang tidak mengganggu warga untuk membuat api unggun. Kalau tidak ada lahan kamu juga bisa memanfaatkan drum sebagai media untuk membuat api unggun. Sembari melihat kayu terbakar, ciptakan permainan agar waktu tidak terasa membosankan.

Interaksi ditengah api unggun bisa membuat kalian lebih dekat. Selain itu, kenangan kumpul-kumpul ditengah api unggun saat lebaran tentu akan jadi cerita yang bisa diturunkan sampai ke anak cucu kelak.

6. Buat Film Kolaborasi Tentang Lebaran

Ajak keponakan dan sepupu kecil mencipta karya soal lebaran via thefamilypierce.blogspot.com

Sekarang ponsel canggih sudah jadi benda lazim yang dipegang oleh anak-anak usia sekolah dasar. Daripada membiarkan mereka tenggelam di hiruk pikuk dunia digital sepanjang lebaran, lebih baik ajak keponakan dan sepupu kecilmu untuk memanfaatkan gadget dengan lebih bijak.

Ajak mereka mengambil foto atau video tentang kegiatan lebaran dengan ponsel masing-masing. Di akhir hari, kumpulkan semua foto dan video kemudian buatlah sebuah film kolaboratif. Keponakan dan sepupu kecilmu bisa menentukan jalan ceritanya sendiri. Kamu cukup berperan jadi editor saja.

Mengambil foto dan video tentang kegiatan lebaran bisa membuat mereka lebih memaknai momen. Melihat sebuah peristiwa dari balik kamera kemudian menyatukannya jadi sebuah cerita akan membuat mereka berpikir, bahwa beberapa hal memang tidak bisa diulang. Sehingga tidak layak dinomor duakan karena terlalu asyik memelototi ponsel pintar.

7. Buat Lomba Nyanyi Ala Idola Cilik

Wujudkan impian mereka jadi penyanyi via funny-pictures.picphotos.net

Siapa sih anak kecil yang nggak pengen jadi artis sekarang? Menjamurnya fenomena idola dadakan dari kontes pencarian bakat mereka lihat setiap hari di televisi. Nah, demi memeriahkan suasana lebaran kamu bisa menyelenggarakan ajang pencarian bakat di keluargamu.

Siapkan musik minus one, kalau memungkinkan pasanglah sound system yang memadai. Hias juga dinding rumah dengan berbagai ornamen untuk memeriahkan suasana. Ciptakan suasana ala-ala pencarian bakat.

Buat semua anggota keluarga menonton. Pemenangnya? Tentukanlah dari tepuk tangan yang paling keras. Untuk hadiah, kamu bisa meminta bantuan dari oom dan tante yang lain agar bisa membelikan barang yang sedikit mahal dan bermanfaat untuk keponakan dan sepupu kecilmu.

8. Ajak Mereka Membuat Pohon Keluarga

Buat pohon keluarga sekaligus untuk hiasan via migraineagain.com

Tanya deh sama keponakanmu, mereka tahu nggak nama Eyang Buyut mereka? Atau nenek dan kakek mereka punya berapa saudara? Biasanya pengetahuan tentang silsilah keluarga sudah jarang diketahui oleh generasi yang masih kecil.

Momentum lebaran, saat semua keluarga berkumpul, bisa jadi saat yang tepat untuk memperkenalkan silsilah keluarga. Pakai cara yang menyenangkan, dengan menggunakan media kreatif yang bisa mengajak anak kecil berpartisipasi.

Daripada ngasih salam tempel yang nggak tahu ujungnya untuk apa, lebih baik gunakan uangnya untuk membeli kertas dan keperluan lainnya untuk membuat pohon keluarga. Selain memperkenalkan silsilah, pohon keluarga ini juga bisa ditempel sebagai hiasan di tempat keluargamu berkumpul setiap tahun.

9. Ciptakan Photo Booth Instan

Ciptakan photo booth instan untuk foto-foto bersama via www.cheekiemonkie.net

Virus selfie sudah menjamur ke semua kalangan. Capres kita aja selfie-an kok! Anak kecil juga sudah akrab sama aksi narsis yang satu ini. Salah satu cara mengalihkan anggaran salam tempelmu ke aksi yang lebih bermakna adalah dengan membuat photo booth instan.

Bebaskan anggota keluargamu untuk berfoto sesuka hati. Manfaatkan saja gadget yang ada. Kalau nggak ada kamera DSLR, kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel yang juga sudah cukup mumpuni. Setelah puas foto-foto cetak di tempat deh dengan menggunakan printer.

Tidak hanya hemat, kegiatan ini juga seru dan bisa jadi pengalih perhatian buat anak-anak. Agenda silaturahmi orang tua jalan terus, sementara mereka bisa asyik selfie-an dan tidak merecoki acara. Cool juga kan kalau pulang silaturahmi bawa foto keren?

10. Masak Bareng

Daripada kasih salam tempel mending bikin rujak bareng via ideresepmasakan.com

Beberapa hari dijamu dengan opor dan rendang pasti bikin perut begah dong? Agar kadar kolesterol kembali seimbang, ajak keponakan dan sepupu kecilmu untuk masak bersama. Ciptakan makanan yang anti-mainstream banget sama lebaran, tapi kalian semua suka.

Gampang aja sih contohnya, rujak misalnya? Setelah makan-makanan berlemak teru, ajak bocah-bocah aktif itu untuk membuat hidangan berbahan dasar buah. Tidak hanya menciptakan keseruan, lewat kegiatan ini kamu juga bisa mengajarkan pola makan sehat ke mereka.

Daripada ngasih uang terus dipakai jajan yang gak sehat kan? Mending masak bareng.

11. Nonton Film Bareng

Manfaatkan gadget untuk nonton film via missellieneous.com

Sekarang sudah banyak cara agar kamu bisa nonton film terbaru tanpa harus keluar uang. Kamu bisa mengganti salam tempelmu dengan jadi pemasok film terbaru buat keponakan dan sepupu kecilmu. Sebelum mudik, penuhi hardisk external mu dengan film atau bawa modem yang kecepatannya cukup baik untuk bisa streaming.

Udah deh, bilang aja sebagai ganti salam tempel tahun ini kamu akan menjamu mereka nonton film sampai puas. Tanam mereka di depan televisi sembari putarkan film animasi kegemaran mereka.

12. Main Salon-Salonan

Buat make up mata ala Princess Elsa via urhappybunnie.blogspot.com

Punya banyak sepupu dan keponakan kecil yang centil? Ajak aja mereka main salon-salonan. Siapkan kosmetik sederhana (yang penting warnanya banyak) kemudian bergiliranlah untuk saling mendandani. Biar seru, ciptakan make-over keren ala-ala film animasi yang digemari supaya kegiatan dandan jadi lebih ceria.

Kalau sudah begini, gak bingung lagi kan bagaimana menciptakan lebaran yang tetap asyik buat anak kecil walau minim salam tempel?

13. Biarkan Mereka Main Perang Bantal

Bebaskan mereka berperang bantal via 500px.com

Wujudkan impian keponakan dan sepupu kecilmu untuk main perang bantal. Kegiatan yang biasanya dilarang oleh orang tua mereka karena bikin rumah kacau, Setelah 1 bulan beratih puasa gak ada salahnya dong kalau menghadiahi mereka dengan sesuatu yang unik?

Siapkan bantal dakron yang ringan dan empuk, sehingga tidak sakit saat memukul. Tumpuk bantal-bantal tersebut dalam jumlah besar. Pasti keponakan dan sepupu kecilmu kegirangan kalau bisa mewujudkan impian mereka yang satu ini.

14. Ajak Keponakan Dan Sepupu Kecilmu Melakukan Aktivitas Outdoor

Ajak berkegiatan outdoor via littlegokart.blogspot.com

Mau cave tubing, rafting, flying fox, main ATV? Bebas! Turutin mereka, apapun yang mereka inginkan. Alokasikan dana salam tempelmu untuk mengajak anak-anak kecil dalam keluargamu menjajal kegiatan yang menantang adrenalin.

Ternyata banyak cara lain kan untuk berbagi dengan kerabatmu yang masih kecil selain dengan salam tempel? Yuk, mulai lebih kreatif agar bisa memberikan hal yang lebih bermanfaat bagi mereka.