Sekarang ini dekorasi rumah gak harus mahal kok. Bahkan, dekorasi yang berasal dari barang-barang terbuang dan sebelumnya diremehkan pun bisa dicoba, contohnya aja kayu bekas. Dengan memberikan sedikit sentuhan dan tema tertentu bisa membuat dekorasi ini benar-benar unik dan jadi istimewa.

Pingin tahu tema apa saja yang bisa kamu gunakan? Berikut akan Hipwee jabarkan untukmu!

1. Kayu bekas dengan sentuhan gambar vintage akan terlihat istimewa. Tambahkan juga aksesoris yang akan membuat kesan 3D makin terasa nyata.

vintage pallet via www.trusper.com

Jika biasanya orang-orang akan menuliskan quote maupun kata-kata bijak di sebilah papan kayu untuk dekorasi, kamu bisa mencoba cara lainnya. Selain menuliskan quote kamu bisa memberikan gambar tertentu di papan kayu tersebut. Misalnya saja sepeda, kemudian tambahkan sedikit aksesoris di hasil akhirnya. Tempelkan bunga-bungaan dari kain dengan menggunakan lem tembak di bagian gambar keranjang dan tali rami beserta bendera mini di bagian badan sepeda. Voila! Jadilah dekorasi vintage dengan sentuhan 3D. Kamu juga bisa coba gambar lainnya. Selamat berkreasi ya!

2. Tempelkan aneka kerang laut pada sebuah papan kayu lama. Dekorasi ini akan membuat kesegaran di ruangan terjaga.

Advertisement

Jika kamu suka tema yang berbau nautical, dekorasi satu ini patut dicoba! Caranya mudah kok, yang perlu disiapkan hanyalah pensil, lem tembak, kerang-kerang laut (bisa beli atau ambil di pinggir pantai), papan kayu. Pertama-tama kamu bisa buat pola gambar di atas badan kayu.

Pola yang akan kamu buat bentuknya bebas, yang penting berhubungan dengan tema nautical. Setelah pola selesai kamu bisa mengoleskan lem tembak pada badan kerang dan mulai menempalkannya sesuai pola yang sudah digambar terlebih dulu.

3. Mau memelihara tanaman di dalam rumah? Buat saja hiasan dari kayu bercat warna-warni yang sekaligus berfungsi jadi pot bunga.

Selain menghadirkan kesegaran dengan tema yang berbau laut, kamu juga bisa membawa tumbuhan ke dalam ruangan. Caranya cukup mudah kok. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • cat warna warni
  • tali rami
  • papan kayu
  • paku
  • palu
  • pot mini (bisa yang dari plastik dan ada sekrup sebagai pengaitnya)

Langkah yang harus kamu lakukan :

  • Cat papan kayu dan pot mini sesuai dengan warna favoritmu
  • Pasangkan sekrup pot pada badan papan, jika tidak ada sekrup kamu bisa menggunakan paku
  • Paku di belakang badan kayu untuk menggantungkan tali rami
  • Isi pot dengan sedikit tanah berikut bibit tanaman yang kamu suka

Selamat mencoba ya!

4. Jika ingin membuat salah satu ruangan beda dari yang lainnya, kamu bisa menutup satu sisi dindingnya dengan kayu lama yang sudah gak terpakai.

menutupi seluruh dinding via juliarobbs.com

Bosan dengan salah satu ruangan atau sudut ruangan yang terlihat biasa-biasa saja? Well, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Alih-alih menggunakan wallpaper untuk menutup seluruh dinding, kamu bisa memanfaatkan papan kayu. Tempelkan papan kayu dengan menggunakan paku dengan urutan seperti yang terlihat pada gambar di atas. Makin penuh dinding yang tertutup papan makin unik pula penampakan dari ruanganmu.

5. Jangan buang kayu bekas begitu saja! Manfaatkanlah untuk memajang foto kenangan bersama dengan orang-orang tercinta.

Gak hanya bisa digunakan untuk menutup tembok ruangan, kamu bisa juga memanfaatkan kayu bekas untuk menampung benda-benda kenangan. Caranya pun cukup mudah kok, kamu tinggal membuat rak-rakan kayu di dinding. Kamu tak perlu mengamplas maupun menutupinya dengan cat. Karena makin mentah kayu yang digunakan justru makin terlihat unik dan berkesan.

6. Kamu bisa menempelkan papan kayu di dinding dengan posisi vertikal. Dekorasi ini justru membuat setiap orang yang melihat langsung jatuh cinta.

bisa untuk menggantung barang-barang via www.brit.co

Ingin hemat tempat sekaligus mendekorasi ruangan? Ini solusinya! Caranya cukup mudah. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menutup 2 bagian dinding dengan wallpaper warna yang kontras dari cat dinding. Tutup dinding dari atas hingga bawah dengan wallpaper berwarna seperti yang terlihat pada gambar. Setelah itu, pakukan papan kayu bekas wadah telur dengan posisi vertikal. Voila! Jadilah dekorasi spacesaver! Kamu bisa menggunakannya sebagai rak buku yang merangkap rak sepeda. Lucu dan sangat bermanfaat kan?

7. Cukup tempelkan beberapa pengait besi di badan balok kayu. Voila! Jadilah rak yang imut dan lucu.

untuk mug di dapur via diyamericana.com

Ada teknik lain lagi yang bisa kamu terapkan untuk membuat dekorasi yang bermanfaat. Jika balok kayu pada poin sebelumnya berfungsi sebagai rak buku dan sepeda, maka kali ini kamu bisa membuatnya khusus untuk rak mug dan menempatkannya di dapur maupun di meja makan.

Kamu hanya butuh balok kayu bekas, paku, pengait, dan juga cat. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tulisan dengan cat yang tersedia di bagian atas badan kayu. Kamu bebas menuliskan kata yang kamu inginkan, bisa COFFEE, MILK, TEA, hingga SUGAR. Kemudian pasangkan pengait di setiap strip balok kayu berjajar seperti gambar di atas. Tuh, gak susah kan untuk membuat rak mug yang imut dan lucu?

8. Ingin memorimu dan pasangan tersimpan sempurna? Cetak saja peta tempat kalian pertama bertemu di sebilah papan kayu!

Dekorasi kayu satu ini tentu akan sangat istimewa buatmu dan pasangan. Bagaimana tidak? Kamu dan dia bisa membuat dekorasi dengan gambar peta kota maupun negara tempat kalian pertama bertemu. Tentu hal ini bisa menyimpan baik kenangan kalian berdua. Untuk mencetaknya di sebilah papan kayu kamu bisa menggunakan kertas sticker dan juga cat putih. Tutorial lengkapnya bisa kamu cek di sini.

9. Dekorasi ala Tumblr emang gak ada matinya! Kamu juga bisa kok membuatnya sendiri berbekal papan kayu dan tinta berwarna.

tumblr via decor8blog.com

Untuk membuat dekorasi satu ini memang dibutuhkan sedikit kekreatifan. Bentuk kayu yang ada perlu dibentuk dengan pola tertentu. Misalnya saja segitiga maupuan segienam. Kemudian kamu bisa melukisnya atau mencetaknya dengan gambar-gambar maupun quote tumblr pilihan.

Jadi, favoritmu yang nomor berapa?