Speaking atau berbicara dalam bahasa asing seringkali menjadi sebuah hal yang susah untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan kurangnya kosakata atau minimnya kepercayaan diri yang kamu punya.Ā Namun, di masa sekarang ini rasanya nggak bisa lagi dipungkiri kalau kamu memang benar-benar membutuhkan keterampilan tersebut. Oleh karena itu, Hipwee hadir untuk membantu kamu belajar berbicara dalam bahasa asing.

Yuk, disimak dan lakukan hal-hal di bawah ini.

1. Biasakan untuk mendengar lagu-lagu dalam bahasa asing untuk menambah kosakata barumu

dengarkan musik di manapun dan kapanpun~ via www.mademoisellelovesbooks.com

Mendengarkan lagu dalam bahasa asing adalah cara yang paling mudah untuk menambah perbendaharaan kosakatamu, lho. Tidak hanya itu, dengan menikmati lagu yang kamu sukai juga akan mempermudahmu untuk mengingat kata per kata, yang secara nggak langsung juga akan menuntutmu untuk mencari tau apa artinya agar kamu lebih bisa menghayati lagu tersebut.

Selain itu, ketika kamu menyanyikan lagu tersebut juga akan membuatmu belajar mengucapkan kata demi kata secara teratur dan benar pengucapannya. Jadi, nggak akan salah kalau kamu mulai belajar berbahasa asing dari lagu-lagu barat kesukaanmu.

2. Wajib juga hukumnya belajar dari film-film yang kamu tonton, supaya kamu makin fasih dalam mengucapkan bahasa asing tersebut

Advertisement

nonton, yuk~ via brainblogger.com

Mulai sekarang, coba deh untuk nggak sekadar nonton film-film kesukaanmu, karena pada film tersebut kamu dapat belajar banyak hal. Salah satunya, kamu bisa mempelajari bagaimana orang-orang asing itu berbicara. Kamu wajib banget mempelajari bagaimana logat dan intonasi mereka saat mengucapkan kata per kata untuk membuat kamu lebih fasih lagi dalam berbicara.

Akan terasa banget manfaatnya kok kalau kamu menerapkan itu, selain dapat hiburan ternyata kamu juga bisa dapat banyak pelajaran dalam satu waktu, kan? Yuk, mulai sekarang dibiasakan. šŸ™‚

3. Mengajak temanmu untuk berkomunikasi dalam bahasa asing sebagai bentuk praktik dari apa yang sudah kamu pelajari

ngobrol sama temen~ via www.hgabmag.com

Cara lainnya agar kamu bisa lancar berbicara dalam bahasa asing adalah dengan mengajak temanmu untuk berkomunikasi dalam bahasa asing. Yap! Itu adalah cara awal untuk kamu mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari. Dengan begitu, perlahan-lahan kamu akan terbiasa untuk berbicara dalam bahasa asing.

Sadar atau nggak, tapi cara ini yang memang harus rutin kamu lakukan agar apa yang kamu pelajari itu nggak hilang dengan sia-sia dan terus menempel di otakmu. Ingatlah, kalau kamu akan bisa karena terbiasa. Semangat!

4. Kamu juga nggak perlu malu untuk bertanya tentang apa yang kamu nggak bisa dan nggak usah takut untuk salah berbicara

Kamu akan terbiasa untuk berbicara bahasa asing dengan kunci yang harus kamu coba, yakni percaya diri dan nggak usah malu bertanya sama orang lain tentang apa yang masih jadi kekuranganmu. Kamu juga nggak perlu takut untuk ngomong, nggak usah takut salah. Kalau kamu terus membiasakan diri untuk percaya diri tanpa malu dan takut, dijamin deh kamu akan cepat fasih untuk speaking.

5.Ā Di zaman yang serba canggih ini coba deh manfaatkan fitur google translateĀ sebagai guru gratisanmu

translate~ via www.almrsal.com

Fitur terjemahan dari google yang semakin canggih bisa banget kamu manfaatin sebagai guru gratisanmu untuk mengoreksi pengucapanmu yang sudah benar atau belum. Kalau memang kamu malu untuk bertanya sama orang lain, kamu tetap bisa belajar tanpa ada yang tau.

Jadi, daripada kamu juga mesti bayar mahal untuk belajar itu, ya, manfaatkan aja yang gratisan dulu. Asal kamu mau melakukannya dan rajin, kamu akan cepat mahir dan nggak kalah sama orang lain yang belajar di tempat lesĀ berkelas.

6. SelainĀ google,Ā kamu juga bisa manfaatkan HP-mu untuk belajar, lho. Yap! GunakanĀ voice controlĀ atau Siri~

voice controlā€¦ via soocurious.com

HP kamu nggak cuma berguna untuk nge-gameĀ danĀ updateĀ status di sosial media aja, lho. Kamu bisa banget manfaatkan HP-mu untuk memperlancar kemampuan berbicaramu. Yap! GunakanĀ voice controlĀ atau siri untuk mengoreksi apa yang kamu ucapkan. Jadi, gunakanlah HP-mu dengan bijak mulai sekarang ya.

7. Supaya kamu makin mahir, coba deh buat jadwal untuk kamu berbicara dalam bahasa asing

atur jadwal biar teraturā€¦ via ppmwa.com.au

Buatlah jadwal untuk kamu sendiri berbicara dalam bahasa asing, supaya kamu bisa membiasakan diri dengan bahasa yang ingin kamu kuasai. Rutinlah dan tepati jadwal itu agar setiap hari atau setiap waktu yang sudah kamu tetapkan menjadi waktu pasti untuk kamu belajar.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk belajar speakingĀ ya. Jangan pernah lelah untuk belajar supaya kamu semakin mahir. Pahamilah, jika dengan bekal mahirmu berbahasa, kamu akan mendapatkan banyak hal yang luar biasa. šŸ™‚