Ada banyak alasan yang bikin kamu selalu gagal olahraga rutin. Cedera, sakit, atau… malas aja. Padahal kalau mau hidup yang lebih sehat, sesi olahraga yang terjadwal itu harga mati. Terus apa rahasianya supaya kamu bisa olahraga tanpa kehilangan semangat di tengah jalan?

Di bawah ini, udah Hipwee siapin beberapa tips supaya kamu gak lagi malas-malasan buat olahraga. Lumayan lah, semoga aja bantu…

1. Jangan cari alasan buat melakukan break. Fokusmu adalah menjadikan olahraga sebuah kebiasaan baru.

Bole Jeda Tapi Jangan Berhenti via www.chapterscapistrano.com

Cara paling ampuh agar olahraga menjadi kebiasaan adalah gak pernah mengizinkan dirimu berhenti melakukannya. Setelah mulai olahraga, jangan cari-cari alasan untuk istirahat dulu beberapa hari. Ini bisa jadi memanjang hingga beberapa bulan.

2. Gak usah pasang target tinggi-tinggi. Yang simpel aja asal bisa kamu penuhi

Advertisement

Berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu akan berolahraga setiap hari selama sebulan, walaupun cuma 15-20 menit. Dengan begini, kebiasaanmu berolahraga akan bisa lebih cepat dan mudah terbangun.

3. Make it fun! Olahraga itu gak harus menyiksa

Banyak cara untuk senang-senang via gamerfitnation.com

Kalau kamu gak menikmati lari di pagi hari atau nge-gym sepulang kerja, kamu akan sulit terbiasa olahraga. Ada berbagai aktivitas dan latihan fisikm yang bisa bikin tubuhmu bugar. Cari jenis olahraga yang benar-benar kamu nikmati sehingga kamu bisa rela rutin melakukannya.

4. Jangan cari waktu senggang buat olahraga, karena gak akan ketemu. Daripada mencari, mending bikin waktu

Night run via fitnessatgym.com

Jangan jadwalkan olahraga di tengah hari karena kamu bisa aja melewatkannya gara-gara urusan kantor dan/atau sekolah. Cari waktu yang benar-benar senggang sehingga kamu bisa santai berolahraga. Contoh waktu yang tepat: pagi-pagi banget sebelum beraktivitas, atau sore setelah pulang kerja.

5. Mungkin kamu malas olahraga karena nggak betah sendirian aja. Kalo begini kasusnya, coba ajak teman supaya bisa berdua atau bertiga

Kalau perlu gabung di komunitas lari lokal via runningrage.net

Ajak teman untuk olahraga juga biar semangat. Kehadiran partner berolahraga bakal meningkatkan komitmen kamu berolahraga. Kamu bisa ajak pacar atau teman dekatmu untuk nge-gym bareng, Muay Thai, atau futsal.

6. Selalu ingat dalam kepala: kapan terakhir kali kamu olahraga? #MenolakLupa

Beri tanda X pada kalender di hari mana aja kamu berolahraga, nge-gym, atau lari. Dengan menandai kalender kamu akan melihat seberapa sering (atau jarang) kamu memeras keringat. Kalau kelihatan jarak antar X-nya banyak, kamu bakal semangat untuk menebusnya di hari lain.

7. Gak cuma mereka yang kejawen aja yang bisa bikin ritual. Kamu juga harus supaya sesi olahraga lebih terjadwal.

Jadikan ritual via ariefwhyd.wordpress.com

Rutinitas olahraga kamu musti tertanam kuat hingga menjadi ritual. Jadikan matahari terbit sebagai penanda bahwa kamu harus lari. Jadikan nge-gym sebagai ritual sebelum mandi dan tidur.

Olahraga memicu pelepasan hormon endorfin yang akan mengangkat mood kamu. Jadi, lain kali kalau kamu merasa stress gara-gara kerjaan, berlarilah. Lari beneran ya, bukan melarikan diri.

9. Jangan boros di awal. Biasakan rutin olahraga dulu, baru beli alatnya yang mahal

Yang penting doyan olahraga dulu via www.dailymail.co.uk

Alat olahraga seharga jutaan rupiah tetap gak ada gunanya jika kamu malas menggunakannya. Sepatu lari yang bisa nge-track seberapa jauh kamu lari sama aja dengan sepatu anak SD kalau gak pernah diajak lari. Bangun dulu kebiasaan olahragamu. Jika kamu udah merasa perlu, baru beli alat dan pakaian yang fancy.

10. Masih malas? Cobalah investigasi penyebab kemalasanmu itu

Mungkin olahraga kamu renang via adadayat.blogspot.com

Apakah karena bentuk latihannya gak cocok? Apa karena jenis olahraganya bukan pilihanmu? Apa karena kamu ngerasa gak Punya waktu? Atau karena kamu terlalu malu buat nge-gym? Temukan penyebabnya; cari di mana kelemahan kamu. Setelah kamu menganalisa diri sendiri, kamu bisa tahu langkah berikutnya apa.

11. Kenali batasanmu. Tak apa-apa memulai pelan-pelan, karena kamu mau jadi sehat bukannya jadi atlet olimpiade

Mulai dari yang ringan via runningrage.net

Seperti yang dijelaskan di atas, kalau udah lama gak olahraga kamu mesti mulai dari gerakan olah fisik yang ringan. Masa tiba-tiba kamu paksa diri buat lari 10 kilometer? Tubuh kamu akan kaget: kamu pun bakal kelelahan dan akhirnya enggan buat olahraga lagi. Kenali batasanmu: mulailah lari dari 1 kilometer dengan beberapa kali stop. Besoknya, coba lari untuk jarak yang sama tanpa berhenti. Di sesi berikutnya lagi, tambah jarak jadi 2 kilometer, dan seterusnya.

12. Lakukan ini demi kesehatan, bukan demi gaya-gayaan!

Ilumi Run: Mau lari apa party? via theurbanwire.com

Pergi nge-gym dengan tujuan supaya punya perut six packs sama aja kayak ke masjid tapi riya’. Lakukan olahraga dengan niat menjaga kesehatan, meningkatkan kebugaran dan energi, serta bersenang-senang.

Ketika kamu berolahraga untuk diri sendiri dan merasakan kebahagiaan saat melakukannya, maka lambat laun kebiasaan akan berolahraga akan tercipta. Selamat mencoba yes!