Nama Ellen mungkin tidak asing lagi bagi kamu yang sering mengamati TV Show asing yaitu Ellen Show. Artis papan atas ini tidak hanya dikenal cerdas dan energik, tapi juga awet muda kulitnya. Tidak ada yang menyangka Ellen sudah berusia 50-an, karena kulitnya tampak seperti wanita yang masih berusia 30-an. Wah, lebih muda 20 tahun dong, ya? Nah, kira-kira apa saja rahasia dibaliknya?

1. Semakin tua, wajah Ellen justru makin bercahaya dan tampak awet muda, kok bisa?

Ellen Degeneres via digitalspy.com

Banyak orang menyebut bahwa wajah Ellen justru tampak lebih muda dibandingkan saat dia masih muda. Dan banyak dari mereka pun ingin tahu apa rahasianya. Sayangnya kontrak yang dijalin Ellen dengan salah satu kosmetik menghalanginya memberitahukan rahasia ini. Namun Womenstyle.net mengungkap bahwa rahasia Ellen bukan pada kosmetik yang dia iklankan. Tapi pada produk yang mengandung senyawa tertentu yang dikenal menjadi anti-aging.

Semakin tua usia kita, umumnya kulit akan semakin tipis dan melorot. Serat yang menjaga kulit, yaitu kolagen dan elastin, kondisinya akan terus memburuk. Butuh asupan lain untuk membuatnya tetap awet muda.

2. Ternyata salah satu rahasianya adalah merawat kulit dengan produk yang mengandung senyawa Ubiquinone. Apaan tuh?

Ubiquinone via commons.wikimedia.org

Advertisement

CoQ10 disebut juga dengan Coenzyme Q10 atau Q10 saja. Ubiquinone sebenarnya adalah nutrisi yang diproduksi secara alami dalam tubuh untuk membantu mengelola produksi energi dalam sel. Namun produksinya akan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Karena itu Q10 juga diproduksi melalui peralatan medis. Senyawa ini bahkan juga digunakan untuk mengatasi gagal jantung, diabetes tipe-2, penyakit gusi, dan parkinson. Penggunaan Q10 sangat gampang karena dapat menembus kulit dengan mudah.

3. Kamu harus tahu kalau menurut The Mayo Clinic, Ubiquinone bahkan lebih efektif dari vitamin E

Ellen yang awet muda via starsignstyle.com

Manfaat Ubiquinone sangat banyak karena memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu juga memiliki efek anti penuaan pada kulit seperti misalnya mengurangi keriput halus di sekitar mata. Hal ini berkaitan dengan kemampuan Q10 untuk meningkatkan lapisan epidermis.

Seperti yang dibuktikan dalam Jurnal Biofactors tahun 2005 dari Shiseido Research Center di Yokohama Jepang. Hebatnya lagi, Q10 mampu mengurangi kerusakan kolagen dan melindungi kulit dari penuaan intrinsik (genetik) dan ekstrinsik (gaya hidup seperti merokok dan sinar matahari).

FYI, tingkat keriput tergantung pada seberapa banyak waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari.

4. Satu lagi, selain Ubiquinone ada juga Tripeptida dalam produk tersebut yang manfaatnya juga luar biasa

Tripeptide via en.wikipedia.org

Tripeptida adalah protein tiga rantai asam amino yang membangun jaringan kulit. Tubuh dapat menciptakan 8000 tripeptida dengan menggabungkan berbagai asam amino. Tapi usia akan mempengaruhinya karena itu diciptakan tripeptida yang dimasukkan dalam kosmetik untuk mengisi kembali persediaan asam amino.

Beda kolagen pada kulit tua dan muda via pciplasticsurgery.com

Manfaat lain tripeptida selain mendorong produksi kolagen dan elastin adalah dapat meningkatkan penciptaan sel kulit baru. Selain itu juga dapat merangsang saraf ujung untuk merelaksasi otot wajah.

5. Tapi, jangan lupa konsultasi dulu ke dokter sebelum memutuskan untuk memakai produk yang mengandung senyawa tersebut

Konsultasi dokter via verywell.com

Senyawa Q10 mungkin tidak berbahaya, tapi penelitian yang dilakukan pada hewan mengungkap bahwa senyawa ini juga memiliki efek tertentu. Misalnya efek pada reproduksi dan darah untuk dosis moderat dan efek sistem saraf pada dosis tinggi. Jika dikombinasikan dengan senyawa Hydroxydecyl Ubiquinone dapat menyebabkan dermatitis seperti ruam atau reaksi alergi.

Sementara itu tripeptida juga dapat ditoleransi oleh tubuh sebagian besar manusia.Namun untuk pemilik kulit sensitif juga tetap harus berhati-hati karena dapat menimbulkan reaksi. Jadi, lebih baik kamu KONSULTASI DULU ke dokter sebelum menggunakannya ya guys!

NOTE: Tulisan ini diadaptasi dari fakta yang diungkap oleh Womenstyle.net mengenai rahasia kulit awet muda Ellen Degeneres. Tujuan penulis juga ingin para pembaca khususnya para kaum hawa untuk lebih peduli dengan kesehatan kulitnya. Seperti senantiasa menjaga pola hidup sehari-hari, misalnya. Semoga bermanfaat!